- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Lika-liku Sejarah Sepeda


TS
enggaengga
Lika-liku Sejarah Sepeda
Quote:
Lika-liku Sejarah Sepeda

Sepeda adalah salah satu kendaraan paling familiar dan serbaguna. Tapi, sejarah awal sepeda mesti melewati jalan bergelombang―secara harfiah dan kiasan. Sejarah sepeda diisi dengan pertempuran atas hak paten, kontroversi dan pemalsuan. Berikut adalah sejarah awal sepeda dan bagaimana kendaraan roda dua ini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Sepeda adalah salah satu kendaraan paling familiar dan serbaguna. Tapi, sejarah awal sepeda mesti melewati jalan bergelombang―secara harfiah dan kiasan. Sejarah sepeda diisi dengan pertempuran atas hak paten, kontroversi dan pemalsuan. Berikut adalah sejarah awal sepeda dan bagaimana kendaraan roda dua ini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.
Quote:
Inikah Sepeda Tertua?

Ini mungkin terlihat seperti sepeda paling tua, sesuatu yang bisa saja digambar oleh Leonardo da Vinci. Dan, mula-mula sejarawan memang berpikir seperti itu. Gambar ini diduga sebagai bagian dari Codex Atlantik da Vinci, sebuah manuskrip 1.286 halaman di diperbaharui pada pertengahan abad ke-20. Namun, setelah diteliti oleh para ahli, gambar ini dipastikan palsu.
Quote:
Draisine atau Laufmaschine

Apa kesamaan antara Mary Shelley Frankenstein dengan sepeda? Mereka berdua lahir dari salah satu bencana alam terbesar dalam sejarah: letusan gunung Tambora di Indonesia pada tahun 1815.
Sementara kita saat ini menyamakan sepeda dengan musim panas dan sinar matahari, tahun 1816 dikenal sejarah sebagai tahun tanpa musim panas. Letusan gunung Tambora mengirim abunya ke atmosfer dan menyebabkan penurunan suhu yang drastis, kondisi cuaca tak terduga, kegagalan panen berikutnya dan kelaparan. Hewan pun tak luput dari derita. Di tengah-tengah situasi sulit tersebut, Baron Karl von Drais mencoba mencari alternatif bagi kuda.
von Drais akhirnya berhasil meluncurkan ciptaannya, Draisine, untuk pertama kalinya pada tahun 1817 di Jerman sebagai alternatif transportasi yang ditarik kuda. von Draise sendiri menyebutnya "Laufmaschine" atau "mesin yang dijalankan" karena pengendaranya berlari dengan dua roda yang berada di antara kaki mereka. Pada tahun 1818 von Draise mematenkan ciptaannya.

Apa kesamaan antara Mary Shelley Frankenstein dengan sepeda? Mereka berdua lahir dari salah satu bencana alam terbesar dalam sejarah: letusan gunung Tambora di Indonesia pada tahun 1815.
Sementara kita saat ini menyamakan sepeda dengan musim panas dan sinar matahari, tahun 1816 dikenal sejarah sebagai tahun tanpa musim panas. Letusan gunung Tambora mengirim abunya ke atmosfer dan menyebabkan penurunan suhu yang drastis, kondisi cuaca tak terduga, kegagalan panen berikutnya dan kelaparan. Hewan pun tak luput dari derita. Di tengah-tengah situasi sulit tersebut, Baron Karl von Drais mencoba mencari alternatif bagi kuda.
von Drais akhirnya berhasil meluncurkan ciptaannya, Draisine, untuk pertama kalinya pada tahun 1817 di Jerman sebagai alternatif transportasi yang ditarik kuda. von Draise sendiri menyebutnya "Laufmaschine" atau "mesin yang dijalankan" karena pengendaranya berlari dengan dua roda yang berada di antara kaki mereka. Pada tahun 1818 von Draise mematenkan ciptaannya.
Quote:
Velocipede

Siapakah sebenarnya yang menemukan sepeda modern? Jawabannya sama rumitnya dengan belajar naik sepeda.
Paten AS pertama untuk sepeda modern―satu dengan pedal dan kemudi―diajukan oleh Pierre Lallement dan diberikan pada 20 November 1866. Ia menyebutnya velocipede yang berarti kaki cepat. Namun, velocipede juga mendapatkan nama yang kurang glamor: boneshaker karena sadelnya yang keras, roda yang miskin karet dan kasar saat dikendarai.
Lallement boleh saja mendapatkan hak paten tapi ia diklaim telah mencuri ide dari majikannya di Paris, Pierre dan Ernest Michaux. Bapak-anak produsen kereta itu dikatakan telah terlebih dahulu menambahkan engkol dan pedal yang membuat sepeda.
Selain itu, Kirkpatrick MacMillan, pandai besi Skotlandia juga dikatakan sebagai pihak pertama yang menambahkan pedal dan pelek besi untuk roda kayu. Dikatakan bahwa ia membuat alat dan mengendarainya sejauh 68 mil, Skotlandia-Glasgow, selama dua hari pada bulan Juni 1842. Kendati demikian, ada pula yang mengatakan jika cerita ini dibuat-buat.

Siapakah sebenarnya yang menemukan sepeda modern? Jawabannya sama rumitnya dengan belajar naik sepeda.
Paten AS pertama untuk sepeda modern―satu dengan pedal dan kemudi―diajukan oleh Pierre Lallement dan diberikan pada 20 November 1866. Ia menyebutnya velocipede yang berarti kaki cepat. Namun, velocipede juga mendapatkan nama yang kurang glamor: boneshaker karena sadelnya yang keras, roda yang miskin karet dan kasar saat dikendarai.
Lallement boleh saja mendapatkan hak paten tapi ia diklaim telah mencuri ide dari majikannya di Paris, Pierre dan Ernest Michaux. Bapak-anak produsen kereta itu dikatakan telah terlebih dahulu menambahkan engkol dan pedal yang membuat sepeda.
Selain itu, Kirkpatrick MacMillan, pandai besi Skotlandia juga dikatakan sebagai pihak pertama yang menambahkan pedal dan pelek besi untuk roda kayu. Dikatakan bahwa ia membuat alat dan mengendarainya sejauh 68 mil, Skotlandia-Glasgow, selama dua hari pada bulan Juni 1842. Kendati demikian, ada pula yang mengatakan jika cerita ini dibuat-buat.
Quote:
Penny-Farthing

Tidak butuh waktu lama bagi produsen untuk membuat roda besar. Perbedaan antara ukuran roda depan dan roda belakang menyebabkannya dijuluki Penny-Farthing [satu penny dan seperempat penny].
Sementara desain Penny-Farthing tidak bertahan, pergerakannya justru mulai dilakukan. Persatuan pengendara sepeda Amerika mendirikan League of American Wheelmen pada tahun 1880. Liga ini merupakan kekuatan pendorong di balik pengaspalan jalan di Amerika Serikat. Hal ini pun membuat bersepeda semudah berjalan dan mengemudi wagon.

Tidak butuh waktu lama bagi produsen untuk membuat roda besar. Perbedaan antara ukuran roda depan dan roda belakang menyebabkannya dijuluki Penny-Farthing [satu penny dan seperempat penny].
Sementara desain Penny-Farthing tidak bertahan, pergerakannya justru mulai dilakukan. Persatuan pengendara sepeda Amerika mendirikan League of American Wheelmen pada tahun 1880. Liga ini merupakan kekuatan pendorong di balik pengaspalan jalan di Amerika Serikat. Hal ini pun membuat bersepeda semudah berjalan dan mengemudi wagon.
Quote:
Safety Bicycle

Barangkali inilah yang paling mendekati bentuk sepeda modern. Dinamakan demikian karena kemampuannya yang lebih aman daripada sepeda biasa. Sekarang, pengendara bisa menyentuh tanah dengan kaki mereka, bahkan istirahat tanpa harus terbang.
Seorang Inggris bernama J.K. Starley menemukan Rover, salah satu sepeda awal yang paling populer. Demikian pula ukuran roda dan sistem rantai―yang dikenal sebagai desain bingkai berlian―membuat bersepeda aman dan lebih populer. Kemunculan ban karet tiup kemudian mengubur boneshaker.

Barangkali inilah yang paling mendekati bentuk sepeda modern. Dinamakan demikian karena kemampuannya yang lebih aman daripada sepeda biasa. Sekarang, pengendara bisa menyentuh tanah dengan kaki mereka, bahkan istirahat tanpa harus terbang.
Seorang Inggris bernama J.K. Starley menemukan Rover, salah satu sepeda awal yang paling populer. Demikian pula ukuran roda dan sistem rantai―yang dikenal sebagai desain bingkai berlian―membuat bersepeda aman dan lebih populer. Kemunculan ban karet tiup kemudian mengubur boneshaker.
Quote:
Tour de France

Perlombaan sepeda paling terkenal sejagat ini digeber dari garis start untuk pertama kalinya pada tanggal 1 Juli 1903. Perlombaan ini digagas Geo Lefevre, seorang jurnalis di majalah L'Auto dan editornya, Henri Desgrange.
Enam puluh peserta melaju dalam perjalanan sepanjang 2.500 kilometer di Prancis dan hanya 21 peserta yang menyelesaikan lomba. Pemenangnya adalah Maurice Garin. Namun, jersey kuning sebagai penanda pemimpin lomba baru muncul pada 1919. Warna kuning sendiri konon terinspirasi oleh kertas warna yang diterbitkan majalah L'Auto.
Tak disangkal lagi jika Tour de France dan sepeda telah mendapatkan tempat dalam sejarah.

Perlombaan sepeda paling terkenal sejagat ini digeber dari garis start untuk pertama kalinya pada tanggal 1 Juli 1903. Perlombaan ini digagas Geo Lefevre, seorang jurnalis di majalah L'Auto dan editornya, Henri Desgrange.
Enam puluh peserta melaju dalam perjalanan sepanjang 2.500 kilometer di Prancis dan hanya 21 peserta yang menyelesaikan lomba. Pemenangnya adalah Maurice Garin. Namun, jersey kuning sebagai penanda pemimpin lomba baru muncul pada 1919. Warna kuning sendiri konon terinspirasi oleh kertas warna yang diterbitkan majalah L'Auto.
Tak disangkal lagi jika Tour de France dan sepeda telah mendapatkan tempat dalam sejarah.
Quote:
Sepeda Masa Depan

Sementara sebagian besar sepeda tidak berubah sejak awal abad ke-20, penemu belum berhenti membayangkan dan membangun sepeda masa depan.
Jadi, seperti apakah sepeda masa depan? Ada pembicaraan tentang sepeda yang dikendalikan pemindah gigi, sepeda biasa menjadi sepeda listrik hibrida, sepeda yang dapat dapt dilipat. Bahkan, ada paten Apple untuk sepeda logam cair.

Sementara sebagian besar sepeda tidak berubah sejak awal abad ke-20, penemu belum berhenti membayangkan dan membangun sepeda masa depan.
Jadi, seperti apakah sepeda masa depan? Ada pembicaraan tentang sepeda yang dikendalikan pemindah gigi, sepeda biasa menjadi sepeda listrik hibrida, sepeda yang dapat dapt dilipat. Bahkan, ada paten Apple untuk sepeda logam cair.
SUMBER
Dunia Koma
sekiaan trit ane gan
semoga bermanfaat bagi agan semuanya
bagi yang berkenan,timpukin ane
nya dong dooong dooong 
jangan lupa comment +
juga yaa 
Dunia Koma
sekiaan trit ane gan
semoga bermanfaat bagi agan semuanya

bagi yang berkenan,timpukin ane


jangan lupa comment +


0
2.4K
Kutip
20
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan