CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Sipil /
[Sharing] Civilogus: Civilian Oil & Gas masukkk.... ^_^
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009029217/sharing-civilogus-civilian-oil-amp-gas-masukkk

[Sharing] Civilogus: Civilian Oil & Gas masukkk.... ^_^

Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 41
Quote:


Ane jawab sependek yang ane tahu ya, tolong koreksi kalau keliru.
Sarjana teknik sipil di Oil and Gas industry akan berfungsi di bagian surface facilities alias penyediaan fasilitas permukaan untuk mendukung proses pengeboran sampai dengan proses si crude oil atau gas siap digunakan. Jadi di sini kita adalah pendukung sifatnya. Tanpa adanya sarjana teknik sipil, ngga akan bisa juga industri oil and gas akan bekerja.
Sarjana teknik sipil biasanya nanti akan jadi civil engineer, structural engineer, ada juga yang nyebut civil and structural engineer. Sarjana sipil bisa juga jadi pipeline engineer, project control maupun cost control. Jadi sebenernya banyak kesempatan untuk seorang sarjana teknik sipil bekerja di OnG.
Quote:


Hanya menambahkan saja krn kebetulan gw kerja di salah satu KKKS oil & gas (owner), di tempat gw utk slot teknik sipil paling banyak ada di bagian surface facilities, bs sebagai perencana, konstruksi, analisa keekonomian, maupun project control. Fungsinya adalah menyediakan fasilitas" utk proses pemboran maupun setelah pemboran, fasilitas pemboran tidak hanya lokasi pemboran saja tetapi termasuk jalan, jembatan, gasline, waterline, dll & fasilitas" setelah pengeboran spt stasiun pengumpul, pelabuhan, powerplant, flowline, trunkline, water treatment, gedung, instalasi dan bangunan lainnya. Biasanya pekerjaan perencanaan & konstruksi qta alihkan ke PCI atau EPCI company (kecuali desain lokasi pemboran) shg qta berfungsi sbg checker/ pengawas saja. Tp utk beberapa posisi qta diberi tanggung jawab utk pemeliharaan fasilitas tsb sehingga diberi wewenang sbg eksekutor jg (biasanya ada di field). Untuk jenjang karir sptnya kesempatan teknik sipil utk bersinar di dunia O&G sangat terbuka, selain bs menjadi kepala/manajer/senior manajer di surface fasilities (yg saat ini di tmpt gw mulai dianggap sbg salah satu inti dari industri O&G) bisa jg menjadi kepala/manajer area (lbh luas lg spt Field Manajer) yg otomatis memegang kendali di semua lini, atau di SCM, PMR (manajemen resiko), Data & Survey, Pemeliharaan, dll. Intinya adalah semua disiplin teknik tmsk teknik sipil bs berkarir baik & cemerlang di KKKS oil & gas dgn catatan qta jg hrs belajar banyak ttg ilmu" perminyakan & pemboran krn qta mmg bekerja di dunia O&G.
Post ini telah dihapus oleh
permisi agan agan, bos bis..kuya kuyi...

ijin nyimak gan... forum yg bagus nih, meskipun pada make jam kantor sepertinya emoticon-Ngakak

ane nubi di kaskus maupun dunia O&G...sekarang lagi lirik-lirik dikit di Geothermal... emoticon-Malu


ayo-ayo dishare ilmu & pengalamannya, untuk SDM Indonesia yg lebih baik..emoticon-I Love Indonesia
Quote:


wew..tanpa menebak-nebak ID-nya ente sudah ketauan siapa gan..

Agan yang satu ini walopun newbie bisa dibilang ilmunya udah lengkap..dari offshore, onshore oil and gas udah dibabat habis..apalagi sekarang mau masuk geothermal..ruarrr biasa..
emoticon-Hammer2 males ganti username gan...dah terlanjur dari awal..wkwkwk....
selain sipil tresebut.. sipil lain boleh gabung gak??


emoticon-Blue Guy Peace emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


passing ane lah gan job-job di OGemoticon-Cendol (S)
Quote:


Quote:


satu perguruan ama laurentrio kayaknya...
kuya milenium bukan?
emoticon-Big Grin
Salam kenal gan...
Ane civil juga tapi sekarang meleset kerjaannya jadi expediter di EPC lokal...

Kadang tergantung kebijakan perusahaan sih untuk job des...
Di company ane, anak civil kesebar di beberapa divisi:
1. Project Proposal
2. Project Control
3. Cost Control
4. Structure Engineer
5. Civil Engineer
6. Offshore Structure Engineer
7. Design and Drafting
8. Construction Engineer
9. Procurement
10. Expediting

Ane sendiri tadinya diterima sebagai Construction Engineer, trus disuruh ngawasin di fabricator steel structure...keterusan disuruh ngawasin di fabricator vessel & package...lanjut jadi desk expediter buat expedite vendor2 & supplier2... Jadi sekarang malah tau banyak soal barang2 mechanical, valve, rotating, piping, electrical & civil soalnya tuntutan pekerjaan harus tau spec barang2 tersebut... Ilmu sipilnya malah dah pudar emoticon-Hammer2
kadung basah... tapi ane enjoy aja, soalnya malah jadi sering jalan2 keluar negri visit vendor2 di luar, karena barang2 Oil n Gas masih banyak sourcing dari luar...

Intinya sih, anak civil bisa jadi apa aja kok di EPC oil n Gas... bidangnya banyak...
waaa keren banget ini. kebetulan ane masih mahasiswa hehe emoticon-Malu (S)
mudah-mudahan dari sini bisa lebih ngebuka wawasan dan gambaran kerja di bidang energi. hehe emoticon-Smilie
masalahnya selama kuliah dosen-dosen sepertinya cuma ngarahin kearah bangunan gedung dan infrastruktur CMIIW emoticon-Blue Guy Peace

oiya gan ane masih bingung yg namanya kontraktor, konsultan, owner, sama epc. perbedaannya apa ya? sekalian sama nama perusahaannya biar ane makin jelas. hehe maaf nubie emoticon-Malu (S)
Quote:


Ane jelasin dari hirarki tertingginya ya,

Government, mereka ini yang ngasi permit ke Owner. Biasanya proyek OnG mempunyai kontrak terhadap pemerintah, misal setelah 15thn beroperasi, maka hak pakai habis dan akan dikembalikan ke pemerintah Indonesia.

Owner / Client itu perusahaan yang punya modal untuk mendapatkan ijin pengelolaan dari pemerintah, mereka yang punya ijin nyedot hasil bumi, punya ijin lahan, punya ijin dari pemerintah lah... Contoh: Pertamina, Pertagas (Pertamina Gas), Exxon, Cevron, Hess, BP, Talisman, Samtan Gas, etc...

EPC (Engineering Procurement Construction) alias konsultan, adalah Main Contractor, mereka yang memanage dan memplaning schedule untuk engineering, procurement, constuctionnya. Tidak turun secara langsung di lapangan, lebih kepada memanage contractor2 yang nanti akan bekerja di lapangan. Project tender akan dibuka oleh Owner dan hanya EPC-EPC yang qualified bisa mengikutinya (tergantung besarnya nilai project). Tiga besar lokal EPC di Indonesia: Tripatra, IKPT, Rekayasa Industri. Yang foreign ada Technip, Saipem, Samsung, etc...

Contractor alias Sub-Contractor itu yang langsung turun di lapangan gan...yang bikin bangunan di lapangan, bisa jadi kontraktor sipil (bikin building, erection steel structure), piping (welding pipeline). Contoh: Inwa, PP, Adhi Karya, Barata Indonesia, S-tank, etc...

Fabricator adalah perusahaan yang membuat barang2 / packages yang nanti akan dikirim ke lapangan, misal valve, vessel, steel stucture, air cooler package, produce water treatment package (karena kadang karena keterbatasan, barang2 tersebut tidak bisa dibuat di lapangan, misalnya platform untuk di offshore, jadi dibuat dalam bentuk utuh dulu di factory, baru dikirim dalam bentuk utuh yang langsung tinggal pasang di lapangan)

Kalau seseorang memulai dari hirarki yang paling bawah, dijamin orang tersebut akan hebat saat sampai di hirarki paling atas. Tapi kalau tiba2 langsung sampai di atas tanpa experience di bawah, mereka akan lebih mudah di'akal'in/di'bodoh'in sama yg bawahnya... karena di EPC itu dituntut bekerja smart alias cerdik... hehe...
Quote:


Sependek yang ane tahu Gan, EPC2 juga turun langsung ke lapangan. Sesuai dengan namanya: Engineering, Procurement, Construction. Jadi bila si EPC dapat 1 package komplit sebuah project, maka dia melakukan design juga, mengadakan barang2 juga, memfabrikasinya juga, dan sekaligus meng-install-nya di lapangan. Semua itu di-handle oleh 1 perusahaan EPC, klo sampai sanggup Install, namanya jadi EPCI. Yang ane maksud handle di sini bukan berarti dia ga butuh sub-kon, tetap aja si EPCI ini akan butuh bantuan para vendor/sub-kon untuk mendukung kegiatannya.
Quote:


Quote:


mantap gan penjelasannya emoticon-I Love Indonesia (S)
oiya tentang penjelasan agan kerbaucawang, yang dimaksud dengan install itu apa ya gan di dunia migas? trus saat sebuah EPCI butuh subkon/vendor, pembagian kerjanya bakal seperti apa? posisinya dibawah EPCI nya gitu? hehe makasih gan emoticon-Smilieemoticon-Smilie
perkenalan gan
ID : gerad031
kompetensi : mahasiswa teknik kelautan tingkat akhir
Activity : masih bingung ngerjain tugas akhir, terutama stuck di pemodelan

agan-agan sekalian, ada yang punya literatur atau standar tentang prosedur instalasi mooring pada floating structure? , soalnya berhubungan tentang TA ane nih yang stuck di bagian pemodelan di Orcaflexnya... kalo ada di share dong gan..

oh iya, kalo ada yang punya Orcaflex terbaru misalnya versi 9.0 kalo bisa dishare, tolong dishare ya agan2..

nuhun pisan.. emoticon-Blue Guy Peace
Quote:



Maaf koreksi sedikit,

Goverment disini yg dimaksud adalah BPMigas & Kementrian ESDM

Pertamina Gas tidak mengurusi pengeboran minyak & gas.
Pertamina EP yg konsen ke pengeboran minyak & gas, sama spt Chevron, CNOOC, Petrobras, Exxon, Total, dll
Pertamina (Persero) lbh konsen di hilir (penyulingan) walaupun Pertamina Gas & Pertamina EP adalah anak perusahaan Pertamina (Persero) di direktorat hulu.

Di dalam proyek semua perusahaan bs jadi main contractor ato bs jg jadi sub contractor (tergantung nasib), yg pasti yg menang tender nantinya pasti jadi main contractor.

EPC/ EPCI company adalah perusahaan yg punya kemampuan desain + pengadaan + konstruksi + instalasi(optional) yg mengurusi semua pekerjaan & terjun langsung ke lapangan.
Fabricator & sub contractor itu sejenis, sama" berkolaborasi & dibawah komando main contractor selama pelaksanaan proyek.

Ada satu lagi, PMT alias Project Management Team yang bertindak sbg wakil owner utk mengawasi proyek/ pekerjaan main kontraktor yg biasanya adalah konsultan yg memiliki keahlian manajemen proyek & teknis seperti Prosys, Surveyor Indonesia atau bs jg kumpulan ahli" proyek freelance yg dikontrak langsung oleh owner.

Semoga berguna
Quote:


Maksud dari "install" atau lengkapnya "installation" erat kaitannya dengan operasi di offshore, meskipun tidak menutup kemungkinan saat onshore operation ada proses installasi juga. Misalnya, installasi deck atau bagian2 jembatan saat konstruksi jembatan di sebuah plant/refinery, kemudian bisa juga installasi tank yang guede2 itu.

Nah yang aku maksud dalam konteks paragraf di atas adalah installasi di offshore. Bila sebuah jacket ataupun topside sudah difabrikasi di sebuah yard tertentu, tentunya setelah itu adalah proses load out alias menaikkan barang2 tersebut ke atas barge (sebuah tongkang atau kapal atau apapun namanya yang berfungsi membawa barang2 tersebut dari yard ke tengah laut tempat platform itu akan di-install).
Setelah itu, adalah proses sail-out, yaitu berlayarnya transportation barge tersebut dari yard sampai ke suatu titik di tengah samudera tempat platform akan di-install.
Nah di sinilah proses installation dimulai, jacket akan dipindah dari barge ke laut untuk bertumpu di dasar laut. Metodenya bisa launching, bisa lifting by crane, tergantung hasil kesepakatan dan study yang telah dilakukan. Setelah itu topside akan di-lift up menggunakan crane atau bisa juga pake metode float-over. Semua itu adalah proses installation.

Subkon atau vendor akan bekerja di bawah EPCI atau main kon yang telah di-award sebuah project dari sebuah client. Jadi si subkon/vendor itu bertanggung jawab ke main kon/EPCI. Namun, client tetap punya guidelines yang harus dituruti oleh mainkon atau EPCI dalam menentukan subkon/vendor itu. Tetap aja, subkon/vendor yang diambil nantinya harus benar2 yang reliable dan sesuai dengan minimum spek atau persyaratan yang telah ditetapkan oleh client alias si pemberi kerja.
Quote:


Sama2 peranakan kuya juga gan..tapi bukan kuya millenium...adik seperguruan lah..
Anak civil bisa jadi apa aja bro.....segala bisa....
kayak ane...dari civil berubah menjadi posisi yg boleh di bilang langka di indonesia ....: RIGGING ENGINEERemoticon-Blue Guy Peace....
siapa yg tau ayoooo..... apaan tuh..?
Quote:


Rigging Engineer itu ngurusin heavy lifting, craneage, wire rope dan lifting attachment. hehehe...

(kerjaan ane dulu, gan) emoticon-Big Grin

am i correct?
Halaman 7 dari 41


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di