KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Debate Club /
Kesultanan Jogja-Kontroversi religi yang menyakitkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009034126/kesultanan-jogja-kontroversi-religi-yang-menyakitkan

Kesultanan Jogja-Kontroversi religi yang menyakitkan

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 8 dari 21
Quote:


goblog tu ormas..pasti org2 kayak grungkers tu


emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah
Quote:


ditunggu hari pergerakan-nya.....

emoticon-Angkat Beer


Quote:



kek nya yg begitu2 sudah jadi tren mode itu gan....

emoticon-Big Grin
Quote:



slow gan, bukan maksud saya memanas2i...jd oot deh...yaudah saya nyimak lagi.. emoticon-Hammer
Kesultanan Jogja-Kontroversi religi yang menyakitkan
Quote:


semua kembali ke niat
itu benar

makanya harus ada org2 yang berani untuk meluruskan niat

Quote:


terimakasih gan emoticon-shakehand
saya juga merasa terbantu dengan adanya agan di trit ini emoticon-Smilie

Quote:


contoh yang bagus gan
saya sangat memusuhi cara2 seperti ini
mereka mencoreng muslim

walaubgmnpun budaya harus dilestarikan
makanya saya ada niat mau belajar membatik di saat senggang
hanya saja kalau di jkt tidak tau linknya
reserved emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Quote:


ane memang mendukung untuk dilestarikan gan emoticon-Hammer
ternyata selama ini kita satu pendapat

Quote:


serasa pernah liat gitu gan
Quote:


emoticon-shakehand ok deh..
udah bereskan debatnya?

mari kita turunkan presiden emoticon-Big Grin
Quote:


ogah..

berat

emoticon-Ngacir
Quote:


mari kita naikin presiden emoticon-Big Grin
Quote:


|
|
|
|
|
v


Quote:
Quote:


maaf kalian sedang membahas apa?
Quote:


kalo lawan saya saja gimana gan?emoticon-Smilie
ini juga pengalaman pertamaemoticon-Smilie
itung2 nimba ilmuemoticon-Smilie
itu karena lemah iman.....

mendahulukan nafsu daripada aturan islamemoticon-Malu
Quote:


ohhh... berarti babad tanah jawa itu propaganda ya? emoticon-Confused:
asu,,telat emoticon-fuck2
Quote:


emoticon-2 Jempol
Quote:


homo sih homo,,tapi ente harus pilih2 dong mau naikin cowo,,masak orang kaya kebo masih mau ente naikin,,belajar milih target dulu sono sama grungkers emoticon-Busa:
Quote:


Islam masuk Jawa secara besar2an pd masa Walisongo..dan pd saat itu hampir berbarengan dgn datangnya kolonial asing..

jadi dakwah Islam di Jawa kurang sempurna karena sudah dihadapkan utk konfrontasi melawan penjajah.

contohnya saat penyerbuan Batavia yg dipimpin Fatahilah msh ada bbrp Walisongo yg hidup spt Sunan Gunung Jati, Sunan Drajat, dll.

kemudian ketika Belanda sudah menguasai semua kerajaan di Jawa..mrk menggunakan kekuasaan para raja bonekanya untuk mengeliminir aktivitas dakwah dan ibadah umat Islam..mulai dr cara yg halus spt menyelipkan tradisi budaya kuno ke dlm ibadah Islam, mempersulit dan membatasi ibadah Haji, melarang penerjemahan Al Qur'an dan Hadist ke bhs lokal, dll..

sampai cara yg brutal spt membantai puluhan ribu para kyai dan santri penerus walisongo di alun2 Mataram di masa Sultan Amangkurat ll.
Quote:


Quote:


duitnya banyak gan emoticon-Genit:
sambil tutupin pake bantal gapapa daah emoticon-Genit:
Halaman 8 dari 21
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di