CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[Free] Seandainya Indonesia Tidak Pernah Dijajah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007875852/free-seandainya-indonesia-tidak-pernah-dijajah

[Free] Seandainya Indonesia Tidak Pernah Dijajah

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 3 dari 15
seandainya cinta laura bini aku pasti tiap hari cuma sarungan emoticon-Big Grin
Quote:


tapi bener kan,sesuai ama OS ente tentang penyebaran agama,sesuai juga ama pernyataan si esdegan kalo awalnya di nuswantara ini adanya cuma animisme dan penganut hindu,dan nantinya akan kembali ke hindu,sabda palon naya genggong mode : on emoticon-army:
seandainya Daendels dan van den bosch tidak pernah ada
[Free] Seandainya Indonesia Tidak Pernah Dijajah
@estragon: sayangnya semuanya tidak berkembang seperti itu.emoticon-Embarrassment
okelah "mungkin" pada awalnya mereka datang dengan "damai". tapi pada kenyataannya selanjutnya tidak kan? mereka mulai melakukan monopoli perdagangan rempah2, dst.emoticon-Embarrassment

@never: nyindir nih maksudnya?emoticon-Malu
[Free] Seandainya Indonesia Tidak Pernah Dijajah
Quote:


hah koq jd cinta laura gan emoticon-Bingung (S)
Quote:


daendels dengan kerja rodinya dan van den bosch dengan tanam paksanya.emoticon-Embarrassment

@castro: sabda palon naya genggong itu apa?emoticon-Malu
[Free] Seandainya Indonesia Tidak Pernah Dijajah
Quote:


Quote:


emoticon-shakehand

Melayu Empire.
Quote:


dongeng black campaign emoticon-siul:
Quote:


lo memasuki imaginary thread
kembangkan kreafitasmu setinggi tingginya
Quote:


tadi googling sejenak tentang sabda palon naya genggong.emoticon-Malu
baru tau saya.emoticon-Hammer
tapi kok aneh yah.emoticon-Embarrassment
[Free] Seandainya Indonesia Tidak Pernah Dijajah
Quote:


Kolonialisme dahulu?

Atau misionaris dahulu?

Kalau di aceh, mereka pake misionaris dahulu

Snouck Hurgronjen seorang Pendeta, sengaja belajar bahasa Aceh dan belajar Islam, bahkan masuk Islam untuk mempelajari pola kemasyarakatan dan kehidupan keseharian orang Aceh.

Hasil studinya itu dituliskan dan dilaporkan ke Gubernur Jendral VOC yang berkuasa

VOC pun datang dan bisa dengan cepat menguasai Aceh

Kalau yang nggak caya silakan gugling nama Snouck Hugronje, atau baca Orientalisme'nya Edward Said

Hmmmmmm... Betul2 pola dakwah yang penuh tipu daya.

[Free] Seandainya Indonesia Tidak Pernah Dijajah
jangan lah berandai andai
ibaratkan orang ngomong nya gede tapi ga ada aksinya
coba pikirkan kalo kita gak dijajah, kita malah masih berpikir primitif, pikiran orang kuno, emang dijajah itu ada kelebihan dan kekurangannya gan,coba lihat negara tetangga spt singapore, singapore kan bekas jajahan inggris gan tapi mereka lebih maju
Quote:


bener2 mengerikan ilmu tipu daya hugronje, malah sempat jadi imam mesjid raya tuh belanda emoticon-Mad:
Quote:


Neh, nyang gua kuot mungkin buyut korban keganasan Belanda via Hugronje

Anjeng dah emang Nasrani,

Tuti, tukang tepuuuu...
[Free] Seandainya Indonesia Tidak Pernah Dijajah
Quote:


sampe pernah di bakar tuh mesjid raya ketika ketauan asli nya si hugronje.
tapi akhirnya hugronje pun tewas di tembak, dan di kuburkan di belakang halaman mesjid raya.
klo menurut ane kalo ga da penjajah ga da tu
"BHINEKA TUNGGAL IKA"
dan tentu nya bentuk negara kerajaan..
Spoiler for "....":
Quote:
Enjoy your warning
Quote:


orang aceh yah?emoticon-Smilie

@ar6
kalau kaya gitu nanti akan muncul "pengandaian", seandainya indonesia dijajah inggris dan bukan belanda.emoticon-Embarrassment

@estragon
saya rasa kolonialisme dulu.emoticon-Embarrassment
misionarismeya numpang.emoticon-Malu
[Free] Seandainya Indonesia Tidak Pernah Dijajah
Halaman 3 dari 15
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di