KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[BREAKING NEWS!] Ratusan Waria Kumpul Bedah NOvel KOntroversial Halal Ganti Kelamin!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007431681/breaking-news-ratusan-waria-kumpul-bedah-novel-kontroversial-halal-ganti-kelamin

[BREAKING NEWS!] Ratusan Waria Kumpul Bedah NOvel KOntroversial Halal Ganti Kelamin!!

Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 127
halah banci2.. gak tau malu banget si.. ngapain coba di kasi otonk tp dipotong..
banci emoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis
hidup lu lbih rendah dari hewan peliharaan gua..\t \t
[BREAKING NEWS!] Ratusan Waria Kumpul Bedah NOvel KOntroversial Halal Ganti Kelamin!!
Quote:


bijaksana....
jiah bego amat nigh para cowok

ndak mau nikmati ap yng diksi am tuhan
emoticon-I Love Indonesia\t \t
[BREAKING NEWS!] Ratusan Waria Kumpul Bedah NOvel KOntroversial Halal Ganti Kelamin!!
Quote:


dua-duanya ada, gan!
kasus ivan gunawan tidak bisa digeneralisir pada kasus 7 juta waria lain di indonesia, gan. agan terlalu menyederhanakan masalah di sini...............



Maaf juragan...bukan bermaksud bersebrangan....hanya saja bagi ane..pendapat agan terlalu na'if dan bernada mencari pembenaran atas pendapat agan sendiri tanpa di sertai dalil atau nash yg kuat dari sisi agama.....(agan islam kan)
dalam islam sudah jelas sekali hukum mengenai hal ini...dan hukum yg termaktub dalam al quran itu bukanlah hukum yg datang dari manusia...melainkan dari yg menciptakan manusia..dialah Allah SWT.

Operasi ganti kelamin (taghyir al-jins) adalah operasi pembedahan untuk mengubah jenis kelamin dari laki-laki menjadi perempuan atau sebaliknya. Pengubahan jenis kelamin laki-laki menjadi perempuan dilakukan dengan memotong penis dan testis, kemudian membentuk kelamin perempuan (vagina) dan membesarkan payudara. Sedang pengubahan jenis kelamin perempuan menjadi laki-laki dilakukan dengan memotong payudara, menutup saluran kelamin perempuan, dan menanamkan organ genital laki-laki (penis). Operasi ini juga disertai pula dengan terapi psikologis dan terapi hormonal. (M. Mukhtar Syinqithi, Ahkam Al-Jirahah Al-Thibbiyah, hal. 199).

Hukum operasi ganti kelamin adalah haram, berdasarkan dalil Al-Qur`an dan As-Sunnah. (M. Mukhtar Syinqithi, Ahkam Al-Jirahah Al-Thibbiyah, hal. 199; Fahad Abdullah Hazmi, Al-Wajiz fi Ahkam Al-Jirahah Al-Thibbiyyah, hal. 12; Walid bin Rasyid Sa’idan, Al-Ifadah al-Syar’iyah fi Ba’dh Al-Masail al-Thibbiyyah, hal. 128).

Dalil Al-Qur`an firman Allah SWT (artinya) : “Dan aku (syaithan) akan menyuruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu mereka benar-benar mengubahnya”. (QS An-Nisaa` [4] : 119). Ayat ini menunjukkan upaya syaitan mengajak manusia untuk melakukan berbagai perbuatan maksiat. Di antaranya mengubah ciptaan Allah (taghyir khalqillah). Operasi ganti kelamin termasuk mengubah ciptaan Allah, karena dalam operasi ini terdapat tindakan memotong penis, testis, dan payudara. Maka operasi ganti kelamin hukumnya haram.

Dalil hadis adalah riwayat Ibnu Abbas RA bahwa,”Rasulullah SAW telah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan melaknat wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR Bukhari). Hadis ini mengharamkan perbuatan laki-laki menyerupai wanita atau perbuatan wanita menyerupai laki-laki. Maka, operasi ganti kelamin haram hukummya, karena menjadi perantaraan (wasilah) bagi laki-laki atau perempuan yang dioperasi untuk menyerupai lawan jenisnya. Kaidah fiqih menyebutkan,”Al-Wasilah ila al-haram muharromah.” (Segala perantaraan menuju yang haram hukumnya haram juga). (Fahad Abdullah Al Hazmi, Taqrib Fiqih Al-Thabib, hal. 74; M. Utsman Syabir, Ahkam Jirahah At-Tajmil, hal. 19)....dan yg pasti...Allah itu hanya menciptkan dua jenis kelamin...yaitu laki2 dan perempuan..tidak ada ciptaan Allah yg berada diantaranya yg menggiring manusia utk memilihnya....kecuali utk di ambil ibrah bagi manusia. jadi salah besar bagi orang yg menganalogikan JIWA PEREMPUAN YG TERPERANGKAP DALAM JASAD LAKI2 atau sebaliknya...jika pun ada kecendrungan...maka itu tak lebih adalah ujian...apakah ia akan istiqomah dengan qadha dia sebagai laki2 atau perempuan yg sudah Allah tetapkan jauuuuuh sebelum manusia di turunkan ke alam dunia.

Operasi ganti kelamin juga merupakan dosa besar (kaba`ir), sebab salah satu kriteria dosa besar adalah adanya laknat (kutukan) dari Allah dan Rasul-Nya. (Imam Dzahabi, Al-Kaba`ir, hal. 5; Imam Qurthubi, Tafsir Al-Qurthubi, Juz V/120; Ibnu Taimiyah, Majmu’ Al-Fatawa, Juz 11/650).

Yang berdosa bukan hanya orang yang dioperasi, tapi juga semua pihak yang terlibat di dalam operasi itu, baik langsung atau tidak, seperti dokter, para medis, psikiater, atau ahli hukum yang mengesahkan operasi tersebut. Semuanya turut berdosa dan akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah pada Hari Kiamat kelak, karena mereka telah bertolong menolong dalam berbuat dosa. Padahal Allah SWT berfirman (artinya) : “Dan janganlah kamu tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” (QS Al-Maa`idah [5] : 2).

Adapun operasi penyempurnaan kelamin (takmil al-jins) hukumnya boleh. Hal ini berlaku bagi orang yang memiliki alat kelamin ganda, yaitu mempunyai penis dan vagina sekaligus. Operasi ini hukumnya mubah, berdasarkan keumuman dalil yang menganjurkan berobat (al-tadawiy). Nabi SAW bersabda,”Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, kecuali Allah menurunkan pula obatnya.” (HR Bukhari, no.5246).

Operasi Plastik

Operasi plastik atau dikenal dengan “Plastic Surgery” (ing) atau dalam bahasa arab
“Jirahah Tajmil” adalah bedah/operasi yang dilakukan untuk mempercantik atau

memperbaiki satu bagian didalam anggota badan, baik yang nampak atau tidak, dengan cara ditambah, dikurangi atau dibuang, bertujuan untuk memperbaiki fungsi dan estetika (seni) tubuh1 dan sebagian Ulama hadits2 yang lain berpendapat bahwa yang dimaksud dengan operasi plastik itu hanya ada dua:

a. Untuk mengobati aib yang ada dibadan, atau dikarenakan kejadian yang menimpanya seperti kecelakaan, kebakaran atau yang lainya. Maka operasi ini dimaksudkan untuk pengobatan, maka hukumnya adalah mubah atau boleh....Dalil Sunnahnya...."Diriwayatkan dari Abu Hurairah R.a, dari Nabi Saw. berliau pernah bersabda,“ Ti d a k
lah Allah Swt. menurunkan wabah/penyakit kecuali Allah Swt. juga menurunkan obat
penwarnya”(H.R. Bukhari)......maka utk kegiatan operasi di atas diperbolehkan karena termasuk dalam kategori penyembuhan.

Imam Abu hanifah dalam kitabnya5 berpendapat, “Bahwa tidak mengapa jika kita berobat menggunakan jarum suntik (yang berhubungan dengan operasi), dengan alasan untuk berobat, karena berobat itu dibolehkan hukumnya, Sesuai dengan ijma’ ulama, dan tidak ada pembeda antara laki-laki dan perempuan”.Akan tetapi disebutkan (pendapat lemah) bahwa tidak diperbolehkan berobat menggunakan bahan yang diharamkan, seperti khamar,bir dan sejenis. tapi jika ia tidak mengetahui kandungan obat itu, maka tidak mengapa menggunakannya, namun jika tidak memungkinkan lagi (yakin bahwa tidak ada obat) untuk mencari obat selain yang diharamkan itu, maka bolehlah menggunakan sekedarnya

Ibn Mas’ud Ra, mengatakan bahwa sesungguhnya Allah Swt. tidak menciptakan sembuhnya kalian dengan barang yang diharamkan-Nya”.makna dari pendapat beliau adalah walau bagaimanapun Allah Swt. menurunkan penawar yang halal, karena secara akal pikir, tidak mungkin Allah mengharamkan yang telah diharamkan kemudian diciptakan untuk dijadikan obat, pasti masih ada jalan lain yang lebih halal.
Operasi semacam ini terkadang bisa menjadi wajib hukumnya, jika menyebabkan kematian, maka wajib baginya untuk berobat.

b. Atau untuk mempercantik diri, dengan mencari bagian badan yang dianggap mengganggu atau tidak nyaman untuk dilihat orang, istilah yang kedua ini adalah untuk kecantikan dan keindahan. nah...kalau yg ini...bisa dihukumi haram atau mubah..tergantung dari latar belakang terjadinya operasi tersebut....jika seseorang dioperasi karena ketidak puasan dia terhadap yg Allah berikan melalui jasmaninya....maka itu adalah perbuatan yg Allah haramkan...kenapa? itu sama artinya dia tidak mau menerima apa yg telah Allah berikan buatnya...padahal tidak satupun yg Allah berikan pada umatnya melainkan ada kebaikan di dalamnya.....tinggal sesabar apa seseorang itu dalam bertawakkal, bersabar dengan tetap istiqomah berpegang pada Allah.....

MUI sendiri sudah mengeluarkan fatwa haram utk operasi ganti kelamin, Fatwa tersebut dikeluarkan MUI setelah melalui pembahasan dalam Musyawarah Nasional (Munas) VIII.

MUI juga memfatwakan tidak boleh menetapkan keabsahan status jenis kelamin akibat operasi perubahan alat kelamin sehingga tidak memiliki implikasi hukum syar'i terkait perubahan tersebut.

Karena tidak boleh ditetapkan keabsahannya, kedudukan hukum jenis kelamin orang yang telah melakukan operasi sama dengan jenis kelamin semula, seperti sebelum operasi, meski sudah mendapat penetapan pengadilan.

Sedangkan menyempurnakan kelamin bagi seorang yg memiliki kelamin ganda.

Membantu melakukan operasi penyempurnaan kelamin juga diperbolehkan hukumnya serta penetapan keabsahan status jenis kelamin akibat operasi penyempurnaan alat kelamin sebagaimana dibolehkan. Sehingga ini memiliki implikasi hukum syar'i terkait penyempurnaann tersebut. Kedudukan hukumnya sesuai dengan jenis kelamin setelah penyempurnaan sekalipun belum memperoleh penetapan pengadilan terkait perubahan tersebut.

Atas dasar fatwa tersebut, MUI merekomendasikan kepada Kementerian Kesehatan untuk menjadikan fatwa itu sebagai pedoman guna memberikan aturan pelaksanaan operasi kelamin dengan melarang operasi ganti kelamin dan mengatur pelaksanaan operasi penyempurnaan. Juga, bagi organisasi profesi kedokteran untuk membuat kode etik kedokteran terkait larangan operasi ganti kelamin dan pengaturan bagi praktik operasi penyempurnaan kelamin.

Nah....karena kita hidup sebagai seorang muslim, maka hendaknya kita kembalikan semuanya pada hukum al quran dan sunnah...bukan pada hukum yg lahir dari kehendak dan nafsu manusia.....karena, semua problematika kehidupan manusia di dunia ini sudah ada jawabannya dalam al quran dan sunnah..tinggal kita mau atau tidak menggalinya....

Akan bahaya sekali ketika kita menghukumi sesuatu tanpa kita tahu dasar hukumnya menurut agama (islam) karena itu bisa mengarahkan kita pada kekafiran.....

jadi...berhati2lah ketika kita menyampaikan pendapat pada satu persoalan yg jelas hukumnya menurut al quran...jangan sampai kita terjebak pada arus yg justru akan mencedrai hukum Allah tersebut

sekali lagi....maaf lho gan.....beribu maaf..tidak bermaksud apa2 selain sharing saja

salam
menurut ane sah aja selama alsannya tepat dan jelas baik sisi medis maupun psikologis emoticon-I Love Indonesia
waduh gawat..emoticon-Cape d...

setau ane si ngak bole gan di islam,melawan khodrat allah swt sekaligus tidak mensyukuri pemberian nya...
[QUOTE=iisengi;384828596]hamil jelas gak bisa!
wong gak punya rahim!




Nah ente udah tw tuh gan,,,,
coba ente cari tw apakah itu seorang wanita dan kodrat nya dimata Islam maupun non Islam..
dan ane pernah denger nih kata2 ""Wanita konon diciptakan dari tulang rusuk pria "
terus yang waria diciptakan dari tulang rusak siapa??

sau lagi,, ayat2 Al-Qur'an tidak bisa kita pahami hanya dengan membaca dan melihat artinya...itulah kelebihan Al-Qur'an dibandingkan dgn kitab2 lain,,
emoticon-Bingungbingung
emoticon-Cape d...
moga aja nt kalo baca buku atau menerima suatu pendapat tidak ditelan mentah-mentah gan emoticon-Shakehand2
menurut ane sih bukan kelaminnya yang diganti gan, tapi jiwa dan akidahnya yang mesti diperbaiki. Wallohu'alam.
kalo menurut ane sih HARAM gan.. semua ciptaan/pemberian ALLAH adalah yang terbaik untuk kita...
yang kita perlukan hanyalah bersyukur... menurut ane tu waria2 aslinya bukan berjiwa perempuan, tapi mereka hanya tidak bersyukur saja..
Quote:


terimakasih atas sharing-nya, gan...emoticon-Kiss
untuk dalil qath'inya sudah sy sebutkan di depan klo agan mo nge-check;

yg perlu sy tulis mungkin, bahwa TIDAK ADA DALIL YG EKSPLISIT MELARANG ganti kelamin. sementara dalil 'merubah penciptaan Tuhan' itu sangat lemah dan tidak bisa diterima karena bertentangan dengan KEMAHAPENCIPTAAN ALLAH SWT dn KEMAHAKUASAAN-NYA.

penjelasannya ada di-atas...
dan menurut sy inilah salah satu inti masalhnya
pemahaman yg salah tnetag ini.
setau ane sih haram hukumnya gan karena tidak mensyukuri apa yang diberikan oleh Tuhan
tapi ane tidak bisa berkomentar lebih jauh lagi gan,karena pengetahuan Agama ane masih sedikit nih emoticon-Malu (S)
Quote:


Nih jawaban yg mantab gan,,,setujuuuuuuuuuuuuuu ane..
emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
:maho:maho over population Hmmmm
walah buat apa coba ganti kelamin emoticon-Smilie
Quote:



Agan yg baik....apakah dalil eksplisit yg agan maksud itu adalah dalil yg secara harfiah langsung mengatakan haram ganti kelamin??????
tidak agan...bahasa al quran tidak lah seperti itu.....bukankah sudah jelas baik secara harfiah maupun secara substansi dari dalil2 yg kita keluarkan tadi bahwa merubah ciptaan ALlah itu adalah perbuatan haram......kalau agan masih menuntut nash al quran secara eksplisit dalam hal ini...ane takut gan...takut kita termasuk ke dalam golongan2 umat yahudi zaman Nabi Shaleh AS yg begitu bertele2 mempertanyakan perintah Nabi.....

sekarang agan mengatakan dalil merubah ciptaan itu lemah...kalau saya pribadi gan...saya mah takut mengatakan bahwa ayat al quran itu adalah dalil yg lemah.....
siapa lah diri kita ini gan????? kita bukan para imam madzhab yg dulu mereka benar2 mengkaji setiap ayat dengan sungguh2 bahkan sampai menaruhkan nyawa mereka...agar kita lebih mudah dalam memahami alquran.....
atas dasar apa diri kita yg dhaif ini sampai berani mengatakan dalil nash al quran itu adalah dalil yg lemah????

kalau hadist mungkin masih bisa diterima bahwa ada hadist yg dhaif, ada yg mutawattir...ada yg ahad....ada shahih....
tapi ini yg berkata adalah al quran....!!!!!

saya masih bodoh dalam kajian2 dalam al quran....atas kebodohan saya itulah saya selalu berhati2 dalam berpendapat....

sekali lagi...mohon maaf....sekedar sharing dari hamba yg bodoh
serem gan isinya waria semua"
[BREAKING NEWS!] Ratusan Waria Kumpul Bedah NOvel KOntroversial Halal Ganti Kelamin!!
hmm, hari ini minta dihalalin ganti kelamin besok minta dihalalin nikah, kondisi fisik mang bsa dirubah tapi yang namanya laki-laki ya laki-laki titik.
persoalan mereka ngerasa lebih perempuan dalam hati mereka, banyak faktor yang berpengaruh dan ngebentuk kondisi psikologis jadi seperti itu
kalo menurut ane sih ini bukan solusi tapi menambah rumit emoticon-Embarrassment
Quote:


dengan banyaknya sumber referensi yg agan sampaikan ke saya, agan sungguh rendah hati, sy yg jadi malu sendiri emoticon-Malu

kalau agan berkenan, mohon bantu sy menemukan pemahaman yg benar tentang masalah ini -sangat mungkin pemahaman sy tidak pas- pemahaman sy sy dapatkan dari novel ini yg menurut sy sangat solutif, rasional, dan manusiawi. yg tak kalah penting, novel ini bagi saya berhasil dengan gemilang menunjukkan wajah Islam yg rahmatan lil alamin, jauh dari kesan 'kaku', 'kolot', dan 'galak' (cuman bisa mengharamkan tanpa solusi).

soal ayat yg agan sampaikan tadi, sebenarnya ada banyak agan lain yg juga meyampiakan, tp sy masih punya masalah di sana. dengan rendah hati, maukah agan jadi mitra diskusi sy di sini??? kalau2 pemahaman sy salah?
Seminarnya para :mahos emoticon-Takut (S)
[BREAKING NEWS!] Ratusan Waria Kumpul Bedah NOvel KOntroversial Halal Ganti Kelamin!!
Halaman 9 dari 127


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di