mesin.absenAvatar border
TS
mesin.absen
Perkembangan Alat Tulis dari Masa ke Masa
Insya Allah ane ga repost nih gan,

Spoiler for bukti no repost:


Alat tulis pertama yang dibuat bangsa Sumeria di Mesopotamia sekira 5000 tahun silam. Berbagai alat tulis diciptakan, mulai pena bulu ayam dan kemudian berkembang hingga sekarang menjadi beragam pena bolpoin. Berikut ini beberapa jenis alat tulis tersebut:

Quill, pena bulu ayam, bulu lebar dengan tangkai cekung (calamus) yang runcing pada titiknya dan dicelupkan ke dalam tinta untuk menulis, dan digunakan sejak Abad Pertengahan.
Spoiler for Quill:


Cane pen, pena buluh, alat yang digunakan pada zaman dahulu hingga Abad Pertengahan untuk menulis pada daun lontar dan perkamen. Ini juga yang menjadi alat bagi kaligrafi Arab.
Spoiler for Cane Pen:


Writing brush, kuas tulis, bulu sintetis atau bulu alami yang cara menulisnya menggunakan tangan dan dicelupkan ke dalam tinta. Alat ini telah digunakan pada kaligrafi Cina lebih dari 4000 tahun lalu.
Spoiler for Writing Brush:


Egyptian reed pen, pena buluh Mesir, buluh kecil yang runcing ujungnya, untuk melukis hieroglif pada lempung tanah liat atau untuk menulis pada daun lontar dengan tinta.
Spoiler for Egyptian reed pen:


Roman metal pen, pena baja Romawi, alat tulis dari bahan logam, ditemukan oleh orang Roma pada zaman dahulu kala, cikal bakal pena logam modern yang mulai dikenal pada abad ke-19.
Spoiler for Roman metal pen:


Lead pencil, pensil penunjuk, pensil bujur dengan ujung penuh hiasan, pertama kali digunakan pada Abad Pertengahan, kemudian diganti dengan pensil arang keras.
Spoiler for Lead pencil:


Stylus, stilus, alat dari timah berujung, digunakan zaman Yunani kuno untuk menggores lembaran lilin, ujungnya yang rata unntnuk menghilangkan etsa (goresan).
Spoiler for Stylus:



Steel pen, pena baja, ujung bulatan garis pada pegangan, dicelupkan ke dalam bak tinta untuk menulis.
Pada perkembangan berikutnya, berbagai inovasi alat-alat tulis dibuat, misalnya fountain pen (pena); ballpoint pen (pena bolpoin); marker (petunjuk berwarna); propelling pencil (pensil mekanis); pencil (pensil); bahkan refill (isi ulang) tinta.
Spoiler for Steel pen:



Hhhmmmm, menarik kan gan bagaimana temuan pendahulu kita dalam mencari cara untuk menulis alias mendokumentasikan sesuatu dalam tulisan. Cobalah resapi juga bahkan di zaman dahulu orang berpikir untuk meninggalkan catatan dalam tulisan yang akhirnya terungkap sebagai bagian dari sejarah suatu bangsa, dengan teknologi yang terbatas. Jadi betapa sayangnya, apabila kini dengan teknologi yang luar biasa, kita tidak mampu mengembangkan atau mendokumentasikan banyak hal berupa tulisan dengan alasan kemalasan belaka….

(Sumber: diolah dari The Visual Dictionary with Definitions, 2007, QA International)

jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan,
kalo boleh kasih emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast aja gan,
jangan lupa di emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star ya gan,
maaf kalo berantakan, maklum dah ane masih nubi, emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
0
6.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan