CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Burung /
Pecinta atau yang mau Cinta Ayam Hutan.. masuk pliss
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006258026/pecinta-atau-yang-mau-cinta-ayam-hutan--masuk-pliss

Pecinta atau yang mau Cinta Ayam Hutan.. masuk pliss

Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 29

di postingin ajah fotonya

Quote:


di posting ajah gan fotonya baru bisa dikomentarin....byk amat nih beli 2? gmn kabar ayam ayamnya?
Quote:


umurannya gimana gan? siapa siapa tau yg belum ngekek itu masih terlalu muda...
*ehh, benernya mulai umur seberapa ya ayam hutan mulai ngekek?

Quote:

alhamdulillah ayam ane sehat sehat semua gan.. (siapa yg ditanya, siapa yg njawab emoticon-Big Grin )

wah hrs tanya langsung ma ayamnya.....

Quote:



Katanya dulu dah pengalaman pelihara ayam alas? hehehe....... ane ajah dah lupa gan.,,,

Mengenai ayam hutan ijo asli apa palsu pertama dr harganya juga kalau "murah" hati hati mgk palsu tp yg jantan agan itu mah biar murah tapi asli loh.......

Ane lg kebanjiran yg merah nih gan jd sementara yg ijo dilupakan dulu..

Ayam hutan merah sumatera

Izin gabung ya gan sesama hobi ayam hutan nih
1. Ayam hutan merah asli sumatera Pejantan

Pecinta atau yang mau Cinta Ayam Hutan.. masuk pliss

Pecinta atau yang mau Cinta Ayam Hutan.. masuk pliss

Pecinta atau yang mau Cinta Ayam Hutan.. masuk pliss


2. Ayam hutan merah turunan (Brugo) Pejantan

Pecinta atau yang mau Cinta Ayam Hutan.. masuk pliss


Pecinta atau yang mau Cinta Ayam Hutan.. masuk pliss


3. Ayam hutan merah turunan (Brugo) Betina

Pecinta atau yang mau Cinta Ayam Hutan.. masuk pliss

wuih mantap gan

Quote:


wuiihhh..... mantap mantap nih ayamnya...
itu masih asli yah?
Quote:

iya d3n, tp ane pelihara ayam alas dah jaman di NTB.. 94-97.. itupun dulu belum sampai breeding, cuman hobi ama pejantannya aja... nha tahun ini baru "kumat" lagi hobi ayam hutannya, makanya coba beli yg betina juga...

iya sih d3n, kaya'nya emang asli.. lha wong dah belajar kokok.. (tapi walaupun pagi, siang, sore ngekek terus.. paling baru 2-3 hari sekali keluar kokoknya.. itupun masih serak dan pendek)

kalau merah sama ijo disilangin.. jadinya opo ya d3n? atau entar kalau sama sama berhasil, kita bisa barteran kali ya.. emoticon-Big Grin

Quote:


silahken bro amin.. dan semoga menambah "keluarga" ayam hutan disini.. emoticon-Kiss

Coklat kali gan

kalau merah sama ijo disilangin.. jadinya opo ya d3n?

Kalo warna merah di campur ijo jadinya coklat gan hehehehe......

Kalo alas jantan sama merah betina yah tetep jd nya bekisar cuma ga tahu kalo jantan merah sm alas betina apa jd bekikuk?

dulu th 94-97 tugas d Bima? dimana? Jd kangen ( pelecing? sm ayam taliwang? ke timur lombok, sumbawa besar, bima , labuan bajo, ruteng
Quote:


di Raba gan.
Plecing? kalau ane kangen pelcing ayam ya bikin sendiri Gan... (sempat belajar masak sama orang lombok) kalau plecing kangkung.. rasa plecing sama, tapi kangkungnya beda emoticon-Big Grin

Bekisar utan gan

Quote:


Alas jantan disilang sama betina merah? jadinya bekisar hutan....mantap kali gan
Quote:


iya gan, tapi nanti setelah modem ane dah bisa kembali. iya gan ane beli 2 karena yang satu itu lebih tua umur nya, jadi dah siap dia pacek.
tapi alas jantan ane belum cukup umur( kurang 1 thn ).
tapi pernah ane satuin, si jantan nyamperin betina terus. mungkin dah birahi kali ya gan???emoticon-I Love Kaskus

Say hello

Quote:


Say hello kali gan sm betinannya hehehe....
gmn respon betinannya? kalau diem ajah berarti oke apalagi kalo saling ciuman (saling patuk patukan paruhnya) jodoh dia....kalau betinannya bunyi kekkkekkkekkekkkkekkk pendek sambil mau marah (ngajakin berantem) artinya galak, ga jodoh atau betinanya ga suka ama jantannya... kalau betinanya ngabur lompat lompat artinya takut biasanya kalau jantannya galak bisa sampai ditaji sama jantannnya
Quote:


yang masih asli no 1 gan
F1 adanya dihutan pedalaman
F2 sering dihutan pinggiran pemukiman penduduk (jengger dan bodi agak besar)
F3 sering dihutan sawit tuh ayam brugo termasuk F3. Perlu berapa bnyak asal cocok harga bisa saya siapin, apalagi kalo mau ambil diPalembang (he..he..)
emoticon-I Love Indonesia
silahken bro amin.. dan semoga menambah "keluarga" ayam hutan disini.. emoticon-Kiss[/QUOTE]

masih gan izinnyaemoticon-Shakehand2

Newbie mau nanya nih... :iloveindonesia

salam buat pecinta ayam hutan....
gini agan" mau nanya apa setiap ayam hutan di seluruh indonesia beda".?
kalau iya tolong pencerahannya... emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

Jenis ayam hutan di Indonesia

Quote:



Di Indonesia ada 2 jenis ayam hutan yaitu ayam hutan merah dan ayam hutan hijau.
Ayam hutan merah itu sendiri ada 2 warna ada yg merah dan ada yg kuning (orange).
Ayam hutan merah di Sumatra dari species Gallus gallus cuping telinganya berwarna putih hanya ada di Sumatra.
Ayam hutan merah Jawa subspecies Gallus gallus bankiva (Jawa Barat : Kasintu) cuping telinganya tidak berwarna putih penyebarannya di jawa terutama di Jawa Barat cuma populasinya sedikit karena banyak ditembak mati oleh pemburu.
Ada juga ayam hutan merah di Bali dan Sulawesi.
Ayam hutan hijau (Jawa Barat : Cangehgar, jateng & jatim : ayam alas) penyebarannya Jawa, Kep Madura, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores.

Untuk daerah daerah lain sejauh yg saya tahu belum ada laporan ditemukan ayam hutan asli lokal setempat...mungkin saja memang tidak ada.

Kimi punya pacar!!!

Setelah hunting sana sini....akhirnya ane putusin alas kongking Kulonprogo (ane namain ciung wanara biar manteb) yg akan ane coba jodohkan dengan si Kimi harap ajah berjodoh......emoticon-Kiss

Pecinta atau yang mau Cinta Ayam Hutan.. masuk pliss

Species baru

Quote:


justru karna kearifan itu indonesia pnya spesies baru dan langka., dan hanya di sekitar gunung itu tidak di gunung lain sah-sah saja.. kebanyakan alas dr jatim-madura terkenal kuat dan tahan penyakit., beda dgn dari jateng..
dan jika anda ingin mempunyai kongking tidak di jual bebas dan harus mempunyai "channel" utk mendapatkannya.. thx[/QUOTE]

Maaf gan ane bukan ahli Biologi tp ane coba untuk berpendapat, menurut ane terjadinya species baru (di alam) dikarenakan unsur "ketidaksengajaan / diluar harapan / kebetulan / atau bahkan keterpaksaan dll" jd menurut ane banyak jalurnya.. contohnya misalnya susahnya mencari jodoh dikarenakan populasinya yg sangat sedikit (kematian masal krn endemik penyakit / diburu dll) sehingga mau gak mau akan terjadi kimpoi silang "crossing" dengan jenis lainnya misalnya spt yg d Kulonprogo kalo memang benar antara alas asli dengan bekisar betina (karena populasi alas betina asli menurun drastis atau krn kalah persaingan dengan betina bekisar) ..karena bekisar betina masih membawa gen alas jd keturunannya akan "dimurnikan" kembali gennya menjadi alas semula sehingga penampakan (fenotipe) sama dengan alas asli cuma ada perubahan (genotipe) di suara kokoknya yg 2 nada spt bekisar....sayangnya di negara kita nih ahli Biologi masih "belum bergerak" sehingga kita masih menebak nebak mgk saja alas kongking sudah bisa dimasukan dalam klasifikasi sebagai subspecies dari alas hijau Gallus varius bisa ajah nanti jadi subspecies Gallus varius bankiva?? seperti halnya ayam hutan merah jawa (Kasintu, subspecies Gallus gallus bankiva).
Kearifan untuk melepas alas betina asli cukup wajar (mungkin krn populasi alas betina asli sudah menurun krn kebanyakan alas betina hasil jeratan mengalami nasib buruk dijadikan lauk krn dianggap tak berguna) tp melepas betina bekisar ke hutan ane blom tahu apa alasannya...yg jelas bisa terjadi kompetisi antara alas betina asli dengan betina bekisar dalam merebut hati alas jantan asli...
Apakah kearifan melepas betina ini disebabkan populasi yg sudah menurun drastis? Sepengetahuan ana ayam hutan hijau ini monogami jadi 1 jantan dengan 1 betina lain dengan ayam hutan merah poligami satu jantan bisa punya beberapa betina pd saat yg bersamaan (mohon dikoreksi jika ane salah pendapat) tapi dalam kenyataannya justru ayam hutan merah yg lebih langka...
Disamping itu daya tahan (kekebalan) terhadap penyakit virus ayam hutan hijau jauh lebih rentan (rapuh) dibanding ayam hutan merah tapi kenyataannya ayam hutan merah jauh lebih langka.
Kenapa??? itu pertanyaan yg perlu dijawab mgk oleh kita kita penghobby ayam hutan krn kelihatannya ahli Biologi kita tidak peduli sama sekali.
Menurut ane ayam hutan merah lebih cepat punah karena ayam hutan merah lebih banyak diburu (ditembak mati) oleh pemburu...


Agan Napo...hehehehe...ane dah ketemu channelnya.
Ana mau coba breeding alas kongkeng dengan betina alas asli cek kek krekk ntah apa nanti suara anakannya? kong king apa cek kek krek apa kong krek? waduh kalo jadinya kong krek malah jelek banget....

Mohon masukannya dari agan agan sekalian....tengQiu

mangstab

Quote:


mas d3n... mangstab punya tuh "lelaki". emoticon-Big Grin
kulon progo dapet di daerah mane tuh Gan? pingin juga tuh cari yg seumuran "pacar kimi". (nungguin IBO sma IMO gede.. urat gak sabar mulai keluar nih emoticon-Stick Out Tongueiss ).
*padahal, ane masih punya keluarga juga di kulonprogo.. tapi kalau pulang kesana carinya bukan ayam hutan.. tapi gebleg sama tempe benguk emoticon-Malu
Quote:


Wah, gw dulu punya nih ayam bruga/bghuga(kalo di kampung gw nyebutnya) keren emang apalagi kalo yang jinak, suaranya khas. Yang ini emang beda ama ayam hutan yang bener2 ayam hutan(lupa sebutannya).
Mantap Gan! emoticon-I Love Indonesia
Quote:


Piaraan biasa aja gan masih banyak yg lebih bagus
Halaman 6 dari 29


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di