alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000876158/civil-engineering
Quote:Original Posted By sundorojati
sebenarnya K-300 , dimana K = kuat beton karakteristik, dimana benda uji yang kita pake adalah kubus, seperti itu setahu saya


benul gan... K-300 kuat tekan karakteristik beton umur 28 hari = 300 Kg/cm2 untuk sampel kubus ...klo dikonversi ke silinder fc=25 MPa...cmiiw emoticon-Smilie

Smile 

Quote:Original Posted By Rikisi
bukannya N/mm2 ya gan??


klo N/mm2 = MPa.. betul gk sih? emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By davidharyoko85
klo N/mm2 = MPa.. betul gk sih? emoticon-Bingung



emoticon-thumbsup betul...betul...betul .. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By GaussJordan
siang gan, mau nanya misal mutu beton K300, apakah K yg didepan itu maksudnya kubus? sama apakah setara dengan 300 MPa? thx


saya coba dikit jelasin ya gan.
kl ada yg salah tolong di koreksi emoticon-Big Grin

K300 itu kuat tekan karakteristik beton 300 kg/cm2 dengan benda uji kubus bersisi 15 cm.
nah kalo 300 Mpa itu kuat tekan beton yang disyaratkan 300 Mpa( 300 n/mm2) atau 3610 kg/cm2 dengan benda uji silinder 150 x 300 mm.
sebenarnya K300 itu tidak setara dengan 300 Mpa, karena terjadi perbedaan benda uji maka mutu betonnya menjadi tidak sama.
untuk K300 itu setara dengan 24,9 Mpa. (konversi satuan kg/cm2 ke Mpa, yakni dibagi 10)

untuk konversi dari K300 (benda uji kubus) ke Mpa (benda uji silinder) itu di kali dengan 0.83.
sedangkan kl dari fc'=300 Mpa (benda uji silinder) ke kg/cm2 itu di bagi dengan 0.83

contoh nya :
Misal Mutu beton = Fc' = 25 Mpa
untuk menghitung Fc' = 25 Mpa menjadi "K"
maka kita konversi benda uji silinder ke kubus dengan dibagi 0.83 dan konversi dari Mpa jadi kg/cm2 dikali 10)
25*10/0.83 = 301 kg/cm2 (lebih sering disebut K300)

semoga membantu gan emoticon-Big Grin
CMIIW

Quote:Original Posted By davidharyoko85
klo N/mm2 = MPa.. betul gk sih? emoticon-Bingung


yups bener gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dhinluvers
saya coba dikit jelasin ya gan.
kl ada yg salah tolong di koreksi emoticon-Big Grin

K300 itu kuat tekan karakteristik beton 300 kg/cm2 dengan benda uji kubus bersisi 15 cm.
nah kalo 300 Mpa itu kuat tekan beton yang disyaratkan 300 Mpa( 300 n/mm2) atau 3610 kg/cm2 dengan benda uji silinder 150 x 300 mm.
sebenarnya K300 itu tidak setara dengan 300 Mpa, karena terjadi perbedaan benda uji maka mutu betonnya menjadi tidak sama.
untuk K300 itu setara dengan 24,9 Mpa. (konversi satuan kg/cm2 ke Mpa, yakni dibagi 10)

untuk konversi dari K300 (benda uji kubus) ke Mpa (benda uji silinder) itu di kali dengan 0.83.
sedangkan kl dari fc'=300 Mpa (benda uji silinder) ke kg/cm2 itu di bagi dengan 0.83

contoh nya :
Misal Mutu beton = Fc' = 25 Mpa
untuk menghitung Fc' = 25 Mpa menjadi "K"
maka kita konversi benda uji silinder ke kubus dengan dibagi 0.83 dan konversi dari Mpa jadi kg/cm2 dikali 10)
25*10/0.83 = 301 kg/cm2 (lebih sering disebut K300)

semoga membantu gan emoticon-Big Grin
CMIIW



baru ngerti emoticon-Big Grin pantesan pas praktikum tes tekan, nilai kuat tekan sampel silinder selalu lebih kecil dari yg sampel kubus, makasi ya gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By GaussJordan
baru ngerti emoticon-Big Grin pantesan pas praktikum tes tekan, nilai kuat tekan sampel silinder selalu lebih kecil dari yg sampel kubus, makasi ya gan emoticon-Smilie


yups sama-sama gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By isengbangetz
benul gan... K-300 kuat tekan karakteristik beton umur 28 hari = 300 Kg/cm2 untuk sampel kubus ...klo dikonversi ke silinder fc=25 MPa...cmiiw emoticon-Smilie


nih ane share "Grafik perkembangan kuat tekan beton" yg ane dapet dr Lab. Batching plan di kota ane emoticon-shakehand
http://deltayengki.com/share/tabel-p...ekuatan-beton/
Quote:Original Posted By edypri
nih ane share "Grafik perkembangan kuat tekan beton" yg ane dapet dr Lab. Batching plan di kota ane emoticon-shakehand
[url]http://www.4*shared.com/document/siO22UfN/Grafik_perkembangan_kuat_tekan.html[/url]


emoticon-2 Jempol mantaf gan ...

gan pernah denger produk easymix gan? ..beton yg self compacted ... gak perlu concrete vibrator ...klo grafik korelasi slump beton easymix dengan slump beton normal (pake krucut abram) punya gak gan? ...klo punya boleh donk di share emoticon-Genit:

Smile 

Quote:Original Posted By dhinluvers
saya coba dikit jelasin ya gan.
kl ada yg salah tolong di koreksi emoticon-Big Grin

K300 itu kuat tekan karakteristik beton 300 kg/cm2 dengan benda uji kubus bersisi 15 cm.
nah kalo 300 Mpa itu kuat tekan beton yang disyaratkan 300 Mpa( 300 n/mm2) atau 3610 kg/cm2 dengan benda uji silinder 150 x 300 mm.
sebenarnya K300 itu tidak setara dengan 300 Mpa, karena terjadi perbedaan benda uji maka mutu betonnya menjadi tidak sama.
untuk K300 itu setara dengan 24,9 Mpa. (konversi satuan kg/cm2 ke Mpa, yakni dibagi 10)

untuk konversi dari K300 (benda uji kubus) ke Mpa (benda uji silinder) itu di kali dengan 0.83.
sedangkan kl dari fc'=300 Mpa (benda uji silinder) ke kg/cm2 itu di bagi dengan 0.83

contoh nya :
Misal Mutu beton = Fc' = 25 Mpa
untuk menghitung Fc' = 25 Mpa menjadi "K"
maka kita konversi benda uji silinder ke kubus dengan dibagi 0.83 dan konversi dari Mpa jadi kg/cm2 dikali 10)
25*10/0.83 = 301 kg/cm2 (lebih sering disebut K300)

semoga membantu gan emoticon-Big Grin
CMIIW



yups bener gan emoticon-Big Grin


hehe iya jd inget lagi..
hehe tqyu Gan emoticon-thumbsup
ada yang tahu alamat browsing yg memuat materi2 dan contoh2 soal ttg teknik sipil..?
Quote:Original Posted By ronnyfapet
ada yang tahu alamat browsing yg memuat materi2 dan contoh2 soal ttg teknik sipil..?


coba kesini : sini
Quote:Original Posted By isengbangetz
emoticon-2 Jempol mantaf gan ...

gan pernah denger produk easymix gan? ..beton yg self compacted ... gak perlu concrete vibrator ...klo grafik korelasi slump beton easymix dengan slump beton normal (pake krucut abram) punya gak gan? ...klo punya boleh donk di share emoticon-Genit:


"gak perlu concrete vibrator" wah ane blm pernah tau tuuh Gan? trus klo masuk bekisting tanpa perlu concrete vibrator ntar keropos dong Gan emoticon-Bingung (S):

CCivil Super Solid ^^,

gan da yang tau gk web buat donlod SAP + Tutorialnya ?/
thx kk..emoticon-Kiss
klo satuan psf apa ya?
Info lowongan kerja gan, semoga bermanfaat!
Quote:Meneruskan titipan teman,

PT. Parama Dharma, sedang membutuhkan 2 Estimator dan 1 Site Manager.
Barangkali ada teman, tetangga atau sodara yang minat, bisa menghubungi usernya langsung,
Ibu Irma di 0811143881.
Terimakasih


sukses ya gan, ane dapet dari milis alumni. Klo berkenan kasi emoticon-Blue Guy Cendol (L) donk!
Quote:Original Posted By cariter
klo satuan psf apa ya?


1 psf (lbf/ft2) = 47.88 N/m2 (Pa) = 0.006944 lbf/in2 (psi)

biasakan bertanya kepada Paman Google dl Gan emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By Kawulo_Mataram
mau ananya gan.....kalau kontruksi pondasi yang tahan gempa itu seperti apa ya ??? kalau ga salah pas ada gempa di bengkulu, sebuah benteng peninggalan Belanda, tidak mengalami kerusakaan.....

mohon pncerahannya....thx....emoticon-Angkat Beer

Pondasinya atau struktur kolomnya gan ? kalo pondasi ane kurang tau deh gan.. Kalo Struktur atas lumayan. hehe

Quote:Original Posted By edypri
oke saya coba jawab ya Gan, u/ perencanaan struktur agar tahan terhadap Gempa dalam arti kita sebagai engineer meminimalisir terjadinya kerusakan,jd bkn berarti struktur tsb 100% tahan gempa. klopun ada kerusakaan persentase kerusakaannya tdk besar & diupayakan bkn kerusakan struktural. N so u/ perencanaan tsb klo beton biasanya pada desain kolom bisa diperhatikan jmlh tulangannya Gan sesuai dri beban gempa yg kondisinya klo dipemodelan beban gempa itu bergerak horizntal ke kiri dan ke kanan maka dari itu pada gedung2 berlantai 3 keatas apalagi di pinggir pantai yg kecepatan anginnya besar maka di ujung dan ditengah gedung pada bagian intersection (joint antar kolom) diberi nodal (beban terpusat) dengan besaran yg sudah ditentukan pada SNI (ada zona gempanya kok) [lbh baik bangun di Kalimantan aja,alnya gempanya kan minim tuh hehehehehe krn kbtulan ane jg anak kalimantan].

sebagai gambaran aja klo beton tahan terhadap tekan namun rapuh terhadap gaya tarik, klo baja kuat tarik namun klo ditekan dia plastis (mirip kayak rotan ato bambu). maka dari itu kolom didesain dari 2 material yg sifatnya saling menutupi (complementer). Maaf bukannya ane menggurui ane cman berbagi ilmu yg ane dapet Gan emoticon-shakehand klo ada kata2 yg membingungkan ya mohon dimaklumi krn ane rada susah menjelaskan secara tulisan (lbh enak secara lisan).


Kalo struktur bangunan tahan gempa bukannya memang di desain untuk rusak ya gan ? tapi ga boleh roboh. yg ane dapet dari kuliah sih seperti itu. Jadi kita ngerencanain sendi2 plastis dari struktur gedung tersebut, jadi dia rusak tetapi tidak roboh. Desain kita bs optimal. Kalo meminimalisasikan kerusakan kita bs buat elastis aja semua membernya tp bakal mahal banget. hehe..

Quote:Original Posted By Kawulo_Mataram
wow...nice ingpoh....emoticon-thumbsup
saia yang bukan dari disiplin civil engineering, jadi sedikit tau ttg bangunan...

nanya lagi ya gan....kalau saia mau ngebangun rumah type 45 atau 60, supaya meminimalisir kerusakan pd struktur bangunan, apa yang harus saia lakukan gan ??? emoticon-Embarrassment

Struktur di desain sesuai dengan kebutuhan gan.
Quote:Original Posted By Hotboyzz
Pondasinya atau struktur kolomnya gan ? kalo pondasi ane kurang tau deh gan.. Kalo Struktur atas lumayan. hehe



Kalo struktur bangunan tahan gempa bukannya memang di desain untuk rusak ya gan ? tapi ga boleh roboh. yg ane dapet dari kuliah sih seperti itu. Jadi kita ngerencanain sendi2 plastis dari struktur gedung tersebut, jadi dia rusak tetapi tidak roboh. Desain kita bs optimal. Kalo meminimalisasikan kerusakan kita bs buat elastis aja semua membernya tp bakal mahal banget. hehe..


Struktur di desain sesuai dengan kebutuhan gan.


INTINYA SEH SEMAKIN RINGAN SUATU BANGUNAN MAKA GAYA GEMPA AKAN SEMAKIN KECIL, keingetan rumus fisika F=M.A emoticon-Smilie
klo massa yang kita pakai ringan (semacam bambu atau kayu) atau kecil maka gaya yang akan diterima juga kecil, bener kagak?
liat aja design rumah orang jepang hehehehe. tp hati2 ma faktor angin ya, ntar di tiup melayang tuh rumah hehehehe
sip bro sharingnya....
tapi beban angin katanya masih kalah lebih besar dari pada beban gempa pada bangunan umumnya bro..
emoticon-Big Grin