Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gundalappAvatar border
TS
gundalapp
[tips & tricks] wordstar to usb
sebenernya tips dan tricks ini udah lama banget gw posting di tempat lain...dan gw ngerasa ada baiknya gw share disini juga...udah nyari software khususnya di internet, kalo pun ada susah digunakan

buat MOMOD kalo tidak berkenan, hapus aja emoticon-Frown

[size=+2]WORDSTAR TO USB[/size]

Di era yang serba canggih ini, masih saja ada kantor-kantor yang masih menggunakan program Wordstar (MS-DOS) pada Windows XP dalam pengetikan, yang hasilnya hanya dapat dicetak dengan printer dotmatrix (menggunakan port LPT atau PRN), terutama kantor-kantor notaris. Menurut mereka jika menggunakan kombinasi program Microsoft Word dan printer tinta (inkjet, deskjet) terjadi pemborosan tinta dan jumlah halaman yang dicetak tidak sesuai dengan yang diketik. Dan jika kombinasi Microsoft Word dan printer pita (dotmatrix) maka pencetakan akan memakan waktu lama.

Banyaknya penggunaan dan permintaan akan printer pita ini membuat produsennya memproduksi kembali printer jenis ini (terutama EPSON LX-300+ II) yang menggunakan port ganda (LPT & USB). Masalah akan timbul jika printer ini dikombinasikan dengan PC atau Laptop jaman sekarang yang hanya memiliki port USB. Mengapa? Karena program Wordstar hanya mengenal port PRN atau LPT, maka port manapun yang kita pakai pada sisi printer tidak akan berguna untuk pencetakan jika pada sisi PC atau Laptop tetap memakai port USB. Hal ini sudah gw coba dan buktiin ketika temen yang seorang Notaris mengalami masalah printing. Dengan menggunakan OS Windows XP, program Wordstar 2000, printer EPSON LX-300+ II, kabel konverter LPT->USB. Hasilnya gagal total! Solusinya adalah dengan menyiasati secara software dengan menjadikan printer Epson lo menjadi printer jaringan (network). Berikut solusinya berdasarkan hasil modifikasi sendiri dan penelusuran di internet.
Quote:

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, restart komputer, maka Wordstar dan Printer Dotmatrix siap berproduksi.
Spoiler for PRINTER GA NGE-PRINT:

[tips & tricks] wordstar to usb

SELAMAT MENCOBA!

emoticon-Shakehand2
0
14.2K
45
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan