hippo.techAvatar border
TS
hippo.tech
[RoR]Pengenalan Sedikit Tentang ROR (Ruby On Rails)
RUBY ON RAILS



Penjelasan Sedikit Tentang RAILS

1. Rails FrameWork


RailsMerupakan sebuah framework MVC untuk pengembangan aplikasi berbasis web. Rails ditulis menggunakan bahasa pemrograman Ruby yang dikenal sangat Object Oriented. Di dalam pengembangan aplikasi menggunakan Rails kita akan mengenal sebuah paradigma baru yang dikenal dengan convention cver configuration. Hal inilah yang membuat kita harus mengikuti segala sesuatu yang telah menjadi konvensi di dalam Rails. Misalnya, untuk penamaan tabel di database, Rails menentukan bahwa nama tabel haruslah kata benda
jamak dari nama model yang kita miliki. Sebagai contoh, jika kita memiliki model Article maka kita harus memiliki tabel articles di database. Tetapi, hal ini bisa saja tidak kita ikuti dengan konsekuensi kita harus melakukan konfigurasi secara manual untuk melakukan mapping dari model Article ke table articles di database.

2. Model, View, dan Controller (MVC)


Sebelumnya ane telah menyebut-nyebut nama MVC, namun sebenarnya apakah MVC itu?



ane lebih suka melihat model MVC dengan controller sebagai pusatnya karena hampir semua interaksi yang terjadi akan melalui controller. Bila dikaitkan dengan Rails, maka proses yang terjadi dalam model MVC secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Browser akan mengirim requestke controller.
  2. Controller akan meresponnya dan berkomunikasi dengan model. Komunikasi ini dapat berupa mengakses data, ataupun mengubah data yang disimpan oleh model. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua model harus berhubungan dengan database.
  3. Controller akan membuat view yang bersesuaian.
  4. Browser akan me-render view yang ada.


Sumber : http://ilmukomputer.org/2007/02/27/p...ruby-on-rails/

Buat agan" semua yang pernah kenal ato perna nyoba RoR ini Silahkan Post aja di Thread Ini, Kita Share Ilmu aja Tentang Rails disini...


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
nona212
bojonk80
bojonk80 dan nona212 memberi reputasi
2
23.4K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan