6236Avatar border
TS
6236
Sepuluh Suku Yang Hilang "YAHUDI"
Latar Belakang

12 Suku Israel
Menurut kitab suci Ibrani, Yakub mempunyai beberapa anak perempuan dan 12 anak laki-laki yaitu:

Leah : Reuben , Simeon , Levi , Judah , Issachar , Zebulun , Dinah(P)
Rachel : Joseph , Benjamin
Bilhah : Dan , Napthali
Zilpah : Gad , Asher
Ke-12 anak laki-laki ini menjadi bapak dari 12 suku Israel. Ketika Yakob membagi tanah Israel pada 12 suku ini, Suku Levi tidak mendapatkan bagiannya karena suku ini menjadi pendeta. Kemudian dalam perkembangannya suku Joseph digantikan oleh Suku Ephraim dan Manasseh (Yang merupakan anak dari Joseph dari istri Mesirnya yang bernama Asenath).

Suku Judah, Suku Simeon, dan Suku Benjamin bergabung membentuk kerajaan Yudea, yang dipercaya merupakan cikal bakal dari bangsa Yahudi yang hidup saat ini. Suku Levi yang memiliki tugas keagamaan sama sekali tidak memiliki tanah (hanya menguasai area kuil dan 6 kota sisa). Sedangkan suku lainnya (Reuben, Issachar, Zebulun, Dan, Naphtali, Gad, Asher, Ephraim, Manasseh Timur, dan Manasseh Barat) merupakan bagian dari Kerajaan Israel Utara yang nantinya dinyatakan sebagai suku hilang.

Kerajaan Israel Utara
Berdasarkan letak geografinya, 12 suku ini terbagi atas:

Suku Timur : Suku Judah, Suku Issachar, Suku Zebulun
Suku Selatan : Suku Reuben, Suku Simeon, Suku Gad
Suku Barat : Suku Ephraim, Suku Manasseh, Suku Benjamin
Suku Utara : Suku Dan, Suku Asher, Suku Naphtali
Setelah perang saudara di waktu pemerintahan Rehoboam, putra dari Raja Solomon, 10 suku melepaskan diri dari kerajaan utama dan membuat kerajaan sendiri yaitu Kerajaan Israel Utara. 10 Suku ini terdiri dari 9 suku (yang memiliki hak tanah) yaitu suku Zebulun, Issachar, Asher, Naphtali, Dan, Manasseh, Ephraim, Reuben dan Gad, dan beberapa anggota dari suku Levi yang tidak memiliki hak tanah. Suku Simeon tidak disebut sama sekali dalam Alkitab dan banyak yang percaya bahwa suku ini telah tercerai berai sejak kematian dari Jacob.

Yudea, Kerajaan Israel Selatan, beribukota di Jerusalem dan dipimpin oleh Raja Rehoboam. Kerajaan ini memiliki penduduk dari suku Judah and Benjamin (dan juga oleh beberapa anggota Levi dan Siemon yang masih tersisa).

Penaklukan Bangsa Asing
Pada tahun 721 SM, Samaria sebagai ibukota Kerajaan Israel Utara, diserbu oleh pasukan Asyur (Assyria) yang dipimpin oleh Shalmaneser V dan dilanjutkan oleh Sargon II. Dan satu tahun kemudian Samaria takluk dan dihancurkan. Akhirnya, penduduk Kerajaan Israel Utara yang merupakan 10 suku Israel diasingkan dan dibuang ke Khorason, yang sekarang merupakan bagian dari Iran Timur dan Afghanistan Barat. Suku-suku ini dpercaya oleh bangsa Yahudi saat ini telah hilang dari sejarah.

Perang pun terus berlanjut di timur tengah. Bangsa-bangsa kuat saling beradu satu sama lain memperebutkan kawasan Timur Tengah. Pada tahun 603SM, kekuasaan bangsa Asyur diganti oleh bangsa Babel (Babylonia). Di masa kekuasaan Babel, Kerajaan Selatan Yehuda jatuh, dan Jerusalem dihancurkan (587SM), dan berlangsunglah masa pembuangan di Babel. 50 tahun kemudian, 538SM, Kerajaan Persia merebut kekuasaan Babel. Sebagian suku Jehuda dan Benyamin diperkenankan untuk kembali ke Yudea. Namun sepuluh suku Israel lainnya ,penduduk Kerajaan Isreal Utara, tidak pernah kembali sebagaimana dua suku itu. Sehingga mereka dijuluki sebagai “Sepuluh Suku Israel Yang Hilang“ (The Ten Lost Tribes of Israel).


Khazar, Chazar (Rusia)
Kawasan yang dihuni orang-orang Khazar terletak di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia, diapit Ukraina dan Kazakhstan. Bangsa Khazar berasal dari suku kuno Turki -Mongol (Hun, atau Hsiungnu) yang beralih memeluk Judaisme dan berhasil membentuk Khazaria, kerajaan kuat di masa Abad-7 M hingga Abad-10 M. Orang-orang Yahudi Ashkenazi (Eropa Timur) adalah keturunan orang Khazar. Keberadaan dan kemajuan orang-orang Khazar mengindikasikan akulturasi Yahudi Diaspora (yang melek huruf dan berteknologi) dengan suku Turki-Mongol yang buta huruf dan bergaya-hidup nomad.


Pathans/Pasthun (Afghanistan-Pakistan)
Pathans menganggap diri mereka sebagai anak-anak Israel, meskipun mereka beragama Islam. Bangsa Pathans memiliki kemiripan dengan kebiasaan Israel kuno. Bangsa Pathans kini tinggal di perbatasan Afghanistan-Pakistan. Mereka disebut Afghans atau Pishtus menurut bahasanya. Di Afghanistan, jumlah mereka sekitar enam juta jiwa, dan di Pakistan sekitar tujuh hingga delapan juta jiwa dan dua juta jiwa lagi hidup seperti suku Baduy. Bukti-bukti yang menarik adalah beberapa nama suku-suku yang sama dengan suku-suku Israel seperti suku Harabni yakni Reuben, suku shinwari adalah Shimeon, suku Levani - Lewi, suku Daftani - Naftali, suku Jaji - Gad, suku Ashuri - Asher, suku Yusuf Su, anak-anak Yusuf, suku Afridi - Ephraim, dan seterusnya. Pasthun atau Pathans mengaku mempunyai hubungan dengan Kerajaan Israel kuno dari suku Benjamin dan keluarga Saul. Menurut tradisi, Saul mempunyai seorang anak, bernama Jeremia yang memiliki anak bernama Afghana.

Menurut Injil 2 Raja-raja, Tawarikh 1 dan 2, sepuluh suku Israel dibuang ke Halah, Havor, sungai Gozan dan kota-kota Maday. Beberapa kemiripan Tradisi Pathans dengan Israel kuno: memiliki sunat untuk anak laki-laki pada hari kedelapan, Patrilineal (Garis Bapak), menggunakan Talith (Jubah Doa) Tsitsit, pernikahan (Hupah), kebiasaan wanita (pembasuhan di sungai), pernikahan dari pihak keluarga ibu atau bapak (Yibum), Sangat menghormati bapak, larangan memakan daging kuda dan unta, Shabbat dengan menyiapkan 12 roti Hallah, menghidupkan lilin pada saat Shabbat, hari Yom Kippur, menyembuhkan penyakit dengan bantuan kitab Mazmur (menempatkan kitab Mazmur dibawah kepada pasien, nama-nama Ibrani di desa-desa dan menyebut nama Musa, dan menggunakan symbol bintang Daud. Mereka hidup sebagai suku-suku yang terpencar dan memiliki hokum tradisi yakni Pashtunwali atau hukum Pasthun yang mirip dengan hukum Torah. Pathans bertradisi pernikahan ipar, yang mengharuskan saudara laki-laki menikahi janda saudaranya yang meninggal tanpa keturunan, sama seperti Israel kuno (Ul 25:5-6). Pathans juga bertradisi mengorbankan kambing penebusan, sama seperti masa Israel kuno yang membebankan dosa seluruh bangsa pada domba yang diusir ke gurun dan disembelih (Im16).


bersambung
0
65.6K
303
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan