sulpAvatar border
TS
sulp
[SHARE] DISIKUSI BISNIS CLOTHING ONLINE di FJB KASKUS
thread ini juga bisa diakses melalui [url]www.distroclothing.kaskus.ws[/url]

Quote:





BISNIS CLOTHING ONLINE

Bisnis clothing online adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan mark-up yang bisa mencapai 100%, keuntungan yang bisa kita peroleh dapat dikatakan relatif besar. Sejauh ini kebanyakan kaskusers menjadikan ini sebagai bisnis sampingan. Dengan meluangkan waktu 2-4 jam rutin di tiap hari (sepulang kuliah atau kerja), kita bisa memaintain bisnis ini. Sebagai catatan penting, dengan melakukan bisnis clothing via online di awal kita langsung memotong cost untuk sewa tempat, pegawai, & distribusi karena kita bisa melakukan semua itu sendiri. *Tempat, kaskus menyediakan tempat yang dapat kita gunakan dengan gratis, tiss, tisss. **Pegawai, untuk permulaan menurut saya semua bisa ditangani sendiri. ***Distribusi, kita direct kepada pembeli kita tanpa melalui perantara (jadi, dijamin bebas dari pungli) emoticon-Big Grin

DAPUR BISNIS CLOTHING

Bagian2 yang akan saya bahas disini sesuai dengan pengalaman saya & yang akan saya share juga sesuai dengan pengalaman tsb. Untuk sederhananya, bagian pembentuk bisnis clothing:
1. Desain (desain pola / model & desain grafis)
"Saya ngga bisa desain om".Ini yang paling sering keluar kalo lagi ngomongin memulai bisnis clothing & saya cuma tersenyum lalu berkata (dalam hati).. "Perasaan desainer indonesia buanyak" Ya! Percayakan pada ahlinya. Kita bisa membeli desain dari desainer2 lokal yang berarti kita juga turut membantu pergerakan industri kreatif tanah air. & 1 hal : "Hargai sebuah karya dengan pantas!". Bukan tidak mungkin anda mendapatkan keuntungan puluhan juta rupiah hanya dari sebuah desain.

2. Spesifikasi material
Setelah dapat desain selanjutnya bikin preview untuk dipajang di thread, kita harus menuliskan spesifikasi desain dengan jelas. Bahannya apa, sablon jenis apa (kalau menggunakan sablon), ukuran (S M L XL XXL nya bagaimana), dll. Makin jelas, semakin baik. Intinya, karena konsumen kita tidak bisa melihat barangnya langsung maka kita harus membuat mereka mengerti apa yang akan mereka beli. Untuk spesifik material boleh ditanyakan di thread & untuk masalah sablon secara spesifik udah saya kasih linknya diatas.

3. Harga produksi
Harga produksi dari tiap2 vendor bermacam-macam dari yang murah sampai yang relatif mahal. Agak sulit menjelaskannya karena tiap2 vendor memiliki pertimbangan yang berbeda2 untuk harga produksi mereka. Sejauh pengamatan saya, vendor yang bisa memberi harga murah selalu ramai. Sekedar saran dari saya, jangan tergiur dengan harga yang murah. Hasil produksi akan berkorelasi langsung dengan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas, memberi anda peluang yang lebih besar lagi untuk kesempatan-kesempatan yang lain.

4. harga jual
Harga jual sepenuhnya keputusan anda. Setiap penentuan harga dari anda akan memberi efek yang berbeda-beda. Harga murah, bisa memberi kesan murahan. Harga mahal, bisa kena kata-kata “ngga kaskus banget harganya gan”. Tapi apapun yang calon buyer bilang, percayalah pada produk kita sendiri. Sederhananya, tentukan harga yang pantas dengan profit margin yang anda inginkan.


Spoiler for simulasi:

Untuk hal-hal yang lebih spesifik kita diskusikan di thread ini y. Sekali lagi, saya bukan ahli dalam bidang ini. Masih banyak yang mungkin lebih ahli dibandingkan saya, saya hanya ingin share kepada kaskusers apa yang saya alami kurang lebih selama setahun ini. Pengalaman yang saya dapat juga hampir sepenuhnya berawal dari kaskus. Dan dalam hal ini saya bukan memberi artian bisnis ini mudah. Setiap bisnis ada kesulitan & tantangan tersendiri, tapi bagaimana anda dapat berjuang melewati setiap prosesnya, itu yang terpenting.

jika ingin menghubungi Thread starter a.k.a sulp
langsung via email ke: shpaulop[at]gmail.com

emoticon-Angkat Beer


KLIK GAMBAR UNTUK KE THREAD DROPSHIP TS.
emoticon-Angkat Beer
grg.
grg. memberi reputasi
1
44.9K
2.3K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan