PhantomViva3Avatar border
TS
PhantomViva3
Hari ini, tepat 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin [Berlins Wall]


Mantan Kanselir Jerman Barat Helmut Kohl, mantan Presiden AS George Bush senior dan mantan Sekjen Partai Komunis Uni Soviet Gorbachev, mereka bertiga menyandang predikat cantik sebagai pemersatu Jerman. Pada 31 Oktober lalu Kohl (79), Bush senior (85) dan Gorbachev (78) sesuai undangan menghadiri aktivitas peringatan 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin dan unifikasi Jerman secara damai. Ketika tiga pentolan Jerman, AS dan Rusia tersebut muncul di Frederich City Palace Grand Theater – Berlin, seketika ruangan tersebut bergemuruh tepuk tangan yang gegap gempita.



Saat ini kebebasan berhembus di sisi timur tembok berlin dimana 20 tahun silam sekat ini dibuka



3 mantan pemimpin dunia yang sangat berperan dalam meruntuhkan tembok berlin Bush senior, Gorbacev dan Kohl

Kegiatan yang mengusung tema “Kemenangan Kebebasan” yang diselenggarakan oleh yayasan Adenauer dari partai CDU-Jerman. 1,800 peserta memadati ruangan diantaranya termasuk para tokoh VIP seperti Presiden Jerman Horst Kohler dan Kanselir Jerman Angela Merkel serta sejumlah menteri kabinet baru Jerman. Tiga sesepuh Kohl, Bush senior dan Gorbachev adalah para tokoh yang sepak terjangnya membuat gonjang ganjing percaturan politik dunia pada 20 tahun yang lalu.

Kohl adalah kanselir (sebutan untuk perdana menteri di Jerman) dengan masa pemerintahan terpanjang di Jerman, pada masa tugasnya ia telah menyelesaikan penyatuan kedua Jerman. Gorbachev pada saat menjabat sekjen partai komunis Uni Soviet telah melaksanakan reformasi dan pembaharuan pemikiran serta mengubah kebijakan campur tangan dengan kekerasan terhadap negara-negara Eropa Timur, sehingga berhasil mendorong runtuhnya Tembok Berlin. Peran Bush senior sebagai pendukung teguh dan pendorong penting pemersatuan Jerman Barat dan Timur.



Presiden Jerman Horst Kohler di dalam pidatonya menyatakan, pada 1989, rakyat yang mencintai kebebasan dan revolusi damai serta strategi memerintah dari ketiga sosok yang luar biasa pada saat itu, telah membukakan gerbang secara lebar-lebar bagi jutaan warga Jerman. Kohler mengatakan, “Atas nama seluruh warga Jerman, saya percaya, saya pun bisa mewakili segenap warga Eropa, dengan ini mengucapkan terima kasih kepada kalian.”

Reuni kali ini adalah pertemuan lanjutan dari 17 Juni 2005 yang lalu antara Kohl, Bush senior dan Gorbachev, dimana pada waktu itu mereka sebagai tokoh yang berjasa besar atas unifikasi Jerman telah menerima penghargaan Persatuan Jerman yang dinamakan “Checkpoint Alpha Ausschuss” oleh Komite Persatuan Jerman. Ketiga sesepuh tersebut sependapat bahwa persatuan Jerman adalah detik-detik membahagiakan di dalam sejarah umat manusia.



Sisi timur tembok berlin yang dulu memisahkan penduduk kota menjadi 2 sisi

Kohl yang terkesan renta berpidato sembari duduk di kursi rodanya. Sesudah terjatuh setahun yang lalu kanselir pemersatu Jerman ini tak kuasa lagi berdiri. Di dalam pidatonya ia menyatakan rasa terima kasih kepada kedua sahabat lama tersebut. Bersamaan itu ia menyatakan, (Runtuhnya Tembok Berlin dan Persatuan Jerman) adalah “Sang Pencipta telah membantu kita”. Akhirnya Kohl menyudahi pidatonya dengan kalimat: “Tiada hal yang membuat saya lebih bangga selain kesatuan Jerman.” Epoch Times

Kegiatan peringatan 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin sudah dilangsungkan di seluruh daerah Jerman. Pada 9 November nanti hari runtuhnya Tembok Berlin, kegiatan perayaan akan mencapai puncaknya. Pada saat itu akan digelar pertunjukan robohnya 1,000 lempeng domino secara berurutan yang melambangkan robohnya Tembok Berlin telah menyebabkan keruntuhan total kubu sosialis Eropa Timur.







UPDATE !!

ane punya foto perbandingan tembok berlin dulu sama sekarang nih gan.

Spoiler for 1:


Spoiler for 2:

Spoiler for 3:


semoga bermanfaat emoticon-Big Grin

Spoiler for mampir gan:




Spoiler for sori banget kalo ane:


Spoiler for jangan di:


Spoiler for mending kasih:


di rate juga boleh.
0
5.7K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan