CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
[Diskusi] Masalah Umum Xenology
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000880105/diskusi-masalah-umum-xenology

[Reborn] Xenology....

Tampilkan isi Thread
Halaman 102 dari 238
Quote:


*memperjelas sesuatu sebelum "kembali ke jalur yang benar"*

ya kalau celaan personal dengan mengatasnamakan posisi seseorang (target celaan) sebagai umat beragama tertentu ya sama aja emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin ("sori aje, agama gw ngajarin begini, begono, dsb. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin", kan secara ga langsung ngatain agama orang yang satunya kan? apalagi kalau beda emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin).

yang pasti kita maunya enjoy2 aja, tau sendiri "tiba2" itu dimulai oleh siapa kan? emoticon-Smilie

*silahkan kembalikan ke jalur yang benar, ane ikut emoticon-Big Grin*
Quote:


Quote:


*ikutan ke jalur yang benar emoticon-Big Grin*

untuk global flood, sebenarnya kalau ditelisik ke beberapa peradaban, banyak yang kelihatannya punya riwayat banjir besar, dan tokoh2 seperti Nabi Nuh/Noah. kalau ga salah di daerah Polinesia sana juga ada riwayat seperti ini, dan tokohnya namanya mirip dengan Nabi Nuh/Noah. CMIIW ya

dan untuk ketidaaan pelangi.... gw pernah baca tentang masa antediluvian, yang patokannya konon adalah sebelum banjir besar.... kalau ga salah di sini juga gw bacanya emoticon-Amazed, dalam eksposisi tentang antediluvian, dikatakan bahwa pada waktu itu "bumi belum berawan".... yang ada adalah sejenis "uap" yang keluar dari "corong2 di bumi" yang mengaliri dunia. CMIIW lagi ya.

emoticon-Confused:
Quote:


Semitic= Nabi Nuh
Sumerian/Akkadian/Babylonian=Ziusudra/Atrahasis/Uthinapasim
Greco-Roman=Deuklipos


Kalau di asia timur, Kisah banjir besar ini juga ada tetapi tidak bikin perahu. Da Yu selaam 10 thn berusaha mengendalikan banjir besar yang terus meninggi sampai menutupi seluruh bumi.

Banjir ini disebabkan karena ada nya kebocoran pada lapisan di Langit sehingga sungai Jiang mengalir kebumi dan menimbulkan bencana. Dewi yang memperbaiki kebocoran dilangit adalah Nu Wa, dia pergi ke ujung alam semesta mencari batu 5 warna dan kemudian meleburnya dan menambal Langit. Sisa dari batu itu jatuh ke bumi dan selama 5.000 thn menyerap Energi langit dan bumi dan dari sinilah lahir legenda mengenai seekor kera sakti yg membuat kekacauan dilangit dan bumi.

Di India ada legenda mengenai Matsya.

Dikisahkan Para Dewata yang sudah muak dengan kejahatan dimuka bumi akan menghancurkan dunia dengan banjir besar. Wisnu sebagai pemelihara alam semesta kemudian mencoba mencari manusia yang masih layak diselamatkan. Dia menjelma menjadi seekor ikan dan kemudian diselamatkan oleh seorang manusia yang bernama manu. Manu kemudian diberitahukan untuk membangun perahu besar karena banjir akan menenggelamkan dunia.

Masih banyak lagi legenda yang sama di kebudayaan yang benar2x terpisah dari benua Eropa atau asia seperti di benua amerika dan aborigin di Australia.
Quote:


mungkin bukan Uthinapasim kali ya, tapi Ut Napishtim, kecuali yang momod tulis adalah variasi dari nama yang sama dari dialek yang berbeda dari salah satu bangsa penghuni kawasan tersebut. dan soal Ut Napishtim ini, bukannya kalau ga salah, posisinya dia di Epos Gilgamesh adalah sebagai orang yang memberi tahu Gilgamesh tentang kejadian banjir besar sebelum era doi? bukannya "pelaku" kabur dari banjir besar itu sendiri seperti Nabi Nuh?

oh ya, Deuklipos = Deucalion-kah? emoticon-Confused:
@orthanc
tepatnya bukan bumi belum berawan
tapi mungkin bumi sebelum jaman Nuh,belum pernah hujan kali ya
toh pelangi itu efek pembiasan cahaya dari warna putih(dimana warna putih itu sendiri mengandung banyak warna) nya air kan emoticon-Big Grin

tp tetep yg masih jadi tanda tanya besar,kalo time frame legenda2 banjir itu beda2,tempatnya beda2 pula,ada banyak perahu besar dong ya

soalnya kalo menganut teori dulu pda tinggal di 1 tempat dan akhirnya dikasih banjir besar,tentunya YANG SELAMAT cuma "secuil" dong?
nah masak dari yg selamat,crita nya bisa berbeda banget 1 sama lain ya

atau karena mereka itu GA MENGALAMI banjir tersebut kah?
jadinya cuma denger cerita yg uda turun temurun aja emoticon-Smilie
dan akibatnya ya uda tambah jauh aja crita nya 1 sama lain,dengan inti yg sama
-"Yg Di Atas" marah
-banjir besar
-ada yang selamat,karena disuruh bikin perahu besar
CMIIW emoticon-Ngacir
Quote:


sebuat teori yang menarik emoticon-Smilie

tp gw teringat film knowing, disitu diceritakan ada sepasang anak yang diselamatkan oleh ... (kl gw sebut ntar spoiler dong ;p)

nyatanya, ngak cuma mereka doang tp ada beberapa pasang yg diselamatkan.

jadi bisa juga kalau bah ini terjadi pada 1 timeline dan ada banyak orang yg seperti nuh dari negara2 lain, apa lagi mengingat jaman dulu negara ngak sebanyak sekarang CMIIW
Quote:


mengenai penjelasan gw tentang antediluvian, bisa dibaca di WIKI, berikut kutipan mengenai "ketiadaan awan", dan Antediluvian sebagai "masa sebelum banjir besar"

Spoiler for Wiki memang tidak selalu benar, tapi at least ini bisa jadi referensi, mo didebat boleh:


bisa juga kejadiannya memang cuma 1 (Nuh), tapi diriwayatkan oleh berbagai bangsa, yang mendapat input dari sumber yang sama yang juga larinya bisa ke arah hubungan antar peradaban di tempat2 yang berjauhan. Uniknya kesamaan ini bersifat global, terlepas dari keakurasian ceritanya. tapi kalau memang kejadiannya cuma 1, bisa jadi Nabi Nuh bukan berasal dari kawasan yang diketahui sekarang beliau berasal.

Meskipun demikian, Hal ini selain menandakan adanya fenomena global yang dicatat di sini, ada yang menarik, yaitu bahwa walau Manusia yang selamat cuma secuil, tapi persebaran mereka mungkin jauh sekali, terutama jika daya tahan dan fitur fisiologis mereka berbeda jauh dari sekarang, sehingga sanggup bertahan dalam kerasnya lingkungan yang sudah berubah dan berjalan jauh. bisa jadi kan? CMIIW.

btw, ternyata memang ada thread tentang masa antediluvian:

http://www.kaskus.co.id/showthread.p...t=antediluvian
Quote:

gua pernah nonton di metro tivi tntg teori penciptaan bumi dalam 24 jam(24jam=100%)
nah air itu asalnya dr meteor2 yg jatuh ke bumi ngehantam gunung2 berapi saat itu
dan meteor2 itu mengandung air di dalamnya emoticon-Hammer
Quote:



mod nyang gw mo tanyain diantara kisah kisah banjir besar ntu menurut perkiraan nyang usianye paling tuwak nyang mane ?

mungkinkah kisah banjir besar disebarkan oleh orang orang nyang bersama nabi nuh ngikut di prahu ?


soalnya pan kebiasaan tuh kalo kapal nyender kitenye jalan jalan di sekitar pelabuhan ... emoticon-Big Grin
kalo soal banjir besar, saya lebih setuju ke pendapat yg menyatakan bahwa moyang2 mereka dulunya berada di perahu-nya Nuh tsb.. trus abis banjir reda, mereka mencar2 deh.. dan kemudian mereka menceritakan kejadian tersebut ke anak cucu mereka..

OOT : pantesan ni thread halamannya maju rada cepet dr biasanya, tnyt ada perdebatan toh.. hehehe..
Quote:


Kebudayaan Sumeria/Akkadia/Babylonian memiliki kisah ini dijaman Gilgamesh berarti mempertimbangkan bahwa Gilgames adalah Khan ke 5 dari Uruk berarti dia memerintah sekitar thn 2700 SM

Kisah Du Yu itu adalah kisah pendirian Dinasti Xia berdasarkan sejarah yang ditulis oleh dinasti Zhou dan kemudian di tulis ulang oleh dinasti Han dan kemudian ditulis ulang oleh Dinasti Tang dan kemudian dinasti Ming.

Berdasarkan catatan2x sejarah tiap dinasti, kapan Dinasti Xia berdiri itu berbeda2x (Ini disebabkan Sejarahwan Cina tidak menggunakan penanggalan yang pasti dan baku tetapi menulis penanggalan dengan cara seperti ini "Hari ke 3 dibulan ke 4 tahun ke 14 masa jian ning" dan setiap ganti kaisar atau dinasti umumnya kalendernya diganti lagi) . Tetapi sejarahwan mengambil kesepatakan untuk menetapkan bahwa Dinasti Xia berdiri sektiar thn 2100 SM

Cerita mengenai Manu di India itu mengisahkan kehidupan dibawah pemerintahan kerajaan dinasti Kholaka yang diperkirakan berasal dari thn 3000 SM (kata2 dalam translatenya mengatakan bahwa manu merupakan raja yang hidup sekitar 2 juta thn yang lalu sebelum jaman Rama jadi para sejarahwan hanya mengira2x berdasarkan penulisan kisah dan keterangan kehidupan dimasa itu saja seperti penggunaan alat2x logam, dsbnya.)

Untuk kasus2x yang laen gak ada penanggalan yang jelas.
cerita Manu yang di india itu bukannya bukan cuma cerita 1 raja aja.

dimana dikatakan Manu merupakan sebutan kepada pimpinan pada suatu zaman, yang katanya total ada 14 jaman jadi ada sekitar 14 manu?

dimana datangnya matsya atau manifestasi wisnu dalam bentuk ikan uantuk menyelamatkan manusia dari banjir menghampiri manu tersebut adalah menghampiri manu yang ke 7.

tapi yang bikin bingung.. manu ke 7 disebutkan sebagai manu jaman sekrang. jadi kalo dilihat dari cerita tersebut waiwasta manu atau manu jaman sekrang adalah raja penyelamat manusia dari air bah. tapi disebutkan juga matsya keluar pada jaman manusia dekat dengan tuhan?
Quote:



Orang Hindu percaya tentang kehidupan yang Siklik, jadi bentuknya seperti roda. Mereka menyebutnya dengan kata YUGA.

Mereka membagi jaman2x kendalam beberapa bagian. Menurut mereka ada 12.000 thn kejatuhan dan 12.000 thn kebangkitan. Setiap siklus akan menciptakan peradaban baru dan manusia yang baru.

Jaman yang kita diamin sekarang disebut jaman Kali Yuga atau Jaman kemaksiatan dan berada pada bagian roda yang paling bawah.

Jaman yang paling dekat dengan Tuhan atau jaman dimana tingkatan spritualitas kehidupan paling tinggi adalah jaman Satya-Yuga.

Kebetulan Siklus Yuga ini sebanding dengan penelitian yg menunjukan bahwa bumi mengalami masa Pemansan dan pendinginan setiap 13.000 thn sekali. Diperkirakan bahwa Masa Es terakhir berakhir pada Thn 13.000 SM setelah itu bumi memanas.

Dari hasil peneltian terhadap lapisan es dikutub ditemukan bahwa setidaknya Es dikutub telah mengalami 4 x masa ini atau rentang waktu 100.000 thn.

And Believe it or not, tempat dikutub yang sekarang tertutup es itu dahulunya pernah menjadi sebuah padang rumput yg hijau.
Nah itu dia..

Matsya kan datang pada satya yuga untuk memperingatkan manu ke 7 dimana manu ke 7 adalah jaman sekarang. Sedangkan jaman sekarang adalah jaman maksiat?

Apa dalam satu periode manu terjadi beberapa kali perputaran yuga?
Quote:


Waduh, ditinggal seminggu udah panas begini emoticon-Big Grin.

Contoh real time travel adalah astronot yang tinggal di stasiun luar angkasa selama beberapa tahun. Ada toh buktinya emoticon-Smilie. Lanjut... emoticon-Big Grin.
Quote:



mod gw rikues lagi tentang sejarah manu dari india beserta kexenologiannya.

seru tuh kayaknya mod

baru denger gw


daripade atlantis2an mulu ... emoticon-Big Grin

dah mandeg gw dengerin atlantis lagi atlantis lagi ... emoticon-Big Grin


kalo lagi sebuk ... emoticon-Big Grin yahhh ... bisa kapan kapan lahhh ... emoticon-Big Grin
Kok tiba2 berhenti sih pembahasannya D:.
wih bentar ga maen kesini.. emoticon-Embarrassment

kok jadi sepi lagi emoticon-Frown
Quote:


nah itu dia.. ikutan request juga ah..

india itu sangat menarik untuk dipelajari..
Quote:


oh ya?? lo bisa PM gue kalau lo mau tanya pertanyaan yang memang ga bisa dijawab oleh guru sekolah minggu lo, I'll be gladly to help you to answer the questions,...emoticon-Big Grin
Halaman 102 dari 238


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di