KratosedoAvatar border
TS
Kratosedo
Interview with Andrew Darwis of kaskus.co.id ..
Andrew ‘Kaskus’ Darwis: on interview




17 Agustus 2008 Kaskus berubah orientasi. Saya dapat kesempatan berbicang dengan pendiri Kaskus, Andrew Darwis. Sayang sosok godfather di dunia maya ini gelagapan kalau diajak ngobrol face to face. Akhirnya saya ngobrol dengan via email. Berikut petikannya:


Seputar kaskus:

Quote:


Maksudnya gw bukan sebagai pendiri IndoCampus, tapi kapasitasnya waktu itu hanya sebagai anggota forum IndoCampus. Karena saat itu komunitas untuk pelajar Indonesia di luar negeri yang gw tau cuman IndoCampus dan lumayan terkenal saat itu. Hampir seluruh mahasiswa yang lanjutin study di luar pasti tau tuh website.

Quote:


Bukan muak sih, tapi merasa terkekang aja… Kan salah satu yang bikin seru di Internet itu lo jadi bisa mengekspresikan diri lo sebebas-bebasnya. Karena semua orang itu pada dasarnya pengen bersuara dan didenger.

Kaskus dibuat dengan dasar itu “Freedom of Speech”, karena FOS itu merupakan hak asasi setiap orang. Dan gak ada satu orang pun di dunia yang berhak untuk melarang orang bersuara dan berpendapat.


Quote:

Yah sebenernya kita bertiga itu boleh di bilang cukup beruntung yah.. bisa di biayain sekolah ke luar negeri. Kalo dari biaya sendiri sih kayaknya gak mungkin, karena lumayan mahal. Apalagi jaman tahun 2000-an itu pas dollar masih mahal-mahalnya.

Tapi yang penting semuanya udah balik Indo, jadi bener-bener ke sana untuk belajar terus bawa balik ilmunya ke Indo.. itu kan yang idealnya…. Belajar di negeri orang.. bawa balik ilmunya ke negeri sendiri.

Quote:


Pertama launch Kaskus itu gak ada yg tau.. paling untuk kalangan temen-temen aja.. dimulai dari cuman 15 orang.. terus berkembang sampe sekarang ini 638.586 orang.

Tanggapannya cukup baik, Kaskus sangat di kenal sebagai komunitas yang bebas bersuara… ini yang membedakan Kaskus dengan forum-forum lainnya. Forum-forum laen moderatornya galak-galak… salah sedikit di omelin , di banned dll.. Kalo di Kaskus gw selalu tekankan ke moderator kalo ke user itu jangan galak-galak, tapi kadang malah ada beberapa user yg di baekin malah jadi bikin keki moderator.


Quote:

Pertumbuhan kaskus di awal-awal itu lumayan lambat sih…. Awalnya yang seminggu paling nambah 2-3 member baru… sekarang Kaskus bisa ada 500-1000 member baru setiap harinya.
Sekarang setiap 3 bulan kita harus nambah server buat ngimbangin jumlah user yang bertambah dengan kapasitas server kaskus.

Kita beruntung banget karena sejak awal gak pernah mengeluarkan biaya promosi satu sen pun, kita cuman dari mouth-to-mouth aja… Biasa orang yang baru gabung sama Kaskus awal-awal bingung. Tapi setelah beberapa kali dateng baru mulai tau seberapa powerfull-nya Kaskus.

Satu contoh yang bikin kagum yah itu, anak-anak di forum otomotif Kaskus.

Pernah ada satu Kaskusers yang punya mobil antik, pas suatu hari dia mau benerin mesin mobilnya. Jadi dia otak atik / bongkar itu mobil… pas mau pasang balik gak bisa… nah loh kalo mobil antik kaya gitu.. mana ada buku manualnya… nih kaskusers gak kehabisan akal.. dia nanya ke komunitas otomotif di Kaskus. Gak lama setelah dia posting pertanyaanya, ada kaskusers lain yang ngejawab lengkap dengan poto mesin mobil dia, bahkan sampai di photonya itu di kasih tulisan supaya si penanya gak bingung.

Kaskus itu boleh di bilang Komunitasnya sangat aktif dan seneng bantu sesama kaskusers. Kalau punya pertanyaan apa pun pasti ada yg jawab dalam hitungan menit.

Quote:


Begini, komunitas kaskus / komunitas apa aja yang baru mulai kan pasti isinya kosong (gak ada isinya) jadi pada saat itu ada beberapa kaskusers mampir ke forum indocampus, dan mereka disana mungkin ngajak anggota Indocampus untuk bergabung di Kaskus. Jadi hal itu yang sempet bikin hubungan Kaskus dengan Indocampus agak gak harmonis saat itu.. (istilahnya ngebajak member) tapi akhirnya kita sempet teleponan sama anak-anak yang ngurus IndoCampus untuk menyelesaikan masalahnya.

Quote:


gak lama sih.. begitu ada masalah.., kita langsung teleponan terus kelar juga hari itu…

Quote:


Gak juga sih, sejak awal Kaskus udah punya banyak category menarik lainnya, seperti sports, kesehatan, lifestyle, dll.
Untuk pembentukan category / group baru biasa kita melakukan survey dulu.. kita liat berapa banyak peminatnya dan berapa serius, sekarang ini sudah terbentuk lebih dari 50 category yang terdapat di FORUM dan JUAL BELI, dan akan terus dikembangkan dan digarap biar ******ernya nambah cinta sama kaskus.


Quote:

Sebenernya Budy & Ronald bukan menyerah. Bahkan mereka sampai sekarang masih kaskusers, tapi Emang awal-awal kaskus itu kan gak ada income sama sekali dan mereka berdua itu anak jurusan business. Beda dengan saya. Kalo saya kan emang hobi jadi kalo gak menghasilkan duit yah gak apa-apa yang penting seneng.. lain kalo investor / business man.. mereka kan harus liat kapan balik modal dan profit… Semua investor kalo liat perusahaan atau produk dia gak laku-laku selama 3 tahun yah pasti stress dong… harus cari usaha lain dan move on.

Quote:

Gw sempet kerja di Amrik setelah lulus kuliah sebagai web developer selama 4 tahun.
Kerjanya untuk perusahaan local Seattle, bikin website untuk perusahaan fast food yang lumayan terkenal. Kemudian kerja di Lyrics.com sebagai web developer juga.


Quote:


Gak ada alokasi dana atau budget plan sih di Kaskus selama 8 tahun ini, karena sejak awal kan di buat sebagai hobby jadi yah berapa pun biaya yang harus di keluarkan untuk Kaskus, pasti di keluarin.

Quote:


Lumayan berat sih… ratusan ribu member pasti punya banyak problem/keinginan/pertanyaan yg berbeda-beda. Mulai dari password hilang, gak nerima kode aktivasi, dll… jadi setiap pulang kerja biasa yah pasti langsung di depan computer lagi.

Untuk masalah forum category, kita punya 38 moderator yang memonitor thread di Kaskus.
Mereka bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban di setiap section, biasa kalo ada masalah baru kita diskusikan bareng.

Quote:


Internet di Indonesia boleh di bilang lagi berkembang pesat banget di Indonesia. Jadi ini merupakan moment yang tepat buat Kaskus. Dan selain itu juga pas S2 nya baru kelar.. Jadi yah timingnya lagi tepat aja.


Continue to post #2...
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
31.5K
1.3K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan