CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Mamalia /
islam dan anjing
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001306052/islam-dan-anjing

islam dan anjing

Ditulis pada Maret 25, 2008 oleh rusdi mathari

Dalam Islam banyak cerita tentang anjing. Nabi bahkan pernah memberikan minum seekor anjing dengan alas kakinya (sepatu). Di Jepang seekor anjing ikut berdoa di sebuah kuil.
Oleh Rusdi Mathari
ANJING itu terlihat merapatkan telapak kedua kaki depannya dan mengangkatnya hingga mendekati hidung, mirip dengan orang yang memberikan salam sungkem ala Jawa. Namun Conan, nama anjing itu, bukan berasal dari Jawa. Ia adalah anjing milik Joei Yoshikuni, seorang rahib di Jepang dan ia tidak sedang melaksanakan salam sungkem melainkan ikut “berdoa” di kuil Jigenim.
Menurut Yoshikuni awalnya dia ingin Conan melakukan meditasi dan dalam beberapa hari Conan sudah bisa meniru gerakan orang berdoa di kuil, meskipun tidak bisa duduk bersila. “Dia mungkin memperlihatkan rasa terima kasih karena diberi makanan dan diajak jalan,” kata Yoshikuni (lihat “Anjing Ikut ‘Berdoa’ di Kuil Jepang,” BBC.com, 25 Maret 2008).
Seperti halnya lumba-lumba dan kera, anjing memang termasuk binatang pintar. Tingkat kecerdasan anjing bergantung pada ras dan masing-masing anjing secara individu. Anjing ras border collie terkenal dapat mematuhi dan menjalankan berbagai macam perintah. Anjing ras lain mungkin tidak tertarik untuk menuruti perintah manusia, tapi lebih suka menunjukkan kepintaran dalam soal mencuri makanan atau kabur dari halaman berpagar.
Asal-usul anjing sebagai keturunan serigala yang hidup berkelompok membuat anjing jadi lebih mudah dilatih dibandingkan hewan lain. Sebagai anggota kelompok, anjing mempunyai naluri untuk patuh. Sebagian besar anjing memang sering tidak perlu berurusan dengan tugas yang rumit-rumit, sehingga tidak ada kesempatan belajar hal-hal yang sulit seperti membuka pintu tanpa bantuan manusia. Anjing yang sudah dilatih sebagai anjing penuntun bagi tuna netra dapat mengenali berbagai macam keadaan bahaya dan cara menghindar dari keadaan tersebut.
Suatu hari sampailah Abdullah bin Jaafar bin Abi Talib di sebuah kebun kurma dan berhenti untuk beristirahat. Di tempat itu Abdullah bertemu dengan lelaki berkulit hitam, penjaga kebun kurma yang mengeluarkan bekal makanan berupa tiga potong roti. Tiba-tiba seekor anjing datang menghampiri penjaga kebun itu dengan lidah terjulur sembari sesekali menyalak.
Melihat itu, penjaga kebun lalu melempar sepotong roti ke arah si anjing dan anjing itu langsung melahapnya. Ketika roti itu habis, anjing tadi masih menjulurkan lidah dan si penjaga kebun kembali melempar sepotong rotinya kemudian kembali dimakan oleh si anjing. Kejadian itu berlangsung terus, hingga roti ketiga milik si penjaga habis.
Abdullah yang sejak tadi berdiri memperhatikan kejadian itu terpana. Dia mendekati penjaga kebun lalu bertanya,” “Wahai anakku, berapa banyakkah makananmu sehari di tempat ini?”
“Tiga potong saja yang kesemuanya telah dimakan anjing tadi,” jawab si hamba.
“Mengapa engkau berikan semua kepada anjing itu? Dan engkau sendiri akan makan apa?” tanya Abdullah.
“Wahai tuan. Tempat ini bukanlah kawasan anjing. Jadi aku yakin dia datang dari tempat yang jauh, sedang bermusafir dan tentu dia sangat lapar. Sedang aku sendiri, biarlah tidak makan hari ini sehingga esok.”
Mendengar itu, Abdullah berseru, “Subhanallah. Engkau begitu mulia.”
Abdullah adalah putra Jaafar bin Abi Talib. Nabi membaiat Abdullah ketika dia baru berumur 7 tahun. Pada masanya dia dikenal sebagai orang dermawan dan seluruh hartanya hanya dihabiskan untuk disedekahkan kepada kaum tak mampu. Namun seorang penjaga kebun dan seekor anjing telah memberikan pelajaran baru bagi Abdullah. Dia lantas membeli seluruh kebun anggur itu dan memberikan seluruhnya ke si penjaga kebun.
Dalam Islam banyak cerita tentang anjing. Diceritakan di dalam Al Kahfi seekor anjing telah dijamin oleh Allah untuk masuk surga karena setia menjaga tuan mereka. Nabi Muhammad saw. menceritakan kepada para sahabat kisah seorang pelacur yang akan menjadi penghuni surga hanya karena pernah memberikan minum seekor anjing yang menjelang mati. Namun kebanyakan orang Islam selalu menghindari anjing karena dianggap sebagai binatang najis meskipun yang dimaksud najis hanyalah air liurnya. Nabi sendiri bahkan pernah memberikan minum seekor anjing dengan alas kakinya (sepatu).

http://rusdimathari.wordpress.com/20...seekor-anjing/
profile-picture
tata604 memberi reputasi
Halaman 1 dari 99
maksud dari copasnya apa nih?
anjing emang mahluk aneh. anjing gw, ngelakuin puasa Senin - Kamis.
Percayalah, karena gak ada untungnya juga gw boong.
iya gan... bingung juga kenapa anjing suka di sebut haramm..??
weks, aku makan daging anjing biasa aja tuh, larangan agama tetap ada...tp itu bkn masalah...
nice inpo gan...,
Quote:


sama gan...
tull2,
bokap gw pernah cerita, dulu waktu masih tinggal di kampungny di daerah jawatimur, disono isinya orang2 islam abangan, penduduk disana kalo liat anjing pasti langsung dilemparin, dan g ada yg ngerasa bersalah soalnya semua penduduk jg ngelakuin itu, termasuk bokap gw dulu, aneh y . .

bokap gw juga baru sadar kalo tindakannya salah pas udah kluar dari sono emoticon-Big Grin
terus kenapa haram?
kenapa najis
gw pengen melihara anjing cuma itu doang kendalanya
yg haram mah orgnya bkn anjingnya emoticon-Angkat Beer
hum simak neh...
untung gw vegetarian emoticon-Big Grin
no offence bukan maksud apa2, tetapi di Turki mayoritas muslim tetapi hampir semuanya pelihara anjing.
Spoiler for Info aJa:
emoticon-Angkat Beer
anjing ???


islam dan anjing
anjing diharamkan karena liur nya....

apa2 yang dinajisnya biasanya juga di haramkan untuk dimakan...

beberapa hal mengapa mengapa di najiskan,

1. pertama aspek ritual dalam agama yang sudah memang perintah
2. medis, banyak hal ttg liur anjing terutama mikroba halus dan bibit Echinococcosi, itu yang selama ini saya tau dari liur anjing yang dapat bersemayam dalam paru2 manusia. Mediatornya liur anjing. Mengapa harus di basuh tanah 7 kali dalam prosesnya soalnya di tanah yang bersih mengandung tetracycline dan tetarolite. Walaupun demikian tidak semua anjing memiliki bibit ini biasanya anjing liar... tapi tidak dipungkiri anjing peliharaan pun mudah terkena.

tapi saya sangat prihatin deh, di agama secara aspek ritual dilarang memakan anjing tapi tetap saja dilakukan...

so far hanya ini yang saya tahu dari berita terkait...
untung w ga ada larangan apapun n ga ada pantangan apapun terhadap anjing.. bagi w, anjing itu sahabat w yg paling setia.. n w cinta bgd ma anjing.. ga ada yg najis dr anjing <anjing ito buad dsayang, bkn wad dmakan>..
sowie low nie cm pendapat dr w pribadi aja..
gw islam jg,,gw piara anjing kok 2 ekor,,hahah
Masi ga ngeh knp anjing dianggap haram oleh Islam??

@pit bull : nice Bro...
Quote:


tak usah trlalu ngeh, kalo kau dah suka ama yg namanya daging pasti smuanya pengen coba, dan daging anjing lebih cocok tuh makannya dipegunungan...
aku ama teman2 yg sering kampping biasanya bawa kepegunungan...dagingnya bisa tahan lama lg...dan skali santap tetap enak...
tp ada beberapa yg suka daging kucing dan tikus...termasuk aku...
Halaman 1 dari 99


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di