kiyomizuAvatar border
TS
kiyomizu
[Kitab] Al Hikam Petuah-Petuah Agung Sang Guru

Al Hikam Petuah-Petuah Agung Sang Guru

Syaikh ibn 'Atha'ilah as-Sakandari



[1] Bersandar Diri Hanya Kepada Allah
"Salah satu tanda bergantungnya seseorang kepada amalnya adalah kurangnya raja'(harapan terhadap rahmat Allah) tatkala ia mengalami kegagalan(dosa)"


Penjelasan:


Guna meraih keridhaan Allah Ta'ala, seseorang muslim diwajibkan untuk beramal. Tapi dalam waktu yg bersamaan diwajibkan pula pada kita untuk tidak menyandarkan diri kepada amal itu semata. Semua ini dimaksudkan agar dapat sampai kpd keridhaan-Nya. Karena, betapun seorang Muslim itu telah melakukan suatu amalan, ia tidak akan pernah mampu untuk menunaikan apa yg menjadi 'hak Allah' secara utuh. Jug, ia tidak akan mungkin mampu melakukan seluruh kewajiban secara sempurna sebagai bentuk rasa syukur kepada-Nya.

Oleh karena itu saang guru berkata, bahwa salah satu tanda seseorang menyandarkan diri kepada kekuatan amalnya semata adalah kurangnya raja' (harapan terhadap rahmat Allah Ta'ala) ketika dia melakukan dosa, atau tidak tercapainya tujuan.

Ini sesuai dengan sabda Nabi Shalallahu 'Alaihi wa Sallam.
"Berlakulah kalian setepat dan secermat mungkin. Sebab ketahuilah bahwa amal seseorang dari kalian tidak akan memasukkannya ke dalam surga"

Mereka para sahabat bertanya, 'lalu bagaimana dengan Anda, wahai Rasulullah?'

Beliau menjawab, '"Aku juga, hanya saja Allah meliputiku dengan ampunan dan kasih sayang (rahmat)-Nya"'(Diriwayatkan oleh enam imam hadits)

Allah Ta'ala berfirman:
"Ini merupakan karunia Rabbku untuk mengujiku, apakah aku bersyukur atau justru mengingkari (nikmat2-Nya). Barang siapa bersyukur, maka sesungguhnya ia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri. Dan barang siapa ingkar, maka sesungguhnya Rabbku Mahakaya lagi Mahamulia"
an-Naml:40
rotten7070
nona212
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
66.1K
393
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan