JS.Nab172 bis (Jud-Ar. No. 2) Kode: JS.Nab172 bis Lokasi: Hegra (Mada'in Shalih, Arab Saudi) Tahun: Abad 1 M Aksara: Nabatean (non-cursive) Bahasa: Nabatean Aram. Jenis: Segel/meterai Teks: ‎ð¢’‎ð¢•‎ð¢ð¢ð¢â€Žð¢…ð¢•ð¢‡ð¢”ð¢â€Žð¢ƒâ€Žð¢’ mns’ br ntn slm "Menasse bar N...
JS.Nab4 (Jud-Ar. No. 1) Kode: JS.Nab4 (CIS 2.219) Lokasi: Hegra (Mada'in Shalih, Arab Saudi) Tahun: 42/43 M Aksara: Nabatean (semi-cursive) Bahasa: Nabatean Aram. Jenis: Tugu Makam / Nisan Teks: ð¢ˆð¢—ð¢®ð¢ ð¢ˆð¢—ð¢ð¢•ð¢â€Žð¢ˆâ€Žâ€Žð¢¬ð¢†â€Žð¢—ð¢€ð¢…‎‎‎‎ð©²ð¢ ©ð¢©...
AKSARA DAN BAHASA KUNO PRASASTI-PRASASTI YAHUDI DI JAZIRAH ARAB Bab ini hanya merangkum daftar prasasti yang ditulis komunitas Yahudi liar di Jazirah Arab pra-Islam. Pada bab ini, kita akan menggunakan pedoman transliterasi Hans Wehr tanpa vokal. Prasasti-prasasti yang ditemukan di Jazirah Arab i...
mardianah kalo dari sisi subyeknya (yang mengaku nabi), itu pengalaman batin dia. sifatnya pribadi. kalo dari sisi obyeknya, mereka euforia. euforia akhir zaman. jadi, yang dimaksud trend di sini adalah fenomena sosial yang sama gejalanya. ada semacam perasaan kolektif bahwa dunia akan segera bera
mardianah tidak semua tradisi itu pasti salah lho ya mardi. ini bentuk kemalasan berpikir yang dibungkus atas nama kritis. tradisi itu pada dasarnya pelestarian suatu memori kolektif. yang namanya memori kolektif, pasti gak akurat. tapi pasti menggambarkan sesuatu yang memang pernah terjadi. ini ...
mardianah menurutmu orang ini mengaku nabi kenapa? lalu orang-orang ini yang mengaku nabi dan mesias. kenapa coba? karena memang lagi trend mengaku nabi. lihat aja gelombangnya dari abad 1-8.
ziyadbwdn Jangankan fiqh yang di Al-Qur'an, tapi juga yang di hadits banyak mengambil tradisi Rabbinik. beberapa di antaranya seperti khitan dan qasamah. Ada banyak lagi sebenarnya, tapi masalahnya, beberapa di antaranya ada yang sebaliknya: tradisi fuqaha ini juga mempengaruhi kelompok Rabbinik...
ada rektorku dulu :matabelo suhu-suhu semua nih kalo jaman dulu, kajian gini ngundang perwakilan salafi juga lho, kalo sekarang kayaknya udah gak pernah lagi diajak, mungkin karena gak pinter-pinter kali :ngakaks
ziyadbwdn halo gan, kecondongan pada suatu ajaran yang secara peyoratif disebut "millah Abraham", atau "hanif".semacam aliran Messianik, karena tema ajarannya berpusat pada persiapan menuju apokaliptik/eskatologis. Mungkin, hadu bisa merujuk kelompok lain, tapi bisa juga kes...
yoseful dirudapaksaarab Allah sama Brahma aja gak ada, ini lagi mau nyama-nyamain. tapi gue setuju dalam satu hal. dulu, bahasa Sanskerta dan Prakerta itu pake aksara Aram kuno (imperial). kenapa bisa gitu? karena ada kebudayaan Greco-Buddhisme. di situ, yang kahwin sama India bukan cuma Yunani, ...
hayang.dahar kalo Kekristenan itu sebaiknya dipisah antara misteri Kristen mula-mula (ruang lingkupnya Yesus dan bapa-bapa gereja mula-mula) dengan kritik Perjanjian Baru. soalnya gak kayak Islam yang dibangun atas satu model Quranik, sementara Injil sejak awal sudah ada banyak, gak sekedar Injil
lihat, yang diwariskan HY setelah dipenjara: kebodohan demi kebodohan yang berevolusi jadi kebodohan baru. luar biasa sekali fakultas biologi ini, bisa gak punya integritas gitu sama sains demi kebodohan.
eatmytits belum semua, tapi ane ngerti sih maksudnya. jadi garis besarnya, menurut Mohammed Abed, orang Arab itu terbiasa berlogika strukturalis, mengikuti gaya zamannya Al-Ghazali. tapi pada zaman pra-Ghazali, orang Arab berlogika bebas. cara bernalar orang Arab di masa pra-Ghazali itu universal,
sofanfitri ini kekeliruan kamu. orang jaman dulu punya sebutan berbeda-beda untuk Mongol Yuan. orang Persia menyebut mereka Huna. ketika mereka merujuk "Mongol Yuan" dengan sebutan Huna, mereka tidak sedang merujuk sebuah daerah yang bernama Huna, tapi sebuah entitas kelompok yang berna...
006Charizard tapi justru diragukan Nero menuduh orang-orang Kristen yang membakar Roma. sumber tertulis tentang itu cuma datang dari Tacitus.