diknab mereka sama-sama "soleh" gan, "somplak dan lemah" :D saling membuka kedangkalan demi kedangkalan.
alaqua7. lah siapa yang mengkonfirmasi? ane justru merangkum lebih banyak lagi "Abu Ishaq" yang tidak disebutkan Bukhari, mengingat fakta bahwa nama "Abu Ishaq" sering dimanfaatkan karena popularitas Abu Ishaq As-Sabi'i di Kufah. praktik menyambungkan isnad yang terputus itu l...
sabeni80 yup, karena di Al-Muwaththa', dia juga merangkum riwayat lain selain hadits. di antaranya yang paling banyak adalah atsar shahabat dan atsar gurunya (Ibnu Syihab Az-Zuhri). kita harus berterima kasih kepada Malik, karena dia menolak perintah Al-Manshur untuk mengkoleksi semua sunnah dan ...
alaqua7. kamu membandingkan konteks zaman itu (abad 9) dengan konteks zaman sekarang yang jelas-jelas beda. :ngakaks di zaman itu, Bukhari tidak membandingkan hasil penelusuran dia dengan kitab rijal sanad lainnya. contoh, coba bayangkan, nama "Abu Ishaq" di rijal sanad Ibnu Sa'ad ada 54
alaqua7. gak usah sembarang lompat-lompat. coba jawab aja itu apa jaminan Abu Ishaq itu hanya merujuk satu orang? sekarang mau bahas Ibnu Ishaq/Ibnu Hisyam? sebelum ane bahas, coba ane tanya. apa ente percaya Muhammad belah bulan? cerita Muhammad belah bulan juga ada di Sirah Ibnu Hisyam lho :lehu
alaqua7. aku gak bilang mereka bego. tapi mereka hidup di zaman serba keterbatasan. para penulis Kutubus-Sittah sendiri tidak pernah mengkonfirmasi kepada "Abu Ishaq" (As-Sabi'i), karena As-Sabi'i hidup di thabaqah ke 3 (yaitu awal abad ke-7). sementara rata-rata penulis ini hidup di th...
karyanakbangs4 coba dibaca dulu gan di bab Abu Hanifah dan Proto Quranisme. dia gak mau pake hadits karena dia menilai Al-Qur'an dan akal lebih bisa diandalkan. beberapa kali dia ditanyai pendapatnya tentang suatu hadits, dan dia menjawab itu cuma syair/pantun. lebih sering dia membantah suatu ha...
alaqua7. makanya, ada banyak. mau dibahas semua? gak cuma ambiguasi nama, tapi juga ada perbandingan literatur yang lebih tua (Muwaththa Malik, Mushannaf Abdur Razzaq, Jami Ibnu Wahb), perubahan/evolusi teks, dan ciri khas bahasa. bayangkan Muhammad hidup di abad 6, tapi kok gaya bicaranya kayak ...
tapi fakta sejarah berkata lain. perdebatan tentang keabsahan hadits sudah dimulai sejak abad ke-7 saat Islam masih baru berdiri. artinya, pendapat tentang itu sebenarnya beragam, dan mereka yang gak mau pake hadits tidak dianggap aneh dan tidak dianggap kafir. tapi sekarang malah dianggap aneh dan
alaqua7. Yaudah lu mau gue gak bawa sumber bule? Yuk bahas Kutubus-Sittah. Nama "Abu Ishaq" (أبو إسحاق) sangat legendaris dalam banyak isnad Kutubus-Sittah, yang seringkali merujuk pada figur Abu Ishaq Ibrahim As-Sabi'i (w. 126/129 Hijriyyah, antara 743/746), figur perawi popule...
alaqua7. lah gue sih gak butuh pengakuan soal kredibel atau gak, dan gue gak ada urusan sama MUI karena gue bukan muslim. gue cuma peduli sama sejarah. isi thread ku itu sudah sejalan sama semua tesis kritis terbaru sejarahwan dunia seperti Angelika Neuwirth dan Harald Motzki. dan itu sudah dibaha
alaqua7. apakah Ibnu Katsir menjelaskan tentang fakta banyaknya prasasti Yahudi di Arab sejak abad ke-3 sampai 6 ketika Muhammad muncul? kalo bahas sejarah Islam, gak cukup pake satu kitab Ibnu Katsir. bahkan seharusnya Ibnu Katsir itu dikritik. hidup di abad 12, lalu berdongeng tentang berbagai ...
alaqua7. lah berarti kamu sama-sama kadrun kayak MUI kan? :lehuga kalo mau nanya tuh sejarahwan, bukan ulama. ulama gak ngerti sejarah. dan sekalinya ulama bahas literatur sejarah Muhammad, itu bukan dalam rangka membahas sejarah, tapi dalam rangka membela iman buta. kamu pun sama bodohnya dengan...
alaqua7. zzz Ibnu Katsir hidup di abad ke 11, Muhammad hidup di abad ke 6. siapa yang delusional dan miskin literasi :D bahkan di abad ke 7 saja, sudah banyak ulama Muslim sendiri yang menolak hadits. lucu sekali kalo dikatakan "Ibnu Katsir itu shahih dan wajib dipercaya". abad ke 12 bu...
alaqua7. zzz OOT. dibaca dulu isi threadnya. kaga ada tumpah-tumpah darah. oya sekalian mampir ke sini gan. Misteri Islam Awal, update dikit lah pengetahuan mu biar gak ketinggalan jaman.
alaqua7. terserah agan mau menilai begitu. tapi sejarah mencatat, ketika Islam baru muncul, dunia Islam justru lebih liberal dari yang dibayangkan kadrun. selama 2 abad pertama Islam, keragaman pendapat beredar dimana-mana, dan saling dihargai, sehingga mereka bisa berkembang menjadi banyak kelom...
ane gak sependapat puh kalo Al-Manshur itu kadrun. dia seorang pecinta ilmu pengetahuan, terbuka dan pluralis. terbukti dari berbagai kebijakannya: mempersilahkan semua ahli hukum menjadi advokat di lembaga peradilan dia (seperti yang ane tulis di bagian Rivalitas Ahlur-Ra'yi vs Ahlul-Hadits). dia
Nah, coba undang sepuh-sepuh ABMQM javafutura, Michaelwise, sabeni80, conditioning, depannya.eL, batmanluck99 mereka yang tahu metodenya apa aja. Yang ane tahu cuma output nya aja. Quranis di AS sudah memberdayakan secara teoritis dan praktis. Mereka menafsirkan jumlah dan rukun shalat di Al-Qur'...