Kurang paham tentang baterai drone nih gw om, tp sekilas kayaknya masalah battery management system yaa. Pada dasarnya lithium polymer itu kecepatan charge/discharge sangat tinggi. Daya simpan juga tinggi, jd gak butuh ukuran besar untuk simpan daya besar. Tapi di dlm baterai EV juga ada perangka...
Gw lebih kuatir kontak dan sambungan kabelnya sih om. Baterai mobil segede gaban itu. Motor gw aja ganti saklar dan sambungannya pake yg buatan jerman. Mahal amit2 tapi lebih safe
tapi teknologinya itu sendiri belum ekonomis, om. terlalu mahal dan sulit pemeliharaannya. blm akan digunakan dalam waktu dekat sih kayaknya
sayangnya, grup astra belum ada rencana merakit mobil EV di indonesia om. camry EV yg skrng ada aja masih CBU statusnya. saat ini baterai yg dipakai masih tipe lithium ion untuk yg tipe hybrid, jadi memang agak sensitif terhadap panas dan benturan. buat gw sih, menggunakan baterai Lithium ion itu...
gw tau nih kejadiannya, deket kantor gw. bener om, drivernya teler, yang dibawa mobil listrik pula yang powernya segede gaban, gak ada ampun itu klo driver gak bisa kontrol. ya tapi kalo udah teler gitu jangankan bawa mobil ya. jalan kaki aja bisa celaka atau bikin celaka
solehikhsanudin waktu gw beli sih harga baterai standarnya masih tinggi, sekitar 15jutaan untuk ukuran motor gw yak. jadi kayak beli baterai gratis motor. sekarang udah lumayan turun harganya. sekitar 10-12 jutaan. jadi mulai banyak yg upgrade baterai dari SLA ke lithium atau LFP
roberthw nah betul om. krn mobil itu banyak gimmicknya, AC, sensor2, dan bobot dari mobil itu sendiri dan penumpangnya, maka baterainya udah pasti besar kapasitasnya dan kemampuan charge/discharge juga harus cepat. jadi jenis baterainya juga harus yang advance, misalnya solid state batery tuh yan...
lumanyan ngirit juga itu di cerita TS-nya, 160 km cuma habis ngecas 10 ribu :D ane baterainya 50AH, om. gede banget itu untuk motor standar pabrikan. jadi bisa jalan jauh tanpa harus dikit2 charging