kloteran talang air...milis 306 nih.... ide yg bagus om debroi...patut dicoba disini:thumbup::thumbup:
iya kalo dipikir pikir umur parts sering pendek karena kita pake yang bukan ori, karena pengen murah atau yg genuine-parts udah ngga ada, kl di pug karena masih ada beres jadi msh mungkin dapat yg ori, nah kl citroen kan beres nya udah tutup, jadi kesempatan kita dapet parts ori terbatas, jadiny...
pengalaman punya pug 405&306, schockbreaker paling tahan 4tahunan, kebetulan pake BX juga, ya segitu juga umur bolanya,cuma BX hrs punya perhatian cek oli LHMnya,selama pake BX 6thn alhamdulillah belum pernah rusak selang cumi atau selang balik, cuma pernah ganti bola yg depan aja...kesimpulanya...
bantu tongolin gambarnya ya Uploaded with ImageShack.us ini citroen basisnya ami/dyane, cuma mesinnya rotari dan suspensinya udah hydropneumatic, bentuknya unik banget ya....
salam kenal om, udah gabung sih di milis FKCI, cuman baca 2x tp ngga pernah posting, malu soalnya msh nubi nih:malus kalo masalah bola, baiknya memang jangan disuntik, kl perawatan sistem hydropneumatic.nya benar, kayaknya umur bola bisa lebih 3 tahun,
bola dan parts lainnya masih ada yg jual, kl di jakarta sih di new-apollo( jual parts peugeot juga khan), biasanya toko part citroen suka gabung sm peugeot, apalagi secara basisnya BX kan sama dgn 405,.
kalo selang cumi bocor, otomatis supply oli ke bola juga berkurang, umur bola jadi pendek / cepet rusak, nah ngurus citroen identik dengan periksa kebocoran oli LHM, tapi kalo sistem.nya terpelihara dgn baik, dijamin handling/pengendaliannya paling toppp....
citroen bx, karena sistem hydropneumatic.nya mengontrol rem, power steering, suspensi , jadi kalo terjadi kebocoran di selang atau seal bisa berakibat system-down alias ngga berfungsi semuanya dan mobilnya hrs berhenti kalo cuma bolanya rusak palingan bantingannya keras dan cenderung memantul/me...
Citroen DS memang mobil yg sangat advanced di jamannya( tahun 1955an), dengan inovasi teknologi dan desain aerodinamis, disainernya aja seorang aeronautical engineer , konon pada hari pertama launching mendapatkan pesanan 12000 unit, sangat besar pada waktu itu, ....dan citroen DS bertahan selam...
cckkkk, om gemini8 mulai keracunan DS nih, coba buka link ini, tentang usaha perburuan dan restorasi DS di Indonesia( dan Asia ) http://www.dsinasia.com/
mobil perancis lawas emang bautnya 3 om,contoh lain ( yg gw tahu dan dipasarkan di indonesia)adalah renault 5, 12, peugeot 304 wew, bagi cendol ijo nya juga dong om debroi,,sesama 306er kudu saling bantu wwkkkk :shakehand2
alternatif lain pake velknya GS chic atau GS cottage kayak gini, bahannya aluminium,bisa tubeless Uploaded with ImageShack.us
Ikut nimbrung pecah ban di citroen= dulu waktu pake BX pernah pecah ban yg belakang kanan, posisi di sekitar puncak sampai cimacan,sy ngga tau kalo ban udah kempes, handling mobil juga ngga berubah , kecepatan saat itu sekitar 50km/jam, namanya juga di puncak yg banyak tikungan pasti pelan, sesa...
kl ngga salah velg bx-gti yg masuk indonesia modelnya kayak gini kalo bx-nya om rhendrawan memang pake velgnya peugeot 405sri atau 405sti