Den provost: Saya hanya mencerna postingan yang ini: Original Posted By carbon.world ► btw mis, imigran di Perancis itu agak susah dilihat kalau POV nya dari Indo. imigran dari wilayah koloni itu baru masuk dalam skala besar setelah de Gaulle de-kolonialisasi, sebelumnya indigenes itu ga bol
Owh udah gak Satu Darah lagi namanya ya?...:malus Udah ah.. OOT. Klo nga salah di Belanda juga pernah kasus terorisme yg dilakukan oleh orang RMS. Langsung dibantai dgn ngirim SF :o
Semua negara bisa memiliki ZEE yang 200nm itu dengan catatan; 1. Jaraknya di tarek dari batas teritorial dan landas kontinen, yang mana pulau buatan atau pulau yg tidak terlihat saat pasang tidak termasuk. 2. Kecuali negara kepulauan, batas teritorial 12 nm itu diambil dari muka surutan garis pant
Mc. Cain mempermasalahkan soal pemilihan kata innocent passage, karna kalau dibilang IP, berarti US mengakui berada di wilayah RRT yang diatribusikan untuk international lanes.. padahal seharusnya maksud dan tujuan patroli adalah untuk menegaskan freedom of navigation.. bukan innocent passage.
Dunia yg memiliki kaitan sama wilayah yg melakukan perjanjian, untuk apa negara2 Westphalia publikasikan ke sultan2 di nusantara. Lagipula sultan2 disini pasti paham juga boss.. buktinya sampe skarang London treaty masih dipake kan?.. Nah dari Qing mana?.. yang di claim itu overlap sama wilayah lai
Ngawur, UNCLOS itu mulai dibahas dari tahun 1962. jauh sebelum claim RRT pada 1970 saat RRT menginvasi Paracel Kalo menurutku yang buat kacau itu UNCLOS, yang baru ada tahun 1980. Perjanjian ini membuat negara-negara di sekitar LCS jadi bingung.
Dinasti Qing abisnya taun brapa? Peace of Westphalia saja yang dibikin abad ke-16 bisa di akses oleh dunia waktu itu, treaty of London 1824 itu mana lebih dulu ketimbang jatuhnya Qing?.. Intinya emang RRT aja yg licik. Satu lagi, sebuah negara kalau mau nge klaim, kudu ada "continous exercise
Indonesia Mungkin Adukan Sengketa Natuna ke Mahkamah Internasional Om luhut sdh bersabda.... :D Sebenernya udah disiratkan setelah tahun lalu pak Moel sepertinya tergesa2 untuk menyiapkan penguatan Natuna setelah kunjungannya ke RRT. Kalau pembicaraan berakhir happy, gak mungkin pak Moel begitu
karena ini cina, bukan US :D :D :D Jadi gak salah kalau ane bilang demonic country Gak perlu kumpulin profesor dari mana-mana, liat text UNCLOS aja udah ketauan salahnya dimana-mana. 1. Karang tenggelam dan bukan bagian dari continental shelf kok dijadiin batas teritorial.. terrenya dimana?.. 2
Terlepas dari apa isi postingannya, bagi ane seharusnya yg begitu gak perlu dipermasalahkan. Ane sampe saat ini masih sebut Tim Tim Ujung Pandang SMEA/ STM Irian dsb. orang lama atau ex orang dalam atau bisa juga ex rekanan :D
maksud saya LCS dia klaim buat cadangan raw materialnya dari mulai minyak, gas ma ikan, bukan jalur logistiknya.. Trims koreksinya ====== Kalau untuk mengamankan raw material/ makanan dll, AS sebelum menemukan cadangan minyak baru juga gak nge klaim laut pasifik timur untuk dirinya sendiri kan.
Yap semakin tahun ukurannya makin besar jadi intinya untuk pelabuhan2 kecil dulu lalu ke intermediate lalu ke hub.. RRT/ Jepang bisa membuat 22 juta GT pertahun, sementara kapasitas kita bisa membuat 1 juta GT, jadi masih jauh pangang dari api tapi paling tidak kedepan lulusan sarjana perkapalan te
Jaman modern ini, Jepang/ AS dan negara2 maju lain bisa mengamankan jalur pelayaran tanpa mengklaim wilayah yg gak seharusnya milik mereka. cerdik dan licik ya memang 11 12 tinggal diliat dari sudut pandang mana, yang jelas cina dah bisa ngukur diri sendiri, sebatas mana kemampuan, sebatas mana p
Beberapa tahun kedepan, kapabilitas Indonesia dalam menggenerate kapal akan diuji. Tender 160 kapal (700 s/d 1500gt)sementara berlangsug di penghujung tahun ini, dan tender untuk 200 kapal (2000gt keatas)dilakukan tahun depan (total gt sekitar 500,000). Artinya kalau semua berjalan sebagaimana me...
btw ada yg punya Peta LCS jaman Dynasty Qing gak sih? pgn tau gmn caranya si Qing menentukan jarak batas laut dgn tepat tanpa GPS RRC baru merilis nine dash lines thn 1948..pdhl di masa2 sebelumnya tdk pernah ada nine dash line termasuk di jaman Qing hanya memasukkan pulau Hainan.. Qing dynasty m
Van Speijk lebih dalam.. itu sebabnya dia di bilang fregat.. Ukuran PKR kelihatan lbh besar dr VS.. tp tonnase nya lebih besar Vs, 3300 berbanding 2400..signifikan sekali dgn beda panjang 9m (lbh pnjang Vs) dan beda lebar 1.5m(lbh lebar PKR) apa krn pengaruh steel nya?
Bagi ane pengurangan CVN adalah langkah yg kurang tepat melihat rising demonic panda dan kecenderungan arms race di timteng.., pertengahan 90an s/d 2000an memungkinkan pake cara ini, tapi kedepan ancamannya malah bisa melebihi Soviet. Makanya untuk menambah dan/atau mengganti F18 dengan F35 (yang a