Sensitive nya sama aja, teknologi ECU nya udah sama2 motronic, kalau jaman awal2 keluar vanos yg jd "bikin rumit" mekanik2 non beres nggak bisa bongkar-pasang head vanos karena perlu tool khusus, kalau sekarang sih udah nggak jadi masalah lagi.
for sake of simplicity ngerawatnya, budget 45 ane lbh prefer yg udah vanos, E34 520i vanos parts mesin sama dengan E36 320i lbh gampang cari partsnya...
Gimana gan. apakah sesepuh disini sudah ada yg punya jawaban? :cendols ke mami dwi coba, dia ahli banget masalah mobil ber LNG :D :thumbup:
Selamat gan, akhirnya dapet BMW juga :beer: 1. Either diperpanjang atau cabut berkas tetep mesti bayar pajak yg nunggak gan, kecuali kalau di samsatnya pas ada pemutihan. Pajak E34 520i udah murah kok, E34 520i ane tahun 95 plat D tahunannya sekitar 700 ribuan 2. Mesin M50 RPM normalnya di kisar...
setuju bro, mesin rusak total, seminggu bisa jalan lagi. Sasis ancur, dibenerin berbulan2 blm tentu bisa enak lagi.
Kalau mesin NA (Naturally Aspirated) yg standaran, pake premium jalan sih jalan, kenceng sih kenceng, tapi ring piston lebih cepat rusak...let's say pemakaian 50rb km udah mesti ganti ring piston. Kalau mesin Forced Induction(turbo/supercharger) wajib pertamax plus
maksudnya kalau pagi2 mesin masih dingin dinyalain (setelah didiamkan semalaman) normalnya ga ada air muncrat melompat...... kl mesin udah panas sih beda cerita, kalau udah hot sih pasti muncrat :D
kalau pas ganti gigi kerasa ngehentak, nggak smooth deh pokoknya, siap2 gearboxnya kena, worst case siap2 25 jt bro swap pake gearbox kampakan, harga barunya diatas 50 jt
Ngelitik doang sih gan..apanya ya? Nah klo bunyinya mirip mie tektek knp lg tuh gan? Hehe kalau ngelitik, yg pertama coba ganti busi, busi standardnya BOSCH F7LDCR @25 rebuan di toko parts
hmm thankyou deh agan-agan info nya. buat pertimbangan lanjut. di 1 sisi naksir banget, tapi blm tau siap atau ngga hehe soalnya kalo gua pikir" beli mobil jepang baru itu ntar jadi pasaran(banget) lagi dan ga ada spesial" nya :ngakak soalnya kalo pendapat pribadi gua kalo liat bmw 2006
cek alternator bro, normalnya tegangan di terminal aki di range 13.8-14,5 volt pas mesin nyala & accesories electrical dinyalain ( headlamp, foglamp, AC, dll)
Recommend 120i biar mesin sama dengan E46 318i (N42B20/N46B20), biar cari parts mesin ga susah. Overall perawatan sama dengan E46
Simply maju tak gentar kalau papasan sama moge gan, lha sama2 bayar pajak & haknya sama sebagai pemakai jalan umum :thumbup
hampir nyerah sama fault no 15.ignition circuit monitoring di mesin m60 e38..ecu udah coba gonta ganti,sensor gonta ganti,wiring di urut lagi dan di rapiin+solder,MAF coba gonta ganti masih keluar juga faultnya kalo ada yg pernah ngalamin tolong bantuannya yak teman2 :) NB : Mesin pincang sampai
buset nih forum masih aktif aja.. maaff ane ud kaga nguruss.. uda ganti tunggangan soalnya.. lelahh pakai daewoo.. haha.. semangat yah juragan2. sekarang pake mobil apa bro, apa masih pake chevy/GM?
disebelah mana itu tempatnya mamen? soalnya nelpon bengkel katanya kena pallet rem (klo ga salah) harganya 2,5an.. cek oli rem , kalau ga berkurang positif booster rem atau selang booster rem. Posisinya ane kurang paham soalnya blm pernah oprek2 E46 :Peace:
kalau paket 3P di bengkel resmi: ganti oli mesin, filter oli mesin, busi, filter udara, filter AC 1.9jt (sudah inlude jasa tapi blm PPN) sumber: http://www.bmw.co.id/id/en/insights/special_programs/downloads/Brochure_3P_3_Series.jpg?prm_action=download=true