belum ideal, parameternya harus jelas. misal maksimal pengeluaran klub itu jgn melebihi 50% dari pemasukan, nah baru deh dari situ bisa di ukur limit salary club tiap klub itu brp, soalnya tiap klub itu punya metode bisnis yg beda tiap daerahnya.. jadi klo mau belanja lebih dari 50M ya sah2 aja s...
ya kenyataannya liga bocil kita emg sekotor itu, banyak kepentingan dan hawa nafsu egois yg haus buat di turutin.. banyak pelatih bocil itu pusing bukan krn soal teknis, tp soal non-teknis trus kyk gini masih teriak lokalpret? kocak :lehuga
jemesbono loh itu penting, jgn melupakan sejarah klo dulu kita macan esya walaupun pake lapangan kyk ladang jagung :lehuga :lehuga
lapangan dengan rumput bagus buat apa? jangan manja donk buktikan kita bisa bertarung walaupun cuma dengan bambu runcing.
paling kocak masalah lisensi sih.. kyk pegawai2 kementrian agama bikin resto di suatu area, trus bilang semua resto tsb harus lolos sertifikat halal kementrian agama. :lehuga
andrade.ag7 emg klub yg ikut EPA itu punya akademi homegrown semua? sebagian comotan trus tinggal kasih label klo klub udh punya proyek berjenjang dari junior ke senior. biar ada kesan klub punya pembinaan.. :lehuga pdhl yg kerja keras itu ya coach2 ssb atau klub kecil daerah dan ga di pungkiri k
DemonZkey setau ane persib, persija, persebaya, bali itu punya keuangan bagus.. tapi biasanya klo ada klub indo yg bagus di manajemen duit, bakal thololl di bagian yg lain entah kontrak, entah gampang di kibulin agen, dll
salary cap ga mau, tapi klo gaji telat krn klub ga ada duit teriak juga.. :lehuga klub indon kebanyakan manajemen duitnya ancur, di negara maju udah mikirin arus cashflow buat 10 taun, klub indon masih mikirin survive bulan demi bulan gmn.. :lehuga diperparah sm kualifikasi gaji yg ga jelas..
CM04 nah itu dia, jepang mau sok2 lokalpret ya bisa krn grass root kuat, mau asyeng 10 juga ayo aja, mereka udah pede sm kualitas lokalnya sendiri.. :lehuga
gpp 5+1 asal dibarengi sm pembenahan akademi dan talent pool.. jadi lokalan bisa bersaing sm asying asyeng asyong korea jepang ga khawatir sm format ini krn sistem grassrootnya kuat, otomotis berimbas pemain lokalpret sana punya kemampuan setara sm asingnya, jadi bisa bersaing.
bagus kok, namanya marketing emg harus gini, bahkan di luar negri malah nama stadionnya yg di ganti nama jadi nama merk sponsor.. :lehuga selama ga mengorbankan fungsi, kenapa enggak