Bisa jadi karena beban mesin berat atau memang ada yang bikin seret. Kalau settingan pengapian rata-rata orang pakai perasaan. Kalau mau yakin mesti pakai cara ilmiah atau ikutin panduan resmi dari pabrikan. Setahu gua cara benernya pertama mesti cari top dead center dulu alias posisi silinder I...
Irit tuh bukan cuma karbu dan pengapain doang. Kalau emang mesinnya udah berat (umur, friksi, beban, dll) ya pasti tarikan bensin untuk jaga putaran mesin stabil jadi tinggi. Bahkan saat idle aja konsumsi bbm tinggi. Selain itu jangan lupa cara bawa, kalau sering gas rem pasti boros lah. Cara ngi...
Jalan lancar apa macet berat? Bukan karbu doang kali, bisa karena faktor-faktor lain. Settingan pengapian, cara bawa, kondisi jalan, beban mesin, panas. Kalau mesin efisien biasanya bisa ditakar dari temperaturnya gan. Pembakaran bbm seharusnya jadi energi kinetik semua, tapi kalau gak efisien j...
Ikut nimbrung aja gan, cari-cari di wikipedia pasti dapet, ibarat orang tersesat di antah berantah kalau nimbrung sama penghuninya nanti juga lama-lama ngerti bahasa planet :ngakaks. Kalau berhasil pasti ada efek sampingnya, biasanya heavily addicted, dan kalau jauh dari vw bisa sakaw :ngakaks
wah, ane seneng nih sama yang ginian :Yb. Tapi pasti perlu diatur tuh komposisi pembakaran, gak perlu kayak NOS lah... yang penting nendang dan lebih ramah lingkungan. Kalau bentuknya masih gas mungkin untuk ngalirin ke karbu masih lebih gampang dibandingkan ide gua yang pakai fuel injector. Tap...
Wah boleh tuh. Urusan ECU ane gampang lah, mainan ane sehari-hari, cuma butuh kemauan dan waktu aja :ngakaks. Kalau valve bisa ngambil dari beberapa sumber, bisa injektor dari motor-motor injection lokal, atau juga valve elektronik industrial buat gas/udara. Tapi hasil pembakaran hidrogen + bens...
Kalau terus-terusan gasnya jadi gede dong gan. Perlunya kan cuma pas akselerasi, jadi cukup tekan tombol pas lagi narik aja, kalau udah kecepatan yang diinginkan tombol lepas. Kalau di pasang di gas juga gak cocok, lagi pula sebenernya udah ada pompa mekanik yang terkait dengan injekan gas. Kala...
Tentu saja gan, kecepatan berapa aja tetap nendang, palingan mentoknya di rpm maksimum pas sudut pengapian udah gak bisa ngimbangin, plus tetap mesti ati-ati jangan terlalu sering dipake karena bisa ngerontokin mesin :D. Tapi kalau vw ane mah kecepatan 100kpj juga masih nendang kalo gas dimainin...
Iya gan, untuk ngatasin banjir cukup pake bosch platinum, harga 50rb satu biji. Ini picnya: Coba liet kepala busi-nya, itu nggak kelihatan karena bentuknya kayak jarum kecil, percikannya juga fokus. Jadi mau item angus kayak apa juga jarumnya tetap gak ketutupan. Beda dengan busi biasa yang 10...
Kalo di intake manifold dekan cylinder head kan jadi mesti 2 atau 4 injektor, duitnya kagak kuat, apalagi mesti bongkar-bongkar dan bubut-bubut :hammers. Ane sih maunya diselipin aja selang/pipa kecil disamping pipa injektor mekanik yang udah ada, cara kerjanya disamain dengan injektor mekanik i...
Thanks gan picnya, tapi ada yang resolusinya lebih tinggi nggak ya, soalnya yang itu nggak jelas dalemannya. Idenya sih gak sampe ECU, cuma nambahin injector supaya campuran bbm bisa dibikin lebih pekat pada saat dibutuhin, misal pas akselerasi. Karbu vw sih udah ada injector mekanik berbentuk ...
pada bingung kali mau bahas apa lagi :capedes Btw ada yang punya gambar teknis struktur karbu vw gak, kalau bisa yang solex 28. Ane lagi ada ide modif-modif biar tarikan lebih parah, mau nambahin fuel injector ;).
The Raid terlalu mengekspose darah dan kekerasan berlebihan, gua heran kok malah dipuji-puji sih? Mentang-mentang buatan Indonesia dan dapet penghargaan, tapi tetap aja kalau terlalu berlebihan mengekspose kekerasan harusnya gak lolos sensor di sini.
VW ane kan dari Jerman, masih ada tuh katup-katup untuk penghangat ruangan di kabin, adanya di pojok-pojok bawah jok belakang dan di depan deket kaki. Tapi kalau yang di fan housing udah ditutup supaya pendinginan mesin lebih mantap. Emang masih ada vw klasik di Jerman? Kayaknya mobil bagus mel...
Nggak ada dong. Malah aslinya dulu ada pemanas ruangan, dari fan housing dikasih pipa selang ke kabin, kan di Jerman dingin terus :takut.
Wah kok bisa patah? Itu yang masangnya gak bener kali, kurang kuat, getar-getar jadi kendor sendiri trus gesek kemana-mana dah :capedes. Kalau bawanya nyentak emang ngerusak mesin, tapi gak sampe bikin baut patah kali.... itu sih patah gara-gara kendor trus nyangkut pas muter. Kalau nyentak nger...
ini ane search dapet di wiki: http://id.wikipedia.org/wiki/Roda_gila kalau menurut ane roda gila itu yang di bagian sambungan mesin ke gearbox, ada gear besar yang nempel ke motor/dinamo stater. Kalau bener itu roda gila berarti gak perlu sebulan dong gan, sehari juga kelar. Kan cuma turun mesin...
Bener gan, kalau kebengkel atau toko minimal jangan pasang tampang polos dan gak tahu. Mesti kritis dan banyak cari tahu, apalagi vw jarang yang punya dan sumber partsnya juga jarang. Tapi kadang bisa dapet parts murah kalau yang dari copotan. Jadi pinter-pinter aja cari info dan juga sumber ter...
Cek sirkulasi pendinginan gan. Mesin dibersihin, lubang-lubang di kubah anginnya ditutup, kalau bisa dilas rapih. Vw ane tempo hari mesin dirapihin, sekarang kalau jalan mau jauh ato deket, siang bolong, kebut-kebutan, segala macem mesin tetap adem, tutup kap mesin malah gak berasa hawa panasnya...
Ane tangerang pinggir yang berbatasan jakarta, jadi jarak ke bogor pp cuma 150km+. Terakhir abis OH distel klep 2 kali sama pak Jajang jadi mesin lebih halus dan enteng, belum tes bener2 sekarang seberapa irit. Stelan pak Jajang emang ajib banget dah :Yb. Stir ane juga abis ditambahin belokannya...