setuju gan! sebaiknya ditengok sejarah perawatannya dulu, kalo memang ini mobil sudah tangan ke tangan, berumur pula...plus semua jenis air pernah masuk memang nda direkomendasikan pake coolant, nanti malah bikin rontok kotoran plus sumbatan dimana mana. kalo masalah overheat, ngga bisa dipukul ...
sip deh gan kalo udah ketemu sumber masalahnya, jadi ga tebak tebak pas mau bongkar. o iya kenapa harus pake 140? nanti malah susah masuk gigi lho, lagian kebutuhan girboks taft memang di 90 gan kalo nuruti spek oli sesuai manual repair. untuk taft 4 speed oli girboksnya 2.1 ltr, kalo yang 5 spe...
hmmm baru ganti kopling ya? gantinya satu set kan? coba dikesampingkan dulu masalah flywheel nya gan...turun transmisi lagi soalnya ga murah dan ga mudah, biasanya mekanik yang ngerjain akan ngasih tau kalo memang saat dibuka kemarin ada cacat dengan flywheelnya. kondisi cross joint kopel gimana...
yang ane lingkarin nomer 1 tersangka utama ada netes oli, kalo nomer 2 ada bekas oli cuma kering gak segar kayak nomer 1.. soalnya ane takut kekeringan oli gara2 netes gak jelas...barusan ane ganti seal mob baru..thanks gan.. gan ini kalo udah dalam kondisi "becek" begini agak susah lh...
Untuk Taft GT F70 terakhir tahun '95, kadang masih bisa ditemukan yang tahun '96 di rentang Januari sampai Maret. Setelah itu digantikan sama Taft F73 dengan masa jual '96 - 2007. Harga? Gelap gan....tergantung kondisi, barangnya udah terlanjur tua soalnya. Nemu yang bagus pastiny...
kalo yang cocok buat Taft ya punyanya Taft gan (kalo ga mau repot modifikasi ya). mau order baru ke astra sepertinya masih bisa, tapi pastinya harga udah ga menarik lah...mahal sekali. kalo pengalaman ane 2 tahun lalu, ane nyopot langsung dari halfcut nya Rugger dan sampe sekarang masih bagus it...
Kalo pake Monroe Matic (begitu namanya kalo kata yang jual), ane udah pernah, hasilnya sama aja...mau tumpah juga. Kalo beberapa temen kasih saran kalo mau pake Monroe pake yang Monroe Magnum, katanya lebih stabil. Tapi ane belom pernah cobain.
ane mantan pengguna shock DX gan, pengalamannya kira kira begini: - Dipasang di? F70 '95 standar dengan ban 235/70R15, per daun belakang sudah tanpa per bantu beban - Empuk? Iya - Stabil? Tidak, mungkin karena per F70 ane waktu itu juga udah lemah...jadi kalo tikungan tajam mobil mau tumpah...
hahaha ajakin main kuis tebak tebakan aja gan....kalo pas dibuka ternyata timing belt, nanti agan dapet timing belt set gratis....hehehehS E N S O R..becanda gan... mirip dulu pas ane mau beli tutup radiator buat F73, eh dikasihnya malah yang besar yang buat F50 dan yang punya toko ngotot berke...
kalo di mesin ane sih pake Rimula biasa aja gan, penguapannya normal...paling banyak hanya 0,5 liter per 5.000 km (ane ganti oli sendiri di rumah, jadi bisa ngukur).....kondisi masing masing mesin berbeda dan pastinya berpengaruh ke banyaknya penguapan. et dah buset???? masih bisa pesen baru ga...
ya lebih cepat menguap olinya gan...btw Rimula kalo masih yang R3X bukan sintetik gan, masih mineral itu.
wah 11 tahun.....waktu yang panjang sekali itu gan....biasanya timing belt sama tensionernya Taft diganti tiap periode 40 rb atau 50 rb km sekali walaupun bukunya mensyaratkan 80 rb km sekali.
haaaa? maksudnya dari baru begimana gan? atau itu mobil di tangan agan udah berjalan berapa kilometer sejauh ini?
aduh serem gan...turut prihatin....kalo boleh tau, sudah brapa lama umur tensioner timing belt si agan? atau kapan terakhir kali agan ganti benda itu?
trima kasih masukannya gan...nanti coba ane carikan peraturan perundangan yang masih menggunakan sistem kelas kapasitas mesin dan jumlah gardan itu ya, duh ketelisut dimana ini, belom ketemu....soalnya ga mudah menemukan peraturan perundangan di negeri ini gan, satu masalah bisa diatur oleh bany...
hehehS E N S O R.kayanya berat gan kalo mengharap Taft diproduksi lagi, karena kapasitas mesinnya sendiri sudah masuk kategori pajak mesin 2501 CC - 3000 CC, itu yang akhirnya bikin harga Taft ngga bisa bersaing dengan mobil serbaguna lain saat ini. ditambah lagi, konon katanya mesin cetak bodin...
Mungkin bisa coba Shell Rimula R3X 15W-40 atau Mobil Delvac MX 15W-40 gan...kedua oli ini masih cocok buat diesel konvensional. Yang penting agan jangan salah pilih, tidak semua oli mahal itu bagus buat mesin diesel lawas kaya Taft. Misalnya agan isi oli diesel dengan harga super mahal, tapi ga ...
hadeeeh....jangan kencang kencang gan....bahaya.....alon alon waS E N S O R..hahahahaha.....lagian produsen mau bikin mobil kecepatan kaya jet juga ga akan berguna di medan berat, mari kita kembali ke kiblat...:Yb