saran ane sih klo timing udah pas n gak mau idup jg...dgn catatan aki n alternator semua normal. buka headnya n cek piston n klep. Iyee nh om chis, mlm ini jga month ddrek kbngkel. Bsok pg biar lngsung dcek. Thnks sarannye. ;)
kalo timing belt ga di copot rasanya gapapa.. coz ane jg dlu prnah baut puli patah d jalan terus dpaksa jalan aja kerumah..ya konsekuensinya pw ga fungsi n aki juga ga ngisi...n seudah dpsang lg mobil lgsung jreng... kondisi pas mesin d idupin (ga pke belt pw,ac) ya suara mulus ko gada yg aneh..
kalo timing belt ga di copot rasanya gapapa.. coz ane jg dlu prnah baut puli patah d jalan terus dpaksa jalan aja kerumah..ya konsekuensinya pw ga fungsi n aki juga ga ngisi...n seudah dpsang lg mobil lgsung jreng... kondisi pas mesin d idupin (ga pke belt pw,ac) ya suara mulus ko gada yg aneh..
ini kmeen belt apa aja sih yg dicopot? timing belt ikut dicopot jg ato gak? ane wih curiga timing gak pas krn gear timing belt geser akibat puli dilepas. soalnya penahan gear timing belt itu jadi satu sama puli. trus si om blg ada bunyi ky metal beradu... sptnya sih antara klep beradu dgn piston
ini om bayounk yg eg nya d idupin pas puley pd ga kpasang itu bukan sih? mesin ga knpa2 tuh...katanya kmren suara mesin kaya banyak metal yg rusak??? Iya om, Sprtinya nggak... Patah baud pulley pas pgi2 mau idupin mbil. Jd sprtinya ga bkin brntkan. sya coba teliti dan ngepas2in. Alhmdulillah ms
Night brtr... Mslh baud kruk as patah sudah teratasi. Semua terpasang ngeplak dan kenceng. Tp setelah is genie di stater kok ga hidup2. Udah dicoba dorong mobil juga tetep ga idup, sprti tdk ad pembakaran. -aki baru -starter bunyi (tp suaranya rada aneh) -fuelpum / main relay bunyi. Apanya ya kir
puli harus ganti kalo bagian penguncinya ato biasa disebut spi udah slek ato dol. metal jalan n duduk itu semacam pelapis utk kruk as. posisinya di dalem blok mesin. ane bingung nih... suara kretek2 setelah semua dicopot belt2 n puli.... ini maksudnya gimana yah? Klo metalnya ikut jbol itu bnt
Sblm turun mesin, coba derek aja ke bengkel las Om, kali aja bisa diakali, jd ngga perlu turun setengah mesin.. Moga kruk as-nya msh bener, jd bisa hemat repairnya.. #Cepet sembuh om geninya... ok om thanks... kalo bekas patahan sih udah lepas baudnya. mslhnya sdikit gompal bagian luar kruk as/
Om art kmren bru dbngkar, Ad bbrpa prtnyaan nh, 1. Puli klo hrus gnti klo keadaannya sprti apa? 2. Metal jalan / dudk itu yg bagian mananya? 3. Ini yg stu lg yg buat saya heran, suara 'kretek2' saat mesin dihidupkan stelah smua dicopot belt2 dan pulley. itu apa ya? Ky suara bearing hncur gtu om ...
turut berduka om... baut patah dalem mau gak mau harus turun mesin karena kruk ass mesti diturunin buat lepas patahan bautnya di tukang bubut. klo soal estimasi biaya bisa berkisar 3-4 jtaan kali yah. mdh2an komponen lainnya gak ikutan kena juga. Ok om chris... Thnks Inilah penglaman. Hhe Mudah2
Master2 Help abdi... Kejadiannya seperti ini, kmren ane bwa geni normal ga prnh diatas 100. Tp pas td pg kenapa suara kretek2 bunyi di main pulley/baut puley... Ga lama kmudian van belt ps lepas ;( Btul apa yg dtkutin, pas dbuka ban, cek pulley goyang dan alhasil baut patah didalem. Apa yg hrus s
kalo soal rem mending pake ori atau oem nya. masalah nyawa euy, jgn krn mau hemat tp kualitas ga jelas. bahaya di jalan... cmiiw :) Betul om.... Thnks sarannya. Hhe
Dicek dulu apakah piston yang di kaliper, atau ada rembes, atau kemasukan angin. Kalo emang sudah kena ke master rem, coba cari2 junkyard bisa beli copotan. Jangan pakai kw, ingat bro rem = nyawa, kalo masih mau toleransi sama Yang Di Atas sih silakan aja ya :D kalo ane sih jauh2 deh pakai kw untu
Pagi suhu2 sekalian. Maaf bsa share lg. Kmren yg mslh main riley lama bunyi sampe 20 mntan blm teratsi, soalnya geni ane blm msukkin ke bngkelnya, krna hrus dicek ecu, main, sampe fuelpumpnya butuh wktu sehrian kta bngkelnya, sdngkan ane krja snin-sbtu, bngkel mgu ttp :(. Mudh2an bsok bisa dicek ...
klo main relay udah di cek msh bgs kmkmnan besar ecu. Iya om cris,, Kmren sbtu kbngkel khusus honda tp bukan beres. Klo mnrt montirnya sih, klo ngga main relay ya ecu bermslh. Waduhhh, klo ecu kyknya ribet jga.. Mlh kta montir ac hidup rpm drop atau tarikan berat bisa krna ecu juga. Lieur jga
dingin susah idup ini lampu cel di speedometer matinya cepet ato lama? idealnya 2-3 detik dah mati sejak kontak posisi on. kalau matinya lama kmknan besar ecu. biasanya capasitor ecu sudah lemah. susah nyalanya gimana sih? apa nyala tp idle rendah trus mati atau memang gak bisa nyala sama seka
Kalau dari main relay dan fuel pump yakin ga ada masalah, sekarang kita ke masalah pengapian, cek busi, cek kabel busi, cek delco, cek dinamo start. Kalau itu sudah yakin ga ada masalah, baru (kira2 nih) yang terakhir yang paling serem :takut adalah ecu. Kalo dulu ane pernah punya kasus, engine
wah sama.persis ni kejadiannya kyk estilo ane... kalo dingin nyalanya susah.. kalo uda kena panas matahari dia lancar lagi nyala nya.... bingung jg apanya... Wah sama nih kasusnya... Slmt mnikmati om.. Hhe Smga cpt teratasi, Klo saya udah cek dan fix mslhnya nti sya share. Rncana bsok mau cek bn
Slmt mlm sesepuh smua. Sesuai saran om crist dan om art, tntang mslh gerobak ane klo dingin suara 'tik' saat kontak on lama (tanda bnsin disembur). Udah di buka main relay, solderan msh bgus2. Untuk yakinin disolder ulang hingga rapi. Tp mslh blum teratasi. :( Apakah fuel pump? Tp klo mesin uda