4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 6 kali 4-nya (6 x 4) menurut ane gak susah untuk dipahami ama anak kelas 2 SD :malu: lol iye juga sih gan :d
kurikulum anak sd jaman skrng memang rumit gan, jangankan murid gurunya aja bisa bingung gan. mertua ane guru sd gan, dan dia jg sering bingung gmn caranya menjelaskan ke anak sd soal2 ky gni sekali lagi mari kita tanyakan mendikbud yang bergoyang
ya karena konteks beda inilah nggak boleh sembarangan dipahami.. foto 3x4 dan foto 4x3 kan juga beda... orang banyakan hanya mempedulikan hasil akhir tanpa melihat konsep sendiri, walaupun dalam hitungan hasil sama tapi dalam kenyataan tidak dikenal hasil sama kalau prosesnya beda... orang-orang
Ane baru tau klo ada pelajaran kayak gitu.........pan hasilnya sama aja....cuma kali kalian aja...toh nanti jga munculny paling di pilihan ganda waktu tes...jadi lgsg jawaban bukan proses......klo mnurut ane sih gurunya harusnya klo pgn ngajarin yg kyk buku...jangan gampang maen kasih salah ke an...
waktu ane belajar matematika pas skolah dulu emang 6x4 itu 4+4+4+4+4+4 gan enam kali empat artinya 4 dilipatgandakan sebanyak 6 kali. jadi menurut ane gurunya ya ga salah juga gan btw seinget ane dulu ane belajar konsep perkalian gini bukan kelas 2 deh.. sama gan, jangan2 kita satu SD :D
Menurut ane si guru ga salah soalnya memperhatikan proses, trus si kakaknya ga salah krn memperhatkan hasil. Yang ane bingungnya kok soal kayak gini dikasih sama anak kelas 2 sd? Kalo dikasih sama anak smp lah oke aja, toh anak smp nalarnya udah jalan. Nah anak kelas 2 sd kalo dikasih soal cerita...
Tapi kata tetangga ane nyang tukang cetak foto; 2 x 3 = 1000 3 x 4 = 1000 4 x 6 = 1000 :hammer lol, bantu sundul komen ginian lah ane :hammer :hammer :hammer
tapi jgn disamain matematika dgn takaran obat juga kali ... takaran obat udh pasti matematika tapi matematika blum pasti takaran obat ... volume balok rumusnya (P x L x T) misal P=2, L=3, T=4 ... Berarti kalo mau cari jawabannya harusnya 2 x 3 x 4 kan ? Bolehkah kalo cari jawabannya pakai cara 4 ...
tentu dalam kenyataan aja, tentu beda antara yang minum obat 3x1 hari dengan 1x3 hari walaupun sama-sama 3 yang diminum... kalau dilihat dari hitungan jumlahnya memang sama tapi konsekuensi dari perbuatannya dalam kenyataan kan beda.. katanya yang buat mahasiswa undip harusnya kan tau, dia mencampu
ini masalah konsep gan... anak kelas 2 SD wajar diajarin konsep, supaya tertanam betul di otaknya.. klo mau kreatif pake cara sendiri pasti nanti ada waktunya.. klo dari kelas 2 SD tiap murid udah dikasih kebebasan buat ngerjain segala sesuatu sesuka hati, bakal susah ngaturnya kedepan.. apalagi da
https://fbcdn-sphotos-e-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xfp1/v/t1.0-9/10550892_810391388981652_5245968892636964881_n.jpg?oh=2c2644b05b94bb8cca2b2 9cd03d54a1b&oe=54D0C2C7&__gda__=1417899342_4b84dcf3a53e3ff60f70926957e9669b berani gak revisi bukunya, terus cantumkan 3+3+3+3 tidak sama dengan 4X3???
Makanya seorang guru mengajar selalu berpedoman dengan buku pelajaran yang sama dengan buku pelajaran yang di pegang muridnya. Kalau tidak di ambil dari pedoman buku pelajaran, guru juga pasti akan bingung untuk mengasih nilai dari jawaban masing masing murid. karena akan banyak jawaban jadinya :ng
Ini gurunya yang bener memang berbeda antara 4x6 dan 6x4 .. setelah ini harusnya muridnya di jelasin biar ga salah lagi .. sama kasusnya dengan 2+2x4 = 16 harusnya yang bener 2+2x4 = 10 karna perkalian di utamakan dari pada penjumlahan ... logic ente bener gan, tapi konteks masalahnya beda. masal
Mendingan kita bikin gerakan "Menghapus Matematika dari peta ilmu pengetahuan dunia" Matematika itu ribet, kaya hidup Lo ! matematika itu ribet, tapi ngitung duit juga pake matematika sederhana gan :salaman
Orang kayak ente gan yang bikin Indonesia ga maju maju, gak menghargai prosesnya yang penting hasilnya. Gak ada yg instant gan, mie instant aja mesti dimasak dulu. yoi gan, ane dukung ente, hidup indomi*e dan penilaian proses!
n+n+n+n+n+n= 6n n=4 maka 4+4+4+4+4+4=6.4 = 6x4 bener ga ya? :ngakak logicnya udah bener, tapi banyak jalan menuju roma gan permasalahannya. masalahnya bukan romanya tapi jalan menuju ke sononya :salaman