sama... yang beda di ekstrior cuma lampu + bemper depan - belakang + lampu kabut + panel bonnet samping kiri - kanan
- sisi konfigurasi gerak FF yang katanya inferior dibanding konfigurasi gerak FR xenia kembar - bikinan india yang katanya kalah bagus sama bikinan merk jepang walo aslinya ertiga itu rakitan tambun trus pada kenyataannya nggak semua merk jepang kualitasnya bagus - jarak bodi - tanah yang katany...
ada sih beberapa mekanik yang bisa nego, sayangnya mekanik senior juga nggak semua BeRes ada mekanik yang seperti itu. sisanya ya terserah diri & pilihan masing-masing aja, ada kelebihan + kekurangan yang baik BeRes atau bengkel non resmi punya. intinya do at your own risk.
ya nggak semua BeRes gitu lah... skill mekanik juga nggak semuanya bisa "work smart"... tapi kalo udah ada bengkel langganan non BeRes yang bisa handling servis mobil & puas sama kinerjanya juga nggak masalah, asal bagi-bagi info aja buat alternatif bengkel non resmi.
cari yang bahannya perforated buat bantu buang panas badan juga termasuk wajib telaten ngerawat bahan kulit.... harga nggak bisa bohong sih kalo pake kover kulit. banyak tuh, dari MBTech, dll... tapi enakan cari sarung jok fabric biar punggung nggak gerah... ======================== GL blom ada ...
ya jelas goyang dombret... bodi tinggi kaya lemari gitu :D cruising maksimal 120 kpj udah lebih dari cukup lah
lha emang apaan ? :ngakak jawabannya di quote bawah nggak, istilahnya batch rakitan 2 :p udah ada DB + opsi transmisi matik... komponen DB sendiri make kompresor + komponen yg lebih disesuaikan buat iklim INA (rumornya komponen produksi domestik). moga-moga aja nggak meleset lagi info kabur + ...
kayanya nggak semua unit tahun 2010 rusak di part itu.... saya punya unit 2007 arena batch produksi awal sama sekali enggak ngalamin problem di kopling dan itu mobil udah 5 tahun umurnya lho :D
nunggu GL graphite gray akhir tahun hehehe :D tadinya mau ikut antrian batch awal tapi karena dari SIS over target trus inden sampe 4 bulan juga beberapa pertimbangan lain ya bersabar nunggu ertiga rakitan batch 2 :o moga-moga ekspektasi clue dari internal cap S gak meleset jauh soal unit kompre...
no tetep salah dan rancu.... karena ertiga masuk disini dalam kondisi terurai per parts... bukan "rakitan" utuh langsung jadi satu unit mobil utuh. baru begitu sampe di INA dirakit jadi satu unit utuh dan statusnya CKD produksi (rakitan) INA... bukan seperti di kalimat yang ditebelin d...
soalnya kan irit - boros buat bantet kan relatif tergantung isi kabin, sikon jalan sama kaki si supir... apalagi buat tipe 2, sedikit sekolah mesin, supirnya juga sekolah kaki, pake bensin yang nggeunah bisa dapet 1:16 kembali ke *syarat & ketentuan berlaku* hehehe van yang berat kosong hampir 1...
koreksi... CKD itu artinya mobil / barang sudah dirakit di dalam negeri tujuan target pemasaran. era 80 - 90an populer dengan istilah assembling. pada dasarnya tetap impor tapi bukan dalam bentuk produk utuh tapi dalam keadaan terurai komponennya, semacam LEGO atau model kit. tinggal dirakit jad...
sori ngetiknya agak buru-buru jadi lupa nambahin keterangan lagi, soal teknik pengereman banyak variannya tergantung ke si supir... kalo dalam kasus saya, saya sendiri masih dalam tahap belajar ngerem pake kaki kiri juga terus ngelatih reflek kaki kanan. kebanyakan orang sih kalo ngerem + gas ...
bad news is good news... berita lebay, lagian ertiga batch produksi awal udah mulai dan CKD bukan CBU. kalo memang sedikit ya pantes bersyukur pake mobil nggak pasaran. rem ngunci itu bukan karena bentuk + tipe rotor cakram, tapi dari injekan kaki kiri. untuk mobil yang nggak dilengkapi ABS-EB...
pertamax naik lagi sampe 10200 :hammer: bensin perancis sama bensin belanda nangkring di harga 9950 oktan 92, oktan 95 beda 50 perak sama bensin impor dalam negeri. urusan gps vs odo, itu karena kalibrasi satelit gps di INA masih nggak bagus...
bisa dibersihin... kalo main ke fatmawati, dutamas cari aja toko syifa jaya di lantai 1 (bukan lantai dasar yg ada toko jaya abadi ya)
nggak doyan matik om.... tetep doyan manual, karena nggak dapet feeling enjoy nyetir matik di INA.... lain kalo di negara tetangga :D mau tukeran sama lemari dirumah, sayang sih walo mesinnya badak bin bengis karena pake mesin carry futura & vitara :o kalo dobel blower.... masih sabar nunggu inf...
oplos pertamax (atau setara) - premium aja om.... mahalnya gak berasa kalo isi pertamax full tank :D toh sekarang shell super 92 sama total performance 92 udah turun lagi di harga 9850... ada info malah Repsol mau ikutan jualan bensin di INA :o