setidaknya klakson standar bantet lebih ada "wibawa" dibanding make punya kaleng kembar :D btw, tadi di tol jorr disalip elgrand yang cukup annoying. minta jalan tapi provokasi make mepet di pantat bantet + ngasih lampu dim & klakson panjang. bukannya ane ga mau ngasih, tapi lajur 2 & 1...
ceper banget ya jangan om, kondisi jalan di INA kan serasa lagi ada suasana perang sipil. mending kalo mau ceper maksimal 10 cm aja atau +/- setara jarak 3 jari (ban-bibir fender)
tetep lebih murah bawa dingklik om, termasuk nyiapin towing rope, kabel jumper & jack stand buat emerjensi :D *jadi support car buat turing jarak jauh deh :p
urusan bbm relatif om, bantet saya dirumah juga buat sunday car doang, begitu servis di panji jadinya bener-bener low maintenance van :D hmsl-nya itu komponen buat apv versi ekspor om, ga dipasang di model domestik.
ntar kalo nemu desktop langsung masuk ke post #2. setelan 0.30 buat arena sih belum pernah uji ulang lagi.
* kayaknya sebelum ribut2 soal masalah kualitas bensin, om udah ngomel2 soal ini 3 taon yang lalu deh, pas masih pake escudo 1.6 ... http://jhariman.multiply.com/journal/item/16/Escudo_This_is_our_Countrys_Fuel_Quality_... ketahuan, yang sekarang2 pada komplen, dulunya gak pernah turun tangki ...
kalo setelan beres suzuki : 0.30 buat tipe 1 m/t & 0.15 buat tipe 1 a/t juga buat tipe 2 a/t & m/t. tapi setelan panji auto, setelan klepnya buat semua tipe di 0.15
beda om, apv make mesin g15a & g16a (ekspor) yang basisnya dari seri G kaya yang dipake vitara/escudo/sidekick, carry futura, esteem/cultus & every. kalo maven make mesin punyanya colt t120ss yang udah naik kapasitas silinder
kompresi 9 keatas lebih baik bbm oktan 92 atau setara pertamax om, bisa pake bbm oktan 88 kaya premium tapi dengan konsekuensi tenaga mesin jeblok, FC boros & musti rajin bersihin fuel pump di kelipatan odometer 30-35 ribu km. di bantet saya kadang make premium, kadang pertamax atau shell super,...
soalnya kalo liat jalurnya punya arena, dari fuel pump kehubung ke tabung vakum baru diterusin ke injektor di cylinder head. belum lagi jalur kabelnya yang beda, kalopun bisa make fuel pump punya kembarannya (mitsubishi maven) belum tentu setelan, jalur bensin & sensor lain di fuel pump termasuk ...
saat ini belum ada, setelah nanya langsung ke kenalan. kalopun ada agak riskan kalo mau eksperimen, takutnya merembet ke ecu atawa injektor mesin kalo setelannya ga cocok.
barusan nanya fuel pump ke #312 trus buat urusan part pengganti ga bisa make punya xl-7 karena ukuran diameter beda juga nosel injektornya beda setelan + ukuran. kalo harga part-nya sekitar 800 ribu