djostie19Avatar border
TS
djostie19
Pemuda masa kini, Miris gan (Sumpah Pemuda yang pudar)
ane mau berbagi pengalaman seputar Sumpah Pemuda gan, ceritanya ini real ane alami di kampus ane waktu ane lagi jadi SC (steering commitee) ospek.

Waktu itu lagi masa ospek mahasiswa baru tahun 2013 (masih anget gan), ceritanya ane jadi pendamping Presiden BEM di kampus ane. Pagi2 banget ane udah nemenin Pres BEM ane keliling kampus buat mantau situasi ospek, terutama kita mantau mahasiswa baru (re: MABA) yang pada kena hukuman sama komdis gara2 telat.

Kita liat tindakan para komdis udah bikin nih maba tegang banget, akhirnya karena si Pres BEM ane agak kasian, Pres BEM ane minta hukumannya diganti jadi nyebutin pancasila, teks sumpah pemuda dan nyanyiin lagu garuda pancasila.

Betapa terkejut dan mirisnya ane gan, ternyata dari sekitar 2000an mahasiswa di kampus ane, dan yang kena hukuman komdis hampir 1/3nya, ternyata mereka ga pada hapal itu pancasila (yg cuma 5 doang, selalu kita baca tiap upacara) dan ga hapal teks Sumpah Pemuda.

Apa emang gini ya gan gambaran anak muda jaman sekarang? melupakan apa yg kakek/nenek moyang kita perjuangkan dulu. hanya sebuah teks simple berjudul SUMPAH PEMUDA dan 5 point Dasar negara kita (PANCASILA). mungkin itu juga yg menyebabkan kenapa negara kita sekarang gampang terpecah ya gan? karena secara dasarnya aja mereka ga ngerti dan ga tau. Sudah sebegitu terlupakan kah dasar negara kita ini dan sumpah perjuangan & persatuan pemuda kita (Sumpah Pemuda)??

Apakah persatuan dan kesatuan pemuda pemudi indonesia sekarang hanya tampak pada saat tawuran dan perselisihan saja? atau persatuan hanya milik golongan tertentu saja (bukan persatuan BANGSA)?(mudah2an engga)

Memang perlu peranan kita semua buat mengingatkan lagi tentang sejarah2 negara ini gan, apalagi berhubungan sm persatuan dan kesatuan kita sebagai BANGSA INDONESIA.

sebagai bonus ane kasih teks sumpah pemuda yang asli gan, biar pemuda pemudi indonesia sekarang bisa inget lagi

Quote:


Sekalian Teks PANCASILA
Quote:


ini foto waktu kongres Pemuda 2


threads ane yg lain gan
Quote:




mampir lapak dagangan ane gan
Spoiler for lapak dagangan:
Diubah oleh djostie19 11-11-2013 10:03
0
6.2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan