- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Seserahan Dalam Perkimpoian #2


TS
babisarden
Seserahan Dalam Perkimpoian #2

[/CENTER]
Spoiler for Tambahan dari Thread Pertama:
Quote:
Original Posted By Martin2504►untuk pisan adalah sebagai simbol gan
simbol berdoa kepada tuhan yang maha esa
lihat bentuk pisan yang mirip tangan menengadah
sekian
kalo di ceritain tentang pisang ini ane bakalan capek ngetiknya
simbol berdoa kepada tuhan yang maha esa
lihat bentuk pisan yang mirip tangan menengadah

sekian

kalo di ceritain tentang pisang ini ane bakalan capek ngetiknya

Quote:
Original Posted By vinz438►ane tambahin gan
buat cincin kimpoi selain monel dan kuningan, bahan paladium juga bisa dipake gan, desainnya juga arat2 lumayan cukup bagus menurut anet
buat cincin kimpoi selain monel dan kuningan, bahan paladium juga bisa dipake gan, desainnya juga arat2 lumayan cukup bagus menurut anet

Quote:
Original Posted By mimizie►ane orang betawi, klo di keluarga ane biasa nya klo habis nikah dan keluarga mempelai priA mau pulang dikasih yg namanya " sorokan" (klo ga salah itu namanya)
biasanya berisi lauk pauk matang sama buah2an.... nah biasanya sorokan itu jg dibagi2 kesanak keluarga pria

biasanya berisi lauk pauk matang sama buah2an.... nah biasanya sorokan itu jg dibagi2 kesanak keluarga pria



Quote:
Original Posted By ndiechan►Kalo dulu ane seserahan kayaknya lbh ribet deh gan.. List ane :
1 seperangkat alat sholat
2 make up
3 baju kantor, tas, sepatu kantor
4 tas sepatu pesta
5 bahan kebaya dan batik 2 set
6 perlengkapan mandi
7 mas kimpoi perhiasan
8 mas kimpoi uang (uang yg dihias2)
9 lingerie cd bra 3 set
Kalo ga salah ada aturannya gan.. Kalo jawa paling bagus 9 hantaran.. Sisanya berupa buah2 an dan kue2 biasanya.. cMIIW
Kalo berkenan bole taro page one..
1 seperangkat alat sholat
2 make up
3 baju kantor, tas, sepatu kantor
4 tas sepatu pesta
5 bahan kebaya dan batik 2 set
6 perlengkapan mandi
7 mas kimpoi perhiasan
8 mas kimpoi uang (uang yg dihias2)
9 lingerie cd bra 3 set
Kalo ga salah ada aturannya gan.. Kalo jawa paling bagus 9 hantaran.. Sisanya berupa buah2 an dan kue2 biasanya.. cMIIW
Kalo berkenan bole taro page one..

Quote:
Original Posted By nievand►Nambahin gan..di ditempat ane (Jawa) selain itu juga ditambah sama ini gan..
Spoiler for Jago:

Quote:
Original Posted By riomilan►Nambahin gan, adat jawa ya..
Tebu : Anteping kalbu (ketetapan hati)
Cengkir gading : kencenging pikir (kemantapan pikiran)

Tebu : Anteping kalbu (ketetapan hati)
Cengkir gading : kencenging pikir (kemantapan pikiran)

Quote:
Original Posted By 64m64n9s►
berdasarkan pengalaman ane tuh swaktu mau nikah dengan bini ane (etnis sunda)......
ada kepercayaan untuk membawa benda bernama SEENG (dandang untuk menanak beras). kayak gini nih wujudnya :

ane sempat ditakut-takutin ama keluarga calon bini waktu itu....kata mereka kalau gak bawa benda itu nanti terjadi hal-hal yang tak diinginkan......percaya gak percaya .....sering kejadian...kata mereka.
dibandingkan dengan kejadian kakak ipar ane yang lupa bawa bininya pulang abis beli baso di warung agak jauh dari rumah......padahal baru kelar nikahan 3 hari tuh.....kata mereka itu karena gak bawa SEENG......
ya ane ketawa ngakak.....dan marah juga......logikanya gak nyambung......dasar pemikirannya darimana ? landasan hukumnya darimana ? quran surat apa, ayat berapa ? hadist nomor berapa ? mereka gak bisa jawab......cuma kasi alasan .....itu tradisi dan kepercayaan orang-orang tua dan nenek moyang katanya......
ya ane langsung nolak lah......sampai ane tantang debatin tuh dengan buka dalil dan kitab masing-masing.....gak berani mereka......
akhirnya mereka ngalah.....bilang ke ane bahwa itu cuma formalitas dan simbolis awal berumah tangga......gak maksa dengan ancaman lagi ....hehe....akhirnya ane cuma kasi duit untuk simbolisnya....males ane cari, beli, dan bawa benda gituan....ribet.....
akhirnya nikah juga tuh......gak ada pakai acara mandi siraman, dll tuh.....karena gak ada dasarnya dalam islam sebagai agama ane.....karena ane minta dan tegasin ke mereka....jika pengen rumah tangga sakinah, mawaddah, warohmah....maka saat mau nikah itu jangan dicampuri dengan klenik-klenik dan kepercayaan dari nenek moyang lah......
syukur alhamdu lillah semua berjalan lancar, cuaca juga bersahabat, tamu banyak yang datang, tidak ada kendala apapun. berserah diri kepada ALLAH setelah rencanakan dan siapkan semuanya dengan baik.

berdasarkan pengalaman ane tuh swaktu mau nikah dengan bini ane (etnis sunda)......
ada kepercayaan untuk membawa benda bernama SEENG (dandang untuk menanak beras). kayak gini nih wujudnya :

ane sempat ditakut-takutin ama keluarga calon bini waktu itu....kata mereka kalau gak bawa benda itu nanti terjadi hal-hal yang tak diinginkan......percaya gak percaya .....sering kejadian...kata mereka.
dibandingkan dengan kejadian kakak ipar ane yang lupa bawa bininya pulang abis beli baso di warung agak jauh dari rumah......padahal baru kelar nikahan 3 hari tuh.....kata mereka itu karena gak bawa SEENG......
ya ane ketawa ngakak.....dan marah juga......logikanya gak nyambung......dasar pemikirannya darimana ? landasan hukumnya darimana ? quran surat apa, ayat berapa ? hadist nomor berapa ? mereka gak bisa jawab......cuma kasi alasan .....itu tradisi dan kepercayaan orang-orang tua dan nenek moyang katanya......
ya ane langsung nolak lah......sampai ane tantang debatin tuh dengan buka dalil dan kitab masing-masing.....gak berani mereka......
akhirnya mereka ngalah.....bilang ke ane bahwa itu cuma formalitas dan simbolis awal berumah tangga......gak maksa dengan ancaman lagi ....hehe....akhirnya ane cuma kasi duit untuk simbolisnya....males ane cari, beli, dan bawa benda gituan....ribet.....
akhirnya nikah juga tuh......gak ada pakai acara mandi siraman, dll tuh.....karena gak ada dasarnya dalam islam sebagai agama ane.....karena ane minta dan tegasin ke mereka....jika pengen rumah tangga sakinah, mawaddah, warohmah....maka saat mau nikah itu jangan dicampuri dengan klenik-klenik dan kepercayaan dari nenek moyang lah......
syukur alhamdu lillah semua berjalan lancar, cuaca juga bersahabat, tamu banyak yang datang, tidak ada kendala apapun. berserah diri kepada ALLAH setelah rencanakan dan siapkan semuanya dengan baik.

Quote:
Original Posted By danrer.danrer►kalo batak namanya sinamot gan,bentuk nya uang,makin besar sinamot makin terpandang ente wkwk
eh itu buah nya gile bagus amat sayang dimakan
eh itu buah nya gile bagus amat sayang dimakan
Quote:
Quote:
Original Posted By 5usako►Kalo di makasar tuh maharnya gak kuat biasa ratusan juta 

Quote:
Original Posted By solehikhsanudin►pada dasarnya yang namanya tradisi itu bersifat hablum minannas yang sifatnya baik dan berpahala, namun yang justru jadi mudharat itu kalo gak mampu tapi dipaksakan harus mengikuti rangkaian tradisi tersebut
Quote:
Original Posted By finalattack►buat yang Islam, sebenarnya liat aja gimana kalo Rasul nikah/menikahkan, simple 
dan setau ane resepsi juga ga ada, adanya walimah, syukuran gitu
tapi kalo budaya di kita, ga resepsi ya gengsi, apalagi kalo nikahin anak pejabat, tengsin brooo

dan setau ane resepsi juga ga ada, adanya walimah, syukuran gitu

tapi kalo budaya di kita, ga resepsi ya gengsi, apalagi kalo nikahin anak pejabat, tengsin brooo

Quote:
Original Posted By MorningStar7►Wah.. Kata guru agama ane mah kalo nikah yang penting akadnya.. 
Kalo seserahan, resepsi,dan ritual yg lain itu sesuatu hal yang di sebut adat..
Jikalau memang memiliki kemampuan untuk melakukan acara2 tersebut tidak masalah..
CMIIW..

Kalo seserahan, resepsi,dan ritual yg lain itu sesuatu hal yang di sebut adat..
Jikalau memang memiliki kemampuan untuk melakukan acara2 tersebut tidak masalah..
CMIIW..

Quote:
Original Posted By mumumucmuc►mulangin sirih kalo didaerahku mungkn namanya ngunduh mantu gan ane daerah jateng blora
kalo masalah menentukan hari dan tanggal tu ada filosofinya gan
kata kakek ane dulu waktu ngaji dijelasin kalo wali dahulu tu orangnya kan telaten (teliti) makanya hari tu selalu diitung diingat-ingat dan maksud dari memilih tanggal tu agar kita tu terhindar dari NAS atau HARI SIAL kita gan makanya pemilihan hari emang ngak asal gan. memang sih semua hari baik tapi kalo kita lebih teliti dan mau menghitung tiap rincinya ada benarnya juga gan, makanya kadang kita ngerasa kok sial dihari-hari tertentu. memang nasib taqdir udah diatur gan tapi kalo kita pada awalnya hati-hati yang harusnya kecelakaan cidera mungkin kita ngak jadi cidera gan, bisa juga pas nikah ngak boleh lewat pintu timur harus muter dulu kepintu barat mungkn contohnya kecilnya kayak gitu gan.
ane juga pernah diajarin cara ngitung hari dan ada bukunya juga mungkin buku sama umur ane tuaan buku itu gan dan bener saja g sembarangan orang bisa ngitung kayak gitu
mungkin bisa dipejwan gan, maaf kalo acak-acakan maklum pakek opmin
kalo masalah menentukan hari dan tanggal tu ada filosofinya gan
kata kakek ane dulu waktu ngaji dijelasin kalo wali dahulu tu orangnya kan telaten (teliti) makanya hari tu selalu diitung diingat-ingat dan maksud dari memilih tanggal tu agar kita tu terhindar dari NAS atau HARI SIAL kita gan makanya pemilihan hari emang ngak asal gan. memang sih semua hari baik tapi kalo kita lebih teliti dan mau menghitung tiap rincinya ada benarnya juga gan, makanya kadang kita ngerasa kok sial dihari-hari tertentu. memang nasib taqdir udah diatur gan tapi kalo kita pada awalnya hati-hati yang harusnya kecelakaan cidera mungkin kita ngak jadi cidera gan, bisa juga pas nikah ngak boleh lewat pintu timur harus muter dulu kepintu barat mungkn contohnya kecilnya kayak gitu gan.
ane juga pernah diajarin cara ngitung hari dan ada bukunya juga mungkin buku sama umur ane tuaan buku itu gan dan bener saja g sembarangan orang bisa ngitung kayak gitu
mungkin bisa dipejwan gan, maaf kalo acak-acakan maklum pakek opmin
Quote:
Original Posted By fuchu.gold►enak kalau di jawa gan seserahan bisa seperangkat alat sholat
kalau di sulsel bisa bernilai puluhan sampai ratusan juta rupiah
harus ada seperengkat emas
seperangkat alat Sholat
Edit: seperangkat alat kosmetik
trus uang belanja (ini yang bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta tergantung strata sosial)
jadi agan yang ingin meminang gadis Bugis Makassar dengan strata sosial kelas atas, siapkan budget yang besar gan
kalau di sulsel bisa bernilai puluhan sampai ratusan juta rupiah
harus ada seperengkat emas
seperangkat alat Sholat
Edit: seperangkat alat kosmetik
trus uang belanja (ini yang bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta tergantung strata sosial)
jadi agan yang ingin meminang gadis Bugis Makassar dengan strata sosial kelas atas, siapkan budget yang besar gan

Quote:
Original Posted By ltachi►Kalo di bigis makassar namanya mappenre bonting 
Waktu mahar di bawa duitnya.
Pas hari h mesti bawa lagi sacam sesajen dan perlengkapan wanita

Waktu mahar di bawa duitnya.
Pas hari h mesti bawa lagi sacam sesajen dan perlengkapan wanita

Quote:
Original Posted By anoman_obong►kalo ditanya pendapat ane, seserahan itu nggak wajib gan.. cuma nggak salah juga buat dilakuin, dengan catatan:
1. kita ngadain seserahan bukan karena sekedar ngikutin adat.. karena kalo sekedar ngikutin adat, bisa jadi malah berlebih-lebih melampaui kemampuan kita
2. kalo kita ngadain seserahan karena dibilangin "kasih seserahan ini biar hidup sejahtera, anak pinter, dll" bisa menjurus musrik gan.. karena kita seolah meminta kesejahteraan dll kebahagiaan hidup pasca pernikahan kepada seserahan, bukan kepada Tuhan
3. kita ngadain seserahan buat mempelajari filosofi di baliknya.. misalnya sepatu melambangkan menapak bersama dll
4. kalo orangtua agan atau calon mertua agan sama2 memegang adat dan mereka menganggap seserahan itu perlu, sebaiknya agan usahain ada seserahan.. karena kalo agan nggak nyertain seserahan, mereka akan nganggep "kok nggak ada seserahan? berasa ada yang kurang ya ritualnya"
ane sendiri waktu merit juga pake seserahan gan.. karena keinginan orang tua kedua belah pihak.. ya ane sih nganggepnya buat belajar filosofinya aja.. sama ngejaga hubungan baik antara kedua orang tua, soalnya mereka udah nganggep seserahan itu perlu
1. kita ngadain seserahan bukan karena sekedar ngikutin adat.. karena kalo sekedar ngikutin adat, bisa jadi malah berlebih-lebih melampaui kemampuan kita
2. kalo kita ngadain seserahan karena dibilangin "kasih seserahan ini biar hidup sejahtera, anak pinter, dll" bisa menjurus musrik gan.. karena kita seolah meminta kesejahteraan dll kebahagiaan hidup pasca pernikahan kepada seserahan, bukan kepada Tuhan
3. kita ngadain seserahan buat mempelajari filosofi di baliknya.. misalnya sepatu melambangkan menapak bersama dll
4. kalo orangtua agan atau calon mertua agan sama2 memegang adat dan mereka menganggap seserahan itu perlu, sebaiknya agan usahain ada seserahan.. karena kalo agan nggak nyertain seserahan, mereka akan nganggep "kok nggak ada seserahan? berasa ada yang kurang ya ritualnya"
ane sendiri waktu merit juga pake seserahan gan.. karena keinginan orang tua kedua belah pihak.. ya ane sih nganggepnya buat belajar filosofinya aja.. sama ngejaga hubungan baik antara kedua orang tua, soalnya mereka udah nganggep seserahan itu perlu
Quote:
Original Posted By blezzsucker►Nambahin gan, adat jawa ya..
Tebu : Anteping kalbu (ketetapan hati)
Cengkir gading : kencenging pikir (kemantapan pikiran)
Tebu : Anteping kalbu (ketetapan hati)
Cengkir gading : kencenging pikir (kemantapan pikiran)
Quote:
Original Posted By khaniara►Ane dulu dapat seserahan gan. Kalau orang Solo dari ibu mertua buat menantu.
Halo agan sekalian,
Terimakasih sudah mampir di thread kedua ane tentang asal usul seserahan dalam pernikahan #2.
Terimakasih sudah mampir di thread kedua ane tentang asal usul seserahan dalam pernikahan #2.
Berhubung antusiasme warga kaskus tentang seserahan dalam pernikahan ini amat besar maka ane memutuskan untuk membuat thread lanjutan dari thread sebelumnya #1 HT Asal Usul Seserahan Dalam Pernikahan


Quote:
Seserahan Adat Batak

Suku Batak terkenal dengan adat istiadatnya yang sangat rumit dan unik, posisi adat dalam suku Batak berada pada urutan kedua setelah Agama.Pernikahan bagi masyarakat Batak khususnya orang Toba wajib dilaksanakan dengan menjalankan sejumlah ritual perkimpoian adat Batak setelah menerima pemberkatan dari Gereja. Dalam keunikan dan ragam keistimewaannya, upacara pernikahan adat Batak Toba cukup merepotkan, apabila dibandingkan dengan pernikahan suku-suku lain yang ada di Indonesia.
1. Ulos

Konon, dari tradisi ini lahirnya ungkapan bahwa, bagi leluhur orang Batak, ada tiga sumber yang memberi kehangatan pada manusia, yakni matahari, api dan Ulos. Jika sumber panas matahari dan api terbatas oleh ruang dan waktu, maka tidak demikian dengan Ulos, yang bisa memberi kehangatan kapanpun dan dimanapun.
Sementara, Ulos penutup kepala pada masyarakat Batak Toba dikenal dengan sebutanSorotali. Sortali itu sendiri adalah ikat kepala yang fungsinya seperti mahkota. Biasanya dibuat dari bahan tembaga yang disepuh dengan emas, lalu dibungkus dengan kain merah
2. Cincin Emas
Dalam hal ini pihak pria melakukan kunjungan tidak resmi ke rumah wanita dalam rangka penjajakan atau perkenalan pihak keluarga pria kepada orang tua wanita, biasanya diutus dua atau tiga orang dari pihak pria. Jika pihak wanita terbuka untuk menerima peminangan maka pihak orang tua pria memberikan tanda kasih (tanda holong dan pihak wanita memberi tanda mata) berupa kain, cincin emas, dan lain-lain. Ini disebut juga Mangarisika
3. Mas kimpoi
Marhusip (Indo: berbisik), marhusip bukan dalam artian pihak pria dan pihak wanita berbisik-bisik. Akan tetapi pembicaraan antara kedua belah pihak yang melamar dan yang dilamar, terbatas dalam hubungan kerabat terdekat dan belum diketahui oleh umum. Tahap ini adalah kelanjutan dari mangarisika, yaitu acara bertamu antara orang tua serta kerabat pria kepada orang tua serta kerabat wanita.
Akan tetapi akhir-akhir ini acara Marhori hori Dinding sudah agak melenceng dari sebenarnya dimana acara ini tidak hanya menjajaki lagi namun sudah langsung membicarakan hal-hal pokok seperti berapa besarnya nilai Mas kimpoi / sinamot yang akan diberikan pihak pria kepada pihak perempuan tersebut, tempat Pesta Pernikahan, akan tetapi pembicaraan ini belum bersifat resmi.
4. Jambar Juhut

dalam adat Batak, pihak pria “membeli” wanita yang akan jadi istrinya dari calon mertua. Jumlah sinamot yang akan dibayarkan pria kepada pihak wanita dibicarakan dalam acara ini, sebelum membicarakan jumlah sinamot, terlebih dahulu acara makan bersama yang dihadiri beberapa orang pihak pria dan wanita. Acara ini dilakukan di rumah kaum wanita, pihak pria (tanpa pengantin) datang ke rumah wanita membawa juhut/daging dan makanan untuk dimakan bersama. Setelah makan bersama dilanjutkan dengan pembagian Jambar Juhut (daging) kepada anggota kerabat, yang terdiri dari :
1. Kerabat marga ibu (hula-hula)
2. Kerabat marga ayah (dongan tubu)
3. Anggota marga menantu (boru)
4. Pengetuai (orang-orang tua)/pariban
5. Diakhir kegiatan Pudun Saut maka pihak keluarga wanita dan pria bersepakat menentukan waktu Martumpol dan Pamasu-masuon.
Dalam acara ini ada beberapa hal pokok yang dibicarakan yaitu:
1. Sinamot.
2. Ulos
3. Parjuhut dan Jambar
4. Jumlah undangan
6. Tanggal dan tempat pesta.
7. Tatacara adat
Ini disebut juga Marhata Sinamot
Dan selanjutnya TS akan membahas lebih lanjut tentang pesta adatnya
Martumpol
Acara ini adalah penanda-tanganan persetujuan pernikahan oleh orang tua kedua belah pihak atas rencana perkimpoian anak-anak mereka dihadapan pejabat gereja. Martumpol dilakukan biasanya dua minggu sebelum pesta pernikahan. Dalam acara ini kedua pengantin ikut hadir serta anggota keluarga ke Gereja. Selanjutnya pejabat gereja mewartakan rencana pernikahan dari kedua mempelai melalui warta jemaat, yang biasa disebut dengan Tingting (baca : tikting) seperti pemberitahuan bahwa kedua belah pihak akan menikah. Tingting harus dilakukan dua kali hari minggu berturut-turut, setelah dua kali tingting tidak ada gugatan dari pihak lain baru dapat dilanjutkan dengan pemberkatan nikah (pamasu-masuon).
Martonggo Raja
Martonggo raja adalah suatu kegiatan pra pesta/acara yang bersifat seremonial yang mutlak diselenggarakan oleh penyelenggara pesta/acara yang bertujuan untuk empersiapkan kepentingan pesta/acara yang bersifat teknis dan non teknis, dalam acara ini biasanya dihadiri oleh teman satu kampung, dongan tubu (saudara). Pihak hasuhuton (tuan rumah) memohon izin pada masyarakat sekitar terutama dongan sahuta (temansekampung) untuk mebantu mepersiapkan acara dan penggunaan fasilitas umum pada pesta yang telah direncanakan.
Manjalo Pasu-pasu Parbagason
Pemberkatan pernikahan kedua mempelai dilakukan di Gereja oleh Pendeta, setelah pemberkatan pernikahan selesai maka kedua mempelai sudah sah sebagai suami-istri menurut gereja. Setelah pemberkatan dari Gereja selesai, kemudian kedua belah pihak pulang ke rumah untuk mengadakan acara adat Batak dimana pesta ini dihadiri oleh seluruh undangan dari pihak pria dan wanita.
Pesta Unjuk
Setelah selesai pemberkatan dari Gereja, kedua mempelai juga menerima pemberkatan dari adat yaitu dari seluruh keluarga terkhusus kedua orang tua. Dalam pesta adat inilah disampaikan doa-doa bagi kedua mempelai yang diwakili dengan pemberian ulos. Kemudian dilakukan pembagian jambar (jatah) berupa daging dan juga uang yaitu:
1. Jambar yang dibagi-bagikan untuk pihak wanita adalah jambar juhut (daging) dan jambar uang (tuhor ni boru) dibagi menurut peraturan.
2. Jambar yang dibagi-bagikan bagi pihak pria adalah dengke (baca : dekke/ ikan mas arsik) dan ulos yang dibagi menurut peraturan. Pesta Unjuk ini diakhiri dengan membawa pulang pengantin ke rumah paranak.
Mangihut di ampang
Dialap Jual artinya jika pesta pernikahan diadakan di kediaman kaum wanita, maka dilakukanlah acara membawa mempelai wanita ke tempat mempelai pria.
Ditaruhon Jual
Jika pesta untuk pernikahan itu dilakukan di rumah mempelai pria, maka mempelai wanita dibolehkan pulang ke tempat orang tuanya untuk kemudian diantar lagi oleh para namborunya ke tempat namborunya. Dalam hal ini paranak wajib memberikan upa manaru (upah mengantar), sedang dalam dialap jual upa manaru tidak dikenal.
Paulak Unea
a. Seminggu setelah pesta adat dan wanita tinggal bersama dengan suaminya, maka pihak pria, minimum pengantin pria bersama istrinya pergi ke rumah mertuanya untuk menyatakan terima kasih atas berjalannya acara pernikahan dengan baik, terutama keadaan baik pengantin wanita pada masa lajangnya (acara ini lebih bersifat aspek hukum berkaitan dengan kesucian si wanita sampai ia masuk di dalam pernikahan).
b. Setelah selesai acara paulak une, paranak kembali ke kampung halamannya/rumahnya dan selanjutnya memulai hidup baru.
Manjae
Setelah beberapa lama pengantin pria dan wanita menjalani hidup berumah tangga (kalau pria tersebut bukan anak bungsu), maka ia akan dipajae, yaitu dipisah rumah (tempat tinggal) dan mata pencarian. Biasanya anak paling bungsu mewarisi rumah orang tuanya.
Maningkir Tangga
Setelah pengantin manjae atau tinggal di rumah mereka, maka orang tua serta keluarga pengantin datang untuk mengunjungi rumah mereka, dan diadakan makan bersama.



Suku Batak terkenal dengan adat istiadatnya yang sangat rumit dan unik, posisi adat dalam suku Batak berada pada urutan kedua setelah Agama.Pernikahan bagi masyarakat Batak khususnya orang Toba wajib dilaksanakan dengan menjalankan sejumlah ritual perkimpoian adat Batak setelah menerima pemberkatan dari Gereja. Dalam keunikan dan ragam keistimewaannya, upacara pernikahan adat Batak Toba cukup merepotkan, apabila dibandingkan dengan pernikahan suku-suku lain yang ada di Indonesia.
1. Ulos
Spoiler for Gambar:


Konon, dari tradisi ini lahirnya ungkapan bahwa, bagi leluhur orang Batak, ada tiga sumber yang memberi kehangatan pada manusia, yakni matahari, api dan Ulos. Jika sumber panas matahari dan api terbatas oleh ruang dan waktu, maka tidak demikian dengan Ulos, yang bisa memberi kehangatan kapanpun dan dimanapun.
Sementara, Ulos penutup kepala pada masyarakat Batak Toba dikenal dengan sebutanSorotali. Sortali itu sendiri adalah ikat kepala yang fungsinya seperti mahkota. Biasanya dibuat dari bahan tembaga yang disepuh dengan emas, lalu dibungkus dengan kain merah
2. Cincin Emas
Spoiler for Gambar:

Dalam hal ini pihak pria melakukan kunjungan tidak resmi ke rumah wanita dalam rangka penjajakan atau perkenalan pihak keluarga pria kepada orang tua wanita, biasanya diutus dua atau tiga orang dari pihak pria. Jika pihak wanita terbuka untuk menerima peminangan maka pihak orang tua pria memberikan tanda kasih (tanda holong dan pihak wanita memberi tanda mata) berupa kain, cincin emas, dan lain-lain. Ini disebut juga Mangarisika
3. Mas kimpoi
Spoiler for Gambar:

Marhusip (Indo: berbisik), marhusip bukan dalam artian pihak pria dan pihak wanita berbisik-bisik. Akan tetapi pembicaraan antara kedua belah pihak yang melamar dan yang dilamar, terbatas dalam hubungan kerabat terdekat dan belum diketahui oleh umum. Tahap ini adalah kelanjutan dari mangarisika, yaitu acara bertamu antara orang tua serta kerabat pria kepada orang tua serta kerabat wanita.
Akan tetapi akhir-akhir ini acara Marhori hori Dinding sudah agak melenceng dari sebenarnya dimana acara ini tidak hanya menjajaki lagi namun sudah langsung membicarakan hal-hal pokok seperti berapa besarnya nilai Mas kimpoi / sinamot yang akan diberikan pihak pria kepada pihak perempuan tersebut, tempat Pesta Pernikahan, akan tetapi pembicaraan ini belum bersifat resmi.
4. Jambar Juhut
Spoiler for Gambar:

dalam adat Batak, pihak pria “membeli” wanita yang akan jadi istrinya dari calon mertua. Jumlah sinamot yang akan dibayarkan pria kepada pihak wanita dibicarakan dalam acara ini, sebelum membicarakan jumlah sinamot, terlebih dahulu acara makan bersama yang dihadiri beberapa orang pihak pria dan wanita. Acara ini dilakukan di rumah kaum wanita, pihak pria (tanpa pengantin) datang ke rumah wanita membawa juhut/daging dan makanan untuk dimakan bersama. Setelah makan bersama dilanjutkan dengan pembagian Jambar Juhut (daging) kepada anggota kerabat, yang terdiri dari :
1. Kerabat marga ibu (hula-hula)
2. Kerabat marga ayah (dongan tubu)
3. Anggota marga menantu (boru)
4. Pengetuai (orang-orang tua)/pariban
5. Diakhir kegiatan Pudun Saut maka pihak keluarga wanita dan pria bersepakat menentukan waktu Martumpol dan Pamasu-masuon.
Dalam acara ini ada beberapa hal pokok yang dibicarakan yaitu:
1. Sinamot.
2. Ulos
3. Parjuhut dan Jambar
4. Jumlah undangan
6. Tanggal dan tempat pesta.
7. Tatacara adat
Ini disebut juga Marhata Sinamot
Dan selanjutnya TS akan membahas lebih lanjut tentang pesta adatnya
Martumpol
Spoiler for Gambar:

Acara ini adalah penanda-tanganan persetujuan pernikahan oleh orang tua kedua belah pihak atas rencana perkimpoian anak-anak mereka dihadapan pejabat gereja. Martumpol dilakukan biasanya dua minggu sebelum pesta pernikahan. Dalam acara ini kedua pengantin ikut hadir serta anggota keluarga ke Gereja. Selanjutnya pejabat gereja mewartakan rencana pernikahan dari kedua mempelai melalui warta jemaat, yang biasa disebut dengan Tingting (baca : tikting) seperti pemberitahuan bahwa kedua belah pihak akan menikah. Tingting harus dilakukan dua kali hari minggu berturut-turut, setelah dua kali tingting tidak ada gugatan dari pihak lain baru dapat dilanjutkan dengan pemberkatan nikah (pamasu-masuon).
Martonggo Raja
Spoiler for Gambar:

Martonggo raja adalah suatu kegiatan pra pesta/acara yang bersifat seremonial yang mutlak diselenggarakan oleh penyelenggara pesta/acara yang bertujuan untuk empersiapkan kepentingan pesta/acara yang bersifat teknis dan non teknis, dalam acara ini biasanya dihadiri oleh teman satu kampung, dongan tubu (saudara). Pihak hasuhuton (tuan rumah) memohon izin pada masyarakat sekitar terutama dongan sahuta (temansekampung) untuk mebantu mepersiapkan acara dan penggunaan fasilitas umum pada pesta yang telah direncanakan.
Manjalo Pasu-pasu Parbagason
Spoiler for Gambar:

Pemberkatan pernikahan kedua mempelai dilakukan di Gereja oleh Pendeta, setelah pemberkatan pernikahan selesai maka kedua mempelai sudah sah sebagai suami-istri menurut gereja. Setelah pemberkatan dari Gereja selesai, kemudian kedua belah pihak pulang ke rumah untuk mengadakan acara adat Batak dimana pesta ini dihadiri oleh seluruh undangan dari pihak pria dan wanita.
Pesta Unjuk
Spoiler for Gambar:

Setelah selesai pemberkatan dari Gereja, kedua mempelai juga menerima pemberkatan dari adat yaitu dari seluruh keluarga terkhusus kedua orang tua. Dalam pesta adat inilah disampaikan doa-doa bagi kedua mempelai yang diwakili dengan pemberian ulos. Kemudian dilakukan pembagian jambar (jatah) berupa daging dan juga uang yaitu:
1. Jambar yang dibagi-bagikan untuk pihak wanita adalah jambar juhut (daging) dan jambar uang (tuhor ni boru) dibagi menurut peraturan.
2. Jambar yang dibagi-bagikan bagi pihak pria adalah dengke (baca : dekke/ ikan mas arsik) dan ulos yang dibagi menurut peraturan. Pesta Unjuk ini diakhiri dengan membawa pulang pengantin ke rumah paranak.
Mangihut di ampang
Spoiler for Gambar:

Dialap Jual artinya jika pesta pernikahan diadakan di kediaman kaum wanita, maka dilakukanlah acara membawa mempelai wanita ke tempat mempelai pria.
Ditaruhon Jual
Spoiler for Gambar:

Jika pesta untuk pernikahan itu dilakukan di rumah mempelai pria, maka mempelai wanita dibolehkan pulang ke tempat orang tuanya untuk kemudian diantar lagi oleh para namborunya ke tempat namborunya. Dalam hal ini paranak wajib memberikan upa manaru (upah mengantar), sedang dalam dialap jual upa manaru tidak dikenal.
Paulak Unea
Spoiler for Gambar:

a. Seminggu setelah pesta adat dan wanita tinggal bersama dengan suaminya, maka pihak pria, minimum pengantin pria bersama istrinya pergi ke rumah mertuanya untuk menyatakan terima kasih atas berjalannya acara pernikahan dengan baik, terutama keadaan baik pengantin wanita pada masa lajangnya (acara ini lebih bersifat aspek hukum berkaitan dengan kesucian si wanita sampai ia masuk di dalam pernikahan).
b. Setelah selesai acara paulak une, paranak kembali ke kampung halamannya/rumahnya dan selanjutnya memulai hidup baru.
Manjae
Spoiler for Gambar:

Setelah beberapa lama pengantin pria dan wanita menjalani hidup berumah tangga (kalau pria tersebut bukan anak bungsu), maka ia akan dipajae, yaitu dipisah rumah (tempat tinggal) dan mata pencarian. Biasanya anak paling bungsu mewarisi rumah orang tuanya.
Maningkir Tangga
Spoiler for Gambar:

Setelah pengantin manjae atau tinggal di rumah mereka, maka orang tua serta keluarga pengantin datang untuk mengunjungi rumah mereka, dan diadakan makan bersama.
Spoiler for Tambahan:



Demikianlah tata pernikahan dalam adat Batak yang disebut dengan adat na gok, akan tetapi akhir-akhir ini tidak semua lagi urutan ini dilakukan seperti semula, terutama orang-orang Batak yang diperantauan. Beberapa sudah dibuat menjadi lebih simpel, ada juga sebagian yang digabungkan pelaksanaannya.
Quote:
Sekian dulu thread lanjutan ane gan, jangan lupa baca Seserahan Adat Jawa & BetawiSeserahan Adat Sunda & Padang (Minang)
[CENTER]



Diubah oleh babisarden 20-01-2015 17:38
0
13.8K
Kutip
28
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan