- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Pertarungan Saudara Sedarah (Kakak-Adik)


TS
MG1
Pertarungan Saudara Sedarah (Kakak-Adik)


Quote:
Original Posted By MG1
Kali ini lagi dan lagi ane mau bahas tentang Pertarungan dalam satu keluarga, pertarungan antara Kawasaki Ninja 150 RR 2Tak dengan Kawasaki Ninja 250 RR Mono...
Pasti disini udah tau lah, motor-motor ninja yang sering berseliweran dijalanan, nah sekarang lahir lagi adeknya, bedanya nih motor digadang" sebagai pengganti kejayaan sang kakak, Ninja 150 RR..
tapi si Ninja 250 RR Mono ini beda loh ama ninja 250 R yang duluan nongol, yang ini mesinnya masih 1 silinder, tapi tetep udah injeksi...
Nah pastinya, udah banyak yang pikir pasti menangan kemana-mana ninja 2 tak... eits, tunggu dulu, ente smua kudu baca dulu yang lengkap baru komen...
klo blom komen blom nyaho detailnya kayak gimane...
Pasti disini udah tau lah, motor-motor ninja yang sering berseliweran dijalanan, nah sekarang lahir lagi adeknya, bedanya nih motor digadang" sebagai pengganti kejayaan sang kakak, Ninja 150 RR..
tapi si Ninja 250 RR Mono ini beda loh ama ninja 250 R yang duluan nongol, yang ini mesinnya masih 1 silinder, tapi tetep udah injeksi...
Nah pastinya, udah banyak yang pikir pasti menangan kemana-mana ninja 2 tak... eits, tunggu dulu, ente smua kudu baca dulu yang lengkap baru komen...
klo blom komen blom nyaho detailnya kayak gimane...
Spoiler for Pertarungan Kakak-Adik:
Spoiler for Akselerasi:
Quote:
Original Posted By MotorPlus

Ninja RR Mono diskenariokan menggantikan Ninja 150 RR 2-tak. Ninja 150 terkenal sebagai motor yang lincah dan power berlebih. Nah, apakah RR Mono mampu menggantikan kelebihan Ninja 150?
Kurang pas kalau belum membandingkan performa Kawasaki New Ninja 150 RR dengan Kawasaki Ninja RR Mono yang baru saja diluncurkan. Varian anyar ini selain jadi penerus New Ninja 150 RR digadang-badang ke depan bakal jadi backbone alias produk andalan Kawasaki Motor Indonesia (KMI) lantaran sodoran harga yang kompetitif.
Untuk komparasi kedua motor ini dilakukan di jalan raya, sesuai karakteristik berkendara sehari-hari. Melintasi berbagai kondisi jalan, mulai dari jalan yang lengang sampai super macet.
Komparasi Kawasaki Ninja RR Mono Vs Kawasaki New Ninja 150 RR, KRR Keok di Akselerasi

Ninja RR Mono diskenariokan menggantikan Ninja 150 RR 2-tak. Ninja 150 terkenal sebagai motor yang lincah dan power berlebih. Nah, apakah RR Mono mampu menggantikan kelebihan Ninja 150?
Kurang pas kalau belum membandingkan performa Kawasaki New Ninja 150 RR dengan Kawasaki Ninja RR Mono yang baru saja diluncurkan. Varian anyar ini selain jadi penerus New Ninja 150 RR digadang-badang ke depan bakal jadi backbone alias produk andalan Kawasaki Motor Indonesia (KMI) lantaran sodoran harga yang kompetitif.
Untuk komparasi kedua motor ini dilakukan di jalan raya, sesuai karakteristik berkendara sehari-hari. Melintasi berbagai kondisi jalan, mulai dari jalan yang lengang sampai super macet.
Spoiler for Handling:
Quote:
Original Posted By M++

Ketika diparkir bersebelahan, desain dan dimensi Ninja 150 RR dan Ninja RR Mono terlihat identik. Sama-sama berkaki ramping dengan desain bodi futuristik. Tetapi, namanya barang baru tentunya ada beberapa perbedaan.
Saat duduk di atas Ninja Mono, kaki tester yang punya tinggi 169 cm bisa menapak dengan sempurna ke atas aspal. Sama halnya saat tester menunggang RR 2-tak. Setelah diukur pakai meteran, jarak jok Ninja Mono dan RR 2-tak ke tanah sama-sama 77 cm. Terbilang pas dan nyaman untuk bikers tanah air yang rata-rata punya tinggi badan 165-170 cm.
RR Mono punya kelebihan pada desain tangki yang diaplikasi. Lekukan di sisi kanan-kiri tangki membuat posisi paha begitu nyaman mengepitnya. Ini membuat pergerakan kaki lebih leluasa juga nyaman saat memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.
Selain itu, desain tangki lebih tinggi jadi nilai tambah tersendiri bagi Ninja Mono. Saat selongsong gas diputar dalam untuk memacu tunggangan, tangki Ninja Mono bisa menopang tubuh untuk bersembunyi dibalik fairing. Ini yang tidak bisa didapat di RR 2-tak yang punya desain tangki datar dan sedikit panjang.
Meski identik, posisi riding Ninja Mono dan RR 2-tak tetap beda. Ninja Mono punya sudut setang lebih dalam dan juga lebih pendek dibanding RR 2-tak. Saat diukur, Ninja Mono punya jarak antara ujung setang 65 cm. Lebih menekuk kedalam 6 cm dibandingkan RR 2-tak yang punya jarak antara ujung setang 71 cm.
Pantas Ninja Mono lebih sigap diajak menikung meski diajak selap-selip membelah kemacetan. Posisi manuvernya tetap lincah dan mudah dikendalikan namun posisi yang nunduk ini membuat pundak dan tangan mudah lelah.
Ninja 150 RR dan RR Mono lincah, tapi radius putar setang Ninja 2-tak alias Pek Go ini jauh lebih lincah, terasa saat melakukan putar balik. Ini bisa dari pengaruh perbedaan bobot Ninja150 RR 134 kg sedangkan Ninja RR Mono 151 Kg.

Selain desain setang, penggunaan ban ukuran tapak ban yang lebih lebar ikut membantu kenyamanan Ninja Mono saat bermanuver. Motor terasa stabil meski memiliki tubuh ramping. Mungkin juga efek dari rangka yang didesain khusus agar Ninja mono nyaman saat melibas tikungan di lintasan balap.
Namun untuk berkendara dikemacetan yang butuh putaran mesin rendah Ninja RR Mono terasa menyentak-nyentak, ini dirasakan pada kisaran 4.000 rpm. Torsi yang besar pada putaran rendah ini harus diredam dengan main setengah kopling pada gigi dua biar bisa melaju dengan nyaman. Sedangkan untuk New Ninja 150 RR enggak ada masalah saat bermain diputaran bawah.
Masalah redaman, diamater suspensi depan Ninja Mono yang lebih besar membuatnya lebih halus dalam meladeni jalan bergelombang. Saat diukur, lingkar as sok depan Ninja Mono memiliki besar 12 cm sama seperti as sok depan Kawasaki Ninja 250 dua silinder. Sedangkan Ninja RR 2-tak punya ukuran lingkar as sok depan 11 cm.
Sebagai penerus RR 2-tak, Ninja Mono mewarisi sensasi berkendara yang selama ini menjadi andalan di RR 2-tak. Motor terasa ringan saat diajak bermanuver, dan tetap stabil saat dipacu kencang di jalan lurus. Namun karena torsi Ninja Mono yang begitu besar, motor terasa menghentak-hentak saat melalui jalan yang padat. Otomatis membuat pergelangan tangan jadi cepat lelah
Komparasi Handling Kawasaki Ninja RR Mono VS Kawasaki New Ninja 150 RR

Ketika diparkir bersebelahan, desain dan dimensi Ninja 150 RR dan Ninja RR Mono terlihat identik. Sama-sama berkaki ramping dengan desain bodi futuristik. Tetapi, namanya barang baru tentunya ada beberapa perbedaan.
Saat duduk di atas Ninja Mono, kaki tester yang punya tinggi 169 cm bisa menapak dengan sempurna ke atas aspal. Sama halnya saat tester menunggang RR 2-tak. Setelah diukur pakai meteran, jarak jok Ninja Mono dan RR 2-tak ke tanah sama-sama 77 cm. Terbilang pas dan nyaman untuk bikers tanah air yang rata-rata punya tinggi badan 165-170 cm.
RR Mono punya kelebihan pada desain tangki yang diaplikasi. Lekukan di sisi kanan-kiri tangki membuat posisi paha begitu nyaman mengepitnya. Ini membuat pergerakan kaki lebih leluasa juga nyaman saat memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.
Selain itu, desain tangki lebih tinggi jadi nilai tambah tersendiri bagi Ninja Mono. Saat selongsong gas diputar dalam untuk memacu tunggangan, tangki Ninja Mono bisa menopang tubuh untuk bersembunyi dibalik fairing. Ini yang tidak bisa didapat di RR 2-tak yang punya desain tangki datar dan sedikit panjang.
Meski identik, posisi riding Ninja Mono dan RR 2-tak tetap beda. Ninja Mono punya sudut setang lebih dalam dan juga lebih pendek dibanding RR 2-tak. Saat diukur, Ninja Mono punya jarak antara ujung setang 65 cm. Lebih menekuk kedalam 6 cm dibandingkan RR 2-tak yang punya jarak antara ujung setang 71 cm.
Pantas Ninja Mono lebih sigap diajak menikung meski diajak selap-selip membelah kemacetan. Posisi manuvernya tetap lincah dan mudah dikendalikan namun posisi yang nunduk ini membuat pundak dan tangan mudah lelah.
Ninja 150 RR dan RR Mono lincah, tapi radius putar setang Ninja 2-tak alias Pek Go ini jauh lebih lincah, terasa saat melakukan putar balik. Ini bisa dari pengaruh perbedaan bobot Ninja150 RR 134 kg sedangkan Ninja RR Mono 151 Kg.

Selain desain setang, penggunaan ban ukuran tapak ban yang lebih lebar ikut membantu kenyamanan Ninja Mono saat bermanuver. Motor terasa stabil meski memiliki tubuh ramping. Mungkin juga efek dari rangka yang didesain khusus agar Ninja mono nyaman saat melibas tikungan di lintasan balap.
Namun untuk berkendara dikemacetan yang butuh putaran mesin rendah Ninja RR Mono terasa menyentak-nyentak, ini dirasakan pada kisaran 4.000 rpm. Torsi yang besar pada putaran rendah ini harus diredam dengan main setengah kopling pada gigi dua biar bisa melaju dengan nyaman. Sedangkan untuk New Ninja 150 RR enggak ada masalah saat bermain diputaran bawah.
Masalah redaman, diamater suspensi depan Ninja Mono yang lebih besar membuatnya lebih halus dalam meladeni jalan bergelombang. Saat diukur, lingkar as sok depan Ninja Mono memiliki besar 12 cm sama seperti as sok depan Kawasaki Ninja 250 dua silinder. Sedangkan Ninja RR 2-tak punya ukuran lingkar as sok depan 11 cm.
Sebagai penerus RR 2-tak, Ninja Mono mewarisi sensasi berkendara yang selama ini menjadi andalan di RR 2-tak. Motor terasa ringan saat diajak bermanuver, dan tetap stabil saat dipacu kencang di jalan lurus. Namun karena torsi Ninja Mono yang begitu besar, motor terasa menghentak-hentak saat melalui jalan yang padat. Otomatis membuat pergelangan tangan jadi cepat lelah
Spoiler for Fitur Unggulan:
Quote:
Original Posted By M+

Ninja Mono yang akan dijual dengan harga lebih mahal dari RR 2-tak tentu telah dibekali fitur-fitur modern. Seperti panel indikator, Ninja Mono sudah mengadopsi indikator full digital. Berbeda dengan RR 2-tak yang masih mengadopsi indikator analog. Tentu penunggang Ninja Mono akan lebih mudah membaca segala informasi dengan indikator model digital ini.
Desain fairing kedua motor menampilkan karakter sport yang agresif. Sama-sama ramping dan memiliki lekukan tajam mulai bagian depan hingga belakang. Saat diukur manual menggunakan meteran, lebar fairing kedua motor ini sama-sama 42 cm. Jika diperhatikan, lekukan bodi juga identik tetapi RR Mono lebih lebih tajam dan fituristik dan desain lampu depannya jauh berbeda.
Kedua motor ini juga telah dilengkapi radiator. Namun untuk Ninja Mono sudah ada tambahan kipasnya. Kipas yang terletak di belakang radiator ini mengarahkan udara panas ke bawah menjauh dari pengendara.
Jadi, secara signifikan meningkatkan kenyamanan saat terjebak dalam kemacetan. Berbeda dengan RR 2-tak yang belum menggunakan kipas. Hawa panas mesin kerap terasa dibagian kaki ketika sobat terjebak kemacetan.

Ninja Mono dan RR 2-tak juga sama-sama menggunakan tipe jok terpisah layaknya motor sport sejati. Kalau dibandingkan, panjang jok pengemudi Ninja Mono (31 cm) ternyata lebih pendek dibandingkan RR 2-tak. Jok pengemudi RR 2-tak memang terbilang panjang (37 cm).
Makanya, jangan heran kalau banyak penumpang RR 2-tak yang merosot ke jok pengemudi saat melakukan pengereman. Hal ini tidak akan terjadi lagi di Ninja Mono, karena panjang jok depan terbilang pas dan tidak menyisakan ruang di bagian belakang.
Untuk posisi jok penumpang, Ninja Mono lebih tinggi dibanding RR 2-tak. Ninja Mono punya tinggi jok penumpang 96 cm, dan RR 2-tak 94 cm. Maka jangan heran, kalau duduk di jok pembonceng Ninja Mono bakal terasa lebih tinggi.
Komparasi Fitur Unggulan Kawasaki Ninja RR Mono Vs Kawasaki New Ninja 150 RR

Ninja Mono yang akan dijual dengan harga lebih mahal dari RR 2-tak tentu telah dibekali fitur-fitur modern. Seperti panel indikator, Ninja Mono sudah mengadopsi indikator full digital. Berbeda dengan RR 2-tak yang masih mengadopsi indikator analog. Tentu penunggang Ninja Mono akan lebih mudah membaca segala informasi dengan indikator model digital ini.
Desain fairing kedua motor menampilkan karakter sport yang agresif. Sama-sama ramping dan memiliki lekukan tajam mulai bagian depan hingga belakang. Saat diukur manual menggunakan meteran, lebar fairing kedua motor ini sama-sama 42 cm. Jika diperhatikan, lekukan bodi juga identik tetapi RR Mono lebih lebih tajam dan fituristik dan desain lampu depannya jauh berbeda.
Kedua motor ini juga telah dilengkapi radiator. Namun untuk Ninja Mono sudah ada tambahan kipasnya. Kipas yang terletak di belakang radiator ini mengarahkan udara panas ke bawah menjauh dari pengendara.
Jadi, secara signifikan meningkatkan kenyamanan saat terjebak dalam kemacetan. Berbeda dengan RR 2-tak yang belum menggunakan kipas. Hawa panas mesin kerap terasa dibagian kaki ketika sobat terjebak kemacetan.

Ninja Mono dan RR 2-tak juga sama-sama menggunakan tipe jok terpisah layaknya motor sport sejati. Kalau dibandingkan, panjang jok pengemudi Ninja Mono (31 cm) ternyata lebih pendek dibandingkan RR 2-tak. Jok pengemudi RR 2-tak memang terbilang panjang (37 cm).
Makanya, jangan heran kalau banyak penumpang RR 2-tak yang merosot ke jok pengemudi saat melakukan pengereman. Hal ini tidak akan terjadi lagi di Ninja Mono, karena panjang jok depan terbilang pas dan tidak menyisakan ruang di bagian belakang.
Untuk posisi jok penumpang, Ninja Mono lebih tinggi dibanding RR 2-tak. Ninja Mono punya tinggi jok penumpang 96 cm, dan RR 2-tak 94 cm. Maka jangan heran, kalau duduk di jok pembonceng Ninja Mono bakal terasa lebih tinggi.
Spoiler for Hasil Dyno Test:
Quote:
Original Posted By M+

Meskipun sama-sama satu silinder, tipe mesin dan volume silinder Kawasaki Ninja RR Mono dengan Kawasaki Ninja 150 RR memang berbeda jauh. Namun lewat dynotest, power mesin bisa diukur secara keseluruhan.
Monggo kita adu saja keduanya, bukan di dalam ring tinju lho. Melainkan di atas mesin dyno berlabel Dynomite made in Amrik milik begkel Ultra Speed Racing di Kebon Jeruk, Jakarta-Barat.
RR Mono mengusung diameter silinder 72,0 mm dengan langkah 61,2 mm DOHC 4 valve. Sedangkan Ninja 150 RR memiliki diameter silinder 59,0 mm dan langkahnya 54,4 mm. Karakter mesin 2 tak bisa dipacu pada putaran mesin yang lebih tinggi dibanding motor 4-tak satu silinder.
Saat diukur dengan mesin dyno, terbukti Ninja 150 RR putaran mesinnya bisa mencapai hingga 13 ribu rpm dengan tenaga maksimum 23,51 hp di 11.051 rpm. Sementara RR Mono dibatasi hanya 10.200 rpm dengan tenaga puncak mencapai 26,24 hp yang dicapai dengan putaran mesin lebih rendah hanya 10.479 rpm.
Untuk torsi rupanya Ninja RR Mono menang telak, saat diukur mencapai 21,42 Nm/8.032 rpm. Sementara New Ninja 150 RR Cuma bisa tembus 16,92 Nm/9.257 rpm.
Power to weight ratio kedunya bisa dibandingkan. Dari data spesfikasi teknik pabrik, Ninja 150 RR 134 kg. Maka power to weight ratio-nya 0,175 hp/kg.
Sedangkan Ninja RR Mono beratnya 151 kg. Power to weight rationya yaitu 0, 174 hp. Jadi, power to weight ratio kedua motor ini mirip. Pantas, powernya terasa sama tingginya.
Komparasi Kawasaki Ninja RR Mono Vs Kawasaki New Ninja 150 RR, Tes Di Mesin Dyno

Meskipun sama-sama satu silinder, tipe mesin dan volume silinder Kawasaki Ninja RR Mono dengan Kawasaki Ninja 150 RR memang berbeda jauh. Namun lewat dynotest, power mesin bisa diukur secara keseluruhan.
Monggo kita adu saja keduanya, bukan di dalam ring tinju lho. Melainkan di atas mesin dyno berlabel Dynomite made in Amrik milik begkel Ultra Speed Racing di Kebon Jeruk, Jakarta-Barat.
RR Mono mengusung diameter silinder 72,0 mm dengan langkah 61,2 mm DOHC 4 valve. Sedangkan Ninja 150 RR memiliki diameter silinder 59,0 mm dan langkahnya 54,4 mm. Karakter mesin 2 tak bisa dipacu pada putaran mesin yang lebih tinggi dibanding motor 4-tak satu silinder.
Saat diukur dengan mesin dyno, terbukti Ninja 150 RR putaran mesinnya bisa mencapai hingga 13 ribu rpm dengan tenaga maksimum 23,51 hp di 11.051 rpm. Sementara RR Mono dibatasi hanya 10.200 rpm dengan tenaga puncak mencapai 26,24 hp yang dicapai dengan putaran mesin lebih rendah hanya 10.479 rpm.
Untuk torsi rupanya Ninja RR Mono menang telak, saat diukur mencapai 21,42 Nm/8.032 rpm. Sementara New Ninja 150 RR Cuma bisa tembus 16,92 Nm/9.257 rpm.
Power to weight ratio kedunya bisa dibandingkan. Dari data spesfikasi teknik pabrik, Ninja 150 RR 134 kg. Maka power to weight ratio-nya 0,175 hp/kg.
Sedangkan Ninja RR Mono beratnya 151 kg. Power to weight rationya yaitu 0, 174 hp. Jadi, power to weight ratio kedua motor ini mirip. Pantas, powernya terasa sama tingginya.
Spoiler for Konsumsi BBM:
Quote:
Original Posted By M+

Tidak adil membandingkan konsumsi bahan bakar Ninja Mono dengan RR 2-tak. Meski memiliki kapasitas mesin lebih kecil, mesin dua langkah pasti lebih haus bahan bakar. Tapi, tidak salahnya juga jika dilakukan pengujian.
Pengujian di jalan ibu kota yang begitu padat pada sore hari. Metode pengujiannya full to full dengan cara berkendara normal tanpa dibatasi kecepatan maupun putaran mesin.
Dari hasil pengujian menggunakan bahan bakar Pertamax, RR Mono menghabiskan 1 liter Pertamax untuk jarak 28 km. Hasil ini cukup lumayan. Tenaga besar diputaran bawah membuat konsumsi BBM RR Mono lumayan irit. Padahal tidak jarang Emplus menemui jalan macet saat pengujian.
Sedangkan RR 2-tak masih begitu haus akan bahan bakar. Mesin 150 cc dua langkah yang diadopsi menghabiskan 1 liter Pertamax untuk jarak 17 km. Cukup wajar untuk sepeda motor yang menggunakan tipe mesin dua langkah.
Komparasi Konsumsi BBM Kawasaki Ninja RR Mono VS Kawasaki New Ninja 150 RR

Tidak adil membandingkan konsumsi bahan bakar Ninja Mono dengan RR 2-tak. Meski memiliki kapasitas mesin lebih kecil, mesin dua langkah pasti lebih haus bahan bakar. Tapi, tidak salahnya juga jika dilakukan pengujian.
Pengujian di jalan ibu kota yang begitu padat pada sore hari. Metode pengujiannya full to full dengan cara berkendara normal tanpa dibatasi kecepatan maupun putaran mesin.
Dari hasil pengujian menggunakan bahan bakar Pertamax, RR Mono menghabiskan 1 liter Pertamax untuk jarak 28 km. Hasil ini cukup lumayan. Tenaga besar diputaran bawah membuat konsumsi BBM RR Mono lumayan irit. Padahal tidak jarang Emplus menemui jalan macet saat pengujian.
Sedangkan RR 2-tak masih begitu haus akan bahan bakar. Mesin 150 cc dua langkah yang diadopsi menghabiskan 1 liter Pertamax untuk jarak 17 km. Cukup wajar untuk sepeda motor yang menggunakan tipe mesin dua langkah.
Quote:
Original Posted By Test Akslerasi dan Kecepatan
Ninja RR Mono
Top speed 154 km/jam
Ninja 150RR
Ninja RR Mono
- 0-60 km/jam2,37 detik
- 0-100 m 5,53 detik
- 0-201 m 8 detik
Top speed 154 km/jam
Ninja 150RR
- 0-60 km/jam 3,8 detik
- 0-100 m 8,1 detik
- 0-201 m 10,3 detik
- Top speed 143 km/jam
Quote:
Original Posted By MG1
"Jujur ane pas baca hasil top speed antara ninja 2 tak dengan ninja 250 rr mono, kaget dan ngerasa lebay beritanya, soalnya ane pernah punya ninja 2 tak, bisa tembus 180Km top speed dengan keadaan standard.. tp kayaknya ninja 2 tak skrg udah pake CDI Limiter jadi tenaganya kurang responsif dan kurang greget kayak ninja 2 tak sebelum ganti baju"
ane sih masing seneng yang 2 tak gan dibanding ninja yang baru"... hehehe
"Jujur ane pas baca hasil top speed antara ninja 2 tak dengan ninja 250 rr mono, kaget dan ngerasa lebay beritanya, soalnya ane pernah punya ninja 2 tak, bisa tembus 180Km top speed dengan keadaan standard.. tp kayaknya ninja 2 tak skrg udah pake CDI Limiter jadi tenaganya kurang responsif dan kurang greget kayak ninja 2 tak sebelum ganti baju"
ane sih masing seneng yang 2 tak gan dibanding ninja yang baru"... hehehe
Spoiler for Baca Juga:
kawasaki-ninja-250-rr-mono-vs-honda-cbr-250
komparasi-pertarungan-kuda-besi-1-4-liter-di-awal-tahun-2014
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 7 suara
ninja 2 tak atau ninja 4 tak gan?
Ninja 2 tak
43%
ninja 4 tak
57%
0
7.1K
Kutip
23
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan