7 Strategi Meningkatkan Penjualan Toko Online Part 3 dan...
TS
bosih
7 Strategi Meningkatkan Penjualan Toko Online Part 3 dan...
Holaaaa agan sista, masih nunggu terusan trit ane nyang kemaren?? Bagus deh buat agan sista yang setia ama trit ane. Ni hari ane mau kasih terusan info sekaligus
Tapi sebelumnya agan sista baca trit ane yang sebelumnya yang berhubungan ama trit ini.
reading di mari gan sist!
Spoiler for Menjual Lebih Banyak Kepada Customer Yang Udah Ada:
Menjual lebih banyak kepada customer yang sudah ada/Customer Lama
Strategi ini cukup sukses untuk sebagian besar pembisnis. Kebiasaan buruk yang mesti dihindari ketika berjualan adalah, KAGAK USAH REPOT CARI PELANGGAN BARU (Kalau Nemu Pelanggan Baru Sih Rezeki itu Namanya). Tapi fokus lah pada pelanggan yang udah ada dari zaman jebot, pelanggan yang emang udah lama suka ama produk agan. Sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan dari pelanggan yang ada. Kebanyakan dari cara ini memang perlu lebih berinvestasi dari pada mendapatkan pelanggan baru. Nih ane kasih beberapa ide untuk mempertahankan pelanggan setia produk kita:
Remarketing. Newsletter email adalah cara yang luar biasa untuk melakukan pemasaran. Agan dapat mengirimkan email promosi untuk abandoned shopping cart (shopping cart yang ditinggalkan), kirim email promosi transaksional dengan semua perintah dan konfirmasi pengiriman.
Promosi yang agresif. Targetkan subscriber email agan, fans Facebook, dan Twitter dengan mempromosikan sejumlah item. Tawari mereka dengan produk yang agan tahu mereka suka dan cobalah untuk melakukan up-selling dan cross selling produk lainnya dengan margin yang lebih tinggi. (upselling = mengarahkan customer membeli produk yang lebih mahal, cross selling = mengarahkan customer membeli produk lain, biasa dilakukan dengan bundling)
Loyality programs. Tawarkan pada pelanggan agan yang setia dengan sebuah “godaan” untuk membeli produk dengan lebih murah alias kasih diskon gitu gan. Hal ini sepertinya sederhana, sama seperti pengiriman hari gratis atau di hari yang sama.
Deals. Tawarkanlah deals dengan rutin untuk menjaga kostumer agan selalu melihat toko agan. Ini akan meningkatkan kemungkinan pembelian dari toko agan, bahkan jika mereka tidak menanggapi deal hari itu
Spoiler for Meningkatkan Ukuran Pemasaran Rata- Rata:
Meningkatkan Ukuran Pesanan Rata-Rata
Banyak banget perusahaan yang mengabaikan strategi ini, Nih beberapa ide spesifiknya:
Lebih agresif dalam upselling. Pastikan website agan dapat menampilkan barang up-sell pada halaman produk detail dan dalam keranjang belanja agan. Sebuah studi menemukan, dengan menghadirkan pelanggan dengan 3 atau 5 pilihan yang sama, mereka hampir selalu memilih produk dalam kisaran mid-to-higher.
Cross-product selling. Menghadirkan produk terkait yang relevan pada halaman detail produk dan dalam keranjang belanja agan. Sajikanlah barang-barang yang sering dijual bersama-sama. Seperti produk yang relevan.
Volume promosi. Pada saat costumer agan telah ingin melakukan checkout, tawarkanlah diskon volume. Jika rata-rata pesanan agan adalah Rp. 200 ribu, tawarkanlah diskon 10 persen pada Rp. 250 ribu dan diskon 15 persen pada Rp. 275 ribu. Buatlah pop-up untuk mengingatkan pelanggan mereka hanya kurang beberapa rupiah dari diskon, dan sajikanlah beberapa item di kisaran harga tersebut untuk bisa dipilih.
Spoiler for Melakukan Ekspansi Produk:
Melakukan ekspansi produk Cara ini mungkin yang paling efektif. Bisa jadi dengan melakukan strategi yang satu ini bisa menaikan investasi agan. Itu juga kalau agan melakukan investasi yang besar dalam stock dan tenaga kerja untuk mendapatkan produk di toko agan dan dipromosikan kepada basis customer agan. Nih ane kasih idenya:
Agan mesti tau pelanggan agan dan mulai tambahkan produk yang paling banyak dibeli mereka. Intip pesaing agan dan carilah apa yang sedang laris manis. Agan bisa tanyakan ama bagian pemasok produk agan tentang produk yang lagi rame penjualnnya.
Agan juga bisa survey/ tanya langsung ke pelanggan agan, tentang produk apa yang lagi mereka sukai. Hal ini biar agan bisa menyediakan barang yang memang bisa berpeluang terjual laris.
Kalau sudah begitu, agan bisa tambahkan link produk baru. Walau memang terkadang produk yang diminta agak ‘melenceng’ dari produk yang agan jual saat ini. Agan mungkin mendapatkan manfaat dari penjualan tambahan untuk pelanggan yang sudah ada dan agan juga mungkin bisa menargetkan pelanggan yang belum mengunjungi toko agan.
Perluas pillihan dari link produk yang sudah ada. Tambahkan pilihan dari produk laris yang sudah ada di toko agan, misalnya warna, ukuran dan hal sejenis lainnya. Selain bisa menarik kembali minat beli pelanggan lama, sekalian juga menjaring minat beli costumer baru.
*Link produk baru agan bisa baca [Target Pasar Baru]
Gimana agan sista? sampai sini udah mulai ada gambaran kan??? Tinggal beberapa strategi lagi yang masih ane spoiler. Nantikan yak..
Nah buat agan sista yang setuju ama trit ane, bisa dongs mulai dipraktekin. Bagi :rates5 ama