- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Fakta Tentang Pembalap F1 [spoiler=nama]isi[/spoiler]


TS
choresicalm
Fakta Tentang Pembalap F1 [spoiler=nama]isi[/spoiler]
![Fakta Tentang Pembalap F1 [spoiler=nama]isi[/spoiler]](https://s.kaskus.id/images/2013/01/09/4955146_20130109054846.jpg)
Oke, sesuai judul kita langsung aja ke TKP
*Hint: biar cepet buka spoiler, pencet shift + x aja gan.
Spoiler for Di klik:
![Fakta Tentang Pembalap F1 [spoiler=nama]isi[/spoiler]](https://s.kaskus.id/images/2013/01/09/4955146_20130109055948.jpg)
2. Mobil F1 dapat melaju dgn kecepatan dr 0 – 160kph dan kembali diam atau kecepatan 0 dlm waktu 4 detik!!!
3. Mesin mobil F1 dapat sebagian besar hanya bertahan kurang lebih selama 2 jam di balapan, dgn kata lain ada tingkatan mesin yg akan terus dikembangkan..
![Fakta Tentang Pembalap F1 [spoiler=nama]isi[/spoiler]](https://s.kaskus.id/images/2013/01/09/4955146_20130109060637.jpg)
4. Rata-rata pembalap F1 kehilangan 4 kg dr berat badannya selama 1x balapan akibat suhu tinggi selama 1 jam di dalam mobil. Paling bagus buat yg lagi diat nih

5. Untuk memberikan penjelasan betapa pentingnya sistem aerodinamika dan down force pd mobil F1, dpt dibandingkan dgn pesawat kecil tanpa sistem ini mempunyai kecepatan yg lebih kecil dibandingkan mobil F1. Tanpa Kekuatan Aerodinamika yg di terapkan pd mobil F1 maka kecepatan maksimal hanya akan mencapai 160 kph, dimana mobil F1 dgn sistem aerodinamika dpt mecapai kecepatan normal nya yakni 300 kph
6. Pada balapan biasa seperti di Monaco Grand Prix, sistem aerodinamika down force dpt menghisap tutup dr terowongan di jalan mengingat sirkuit Monaco menggunakan jalan raya biasa. Makanya sebelum balapan harus dilepaskan dulu, sebelum kena kepala orang laen.

7.
![Fakta Tentang Pembalap F1 [spoiler=nama]isi[/spoiler]](https://s.kaskus.id/images/2013/01/09/4955146_20130109062120.jpg)
8. Pit crew di F1 yg terbaik dpt mengisi bahan bakar dan mengganti ban dlm waktu 3 detik, sedangkan ane bikin trit kek gini butuh waktu 19 menit

9. Selama balapan, ban F1 jg mengalami susut massa sebanyak 0,5 kg utk tiap ban.
10. Ban biasa normal penggunaannya adalah 60.000 – 100.000 km di jalan yg biasa, sedangkan ban mobil F1 dirancang rata-rata utk 90-120 km dlm 1 kali balapan.
![Fakta Tentang Pembalap F1 [spoiler=nama]isi[/spoiler]](https://s.kaskus.id/images/2013/01/09/4955146_20130109062810.jpg)
11. Dalam kondisi cuaca kering, ban F1 dpt mencapai top performance nya dlm kondisi temperatur antara 90-100 derajat Celcius (titik didih air)

12. Ban F1 dlm kecepatan maksimum dpt berputar sebanyak 50 kali dlm 1 detik.
13. Mesin F1 umumnya berputar hingga 18000rpm yang artinya piston bergerak naik turun 300 kali sedetik.
14. Gaya downforce yang dihasilkan sayap depan dan belakang mobil F1 sangat hebat. Saat melaju lebih dari 160 km/jam, mobil F1 dapat menghasilkan gaya tekan ke bawah sama dengan berat mobil tersebut.
15. Jarak pengereman yang dibutuhkan rata-rata mobil F1 dari kecepatan 200km/jam sampai berhenti sempurna adalah 55 meter. Ditempuh dalam 2 detik, menghasilkan G-force atau tekanan sampai 5,6G. Itu artinya tubuh pembalap (terutama leher) harus menahan dorongan ke depan hingga 5,6 kali berat badannya sendiri. jadi jika si pembalap mempunyai berat badan normal 70kg, pada saat proses mengerem tubuhnya akan bertambah berat menjadi 350kg. bused dah.., Buat perbandingan, mobil penumpang standar perlu jarak 120 meter untuk mengerm dari 200km/jam sampai berhenti. Dalam 4.1 ******* maka tidak jarang jika orang yang tidak biasa berada di dalam cokpit mobil F1 saat pengereman dipastikan langsung pingsan. makanya.. jangan sepelekan seorang pembalap F1. kalau atlet angkat besi mah, lewaaaat...

![Fakta Tentang Pembalap F1 [spoiler=nama]isi[/spoiler]](https://s.kaskus.id/images/2013/01/09/4955146_20130109064100.jpg)
16. Jika selang air sistem pendingin tiba-tiba meledak, seluruh air sistem pendingin akan habis hanya dalam jangka waktu satu detik.
17. Mobil F1 memiliki sistem kabel sepanjang satu kilometer.
18. Jumlah berat seluruh peralatan yang harus dibawa setiap tim F1 buat satu kali balapan adalah sebanyak 28 ton. yang terdiri atas spare parts, tools, peralatan pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar 10.000 benda spare-part dan 1500 kertas dan kantong pembungkus dengan logo team.
![Fakta Tentang Pembalap F1 [spoiler=nama]isi[/spoiler]](https://s.kaskus.id/images/2013/01/09/4955146_20130109064206.jpg)
19. Tempratur di dalam knalpot mobil balap F1 mencapai 950 derajat Celcius. Saat melakukan pengereman, tempratur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1000 derajat Celcius. Sedangakan suhu rata-rata dalam kokpit selama balapan adalah 55 derajat Celcius. itulah mengapa tubuh para pembalap bisa menyusut hingga 2 kg lebih dalam 1 balapan.
20. Setir kemudi pembalap F1 mampu memantau tak kurang dari 15 fungsi penting dari lampu-lampu serta LCD monitor di steering wheel mobil F1. Posisi gear, putaran mesin, kecepatan, campuran bahan bakar, dan lain-lain. Di setir juga ada tombol radio komunikasi, tombol pompa air minum, serta pengatur komputer mesin dan diferensial. dan tak lupa juga dibelakang setir ada pedal atau tuas untuk memindahkan gear. jadi mobil F1 tidak memiliki tuas persneling seperti halnya mobil-mobil kebanyakan, mereka tinggal memainkan jari untuk pemindahan gigi/gear mobil F1.
21. Jumlah putaran yang harus ditempuh oleh pembalap F1 sepanjang musim balapan 2008 adalah 1124 putaran/lap. Terdiri dari 17 seri balapan di 18 negara seluruh dunia.
Spoiler for SUMBER:
hazrinafk.blogspot.com
Spoiler for Kaskuser from TS:
Cukup tinggalkan komeng dan
. Kalo dikasih
juga ga nolak
tapi jangan timpuk




Quote:
Diubah oleh choresicalm 06-04-2013 14:08
0
5.7K
Kutip
36
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan