kurniawanzAvatar border
TS
kurniawanz
Teori Warna Untuk Designer : Memahami Konsep dan Terminologinya
Sudah pasti agan-agan sekalian yang berkecimpung di dunia design kenal banget kan sama warna...tapi apa agan2 tau kalo memahami konsep sama terminologi dari warna itu sangat berpengaruh banget sekali ( emoticon-Big Grin ) sama hasil karya kita nantinya. Pengetahuan2 menyeluruh seperti chroma, value dan saturasi merupakan kunci sukses agan-agan sekalian buat nyiptain color scheme sendiri. nah..dibawah ini saya akan coba sharing tentang dasar2 yang berpengaruh terhadap warna seperti menambahkan warna abu2, hitam dan putih buat dapetin hue murni, dan efeknya terhadap desain kita, pastinya dengan contoh..
sebelumnya...saya hanya ingin berbagi pengetahuan yang saya dapet dari beberapa sumber (terutama smashingmagazine.com), maaf kalo hasil share ini menyimpang dan gak sesuai sama pengetahuan yang agan punya..(maklum masih nubi..hihihi)

OK...LETS BEGIN!!!:
HUE :
berbicara tentang HUE berarti kita sedang berbicara tentang warna dasar.
Ketika kita berkata "biru," "hijau" atau "merah," maka kita sedang berbicara tentang HUE. HUE yang agan2 gunakan dalam desain agan menyampaikan pesan penting kepada pengunjung situs Web agan.
Contoh :
Spoiler for contoh:


HUE dasar dari website Happy Twitmas diatas adalah merah cerah...

Spoiler for contoh:


menggunakan banyak HUE-HUE dasar secara berbarengan bisa bikin tampilan yang fun dan playfull lho

Spoiler for contoh:


merah jreng adalah HUE paling populer buat website...

KROMA
kalo bahasa emoticon-I Love Indonesianya KROMA itu "kemurnian dari warna" (cie illeeeee). HUE tanpa KROMA berarti warna itu tidak memiliki derajat keabuan, putih atau hitam sama sekali di dalamnya (kalo merah ya merah aja, gitu maksudnya gan..emoticon-Big Grin) karena prinsipnya, nambahin ketiga warna tadi itu bakal ngurangin KROMA (sedikit hampir sama dengan SATURASI tapi gak sama kok). kalo dibandingkan dengan putih, KROMA bisa didefinisikan kecerahan pada warna.

Contoh:

Spoiler for contoh:


cyan memiliki KROMA yang tinggi dibanding hitam or putih

Spoiler for contoh:


situs dengan KROMA biru yang tinggi

Spoiler for contoh:


kombinasi antara SATURASI dan HUE dapat menciptakan desain yang elegant dan shopisticated

SATURASI
SATURASI berarti bagaimana HUE terlihat kalo di pencahayaan yang terang. coba bayangin deh gan, SATURASI itu kayak kuat VS lemah atau pucat VS HUE murni. intinya kalo HUE-nya itu coklat berarti SATURASI-nya coklat muda, coklat tua, coklat ke biruan...gitu gan...

Contoh:
Spoiler for contoh:


kombinasi warna2 dengan SATURASI yang mirip dapat memberi efek lembut


Spoiler for contoh:


contoh bagus tentang bagaimana mengkombinasikan HUE ber-SATURASI tinggi dengan HUE ber-SATURASI rendah

VALUE
VALUE itu berarti tingkat kecerahan dari warna berbeda. VALUE mengindikasikan seberapa cerah atau gelapnya warna. contohnya, oranye mempunyai VALUE lebih tinggi daripada ungu.

Contoh:

Spoiler for contoh:


VALUE yang tinggi dari kuning bener2 kontras sama VALUE rendah yang dihasilkan dari abu2 tua.

Spoiler for contoh:


image diatas mempunyai HUE dari biru dengan VALUE yang berbeda, membuat tingkat kekontrasan dari isi situs semakin menonjol

TONE
TONE dihasilkan ketika warna abu2 dicampur dengan HUE, maka HUE tersebut akan terlihat agak kusam. warna2 dengan menggunakan teknik TONE biasanya dipake buat situs2 or desain2 dengan nuansa underground dan oldschool.

Contoh:
Spoiler for contoh:


TONE bisa memberi nuansa vintage seperti situs diatas

SHADES
sama kayak TONES nih gan, cuma bedanya SHADES itu ketika hitam ditambahkan kedalam suatu HUE. SHADES cocok untuk menimbulkan nuansa berat dan gothic.

Contoh:
Spoiler for contoh:


situsnya om jonathan moore diatas merupakan contoh bagus buat ngedeskripsiin pemakaian SHADE untuk HUE ungu, disana juga ada sedikit aksen TINTS

TINTS
naah, kalo yang ini deskripsinya gini gan, TINTS itu adalah ketika warna putih yang dicampurkan ke dalam suatu HUE, kalo bahasa umum yang sering kita denger itu warna pastel (pada tau pastinya...apalagi cewe..emoticon-Big Grin). TINTS sering digunakan buat nyiptain desain yang ringan dan feminin. pastel TINTS bisa membuat desain lebih keliatan feminin. desain dengan TINTS biasa digunakan untuk desain yang berhubungan sama bayi, dan wanita.

Contoh:
Spoiler for contoh:


Merupakan perpaduan yang asik dengan mengkombinasikan TINTS dengan biru

Spoiler for contoh:


yang ini kombinasinya asik nih gan.

okaayyy...untuk thread ini sekian dulu ya, ane berharap sharing ane tadi bisa memberikan inspirasi buat agan2 sekalian...so last but not least..selamat berkarya...emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesia

thread selanjutnya :
Teori Warna Untuk Designer #2 : Memahami Warna dan Efeknya (Edisi Warna Hangat)
0
21.2K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan