gct.hwfAvatar border
TS
gct.hwf
Graphic Card Today v7.2 - Part 4




Welcome to GCT v7.2
Graphic Card Today

Credit to Alifium




Quote:


Quote:

Quote:

GENERALRULES

Quote:

Quote:



Quote:

Quote:


Quote:


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Diubah oleh gct.hwf 17-01-2019 01:47
Andhari
corniell
jleo355
jleo355 dan 44 lainnya memberi reputasi
33
987.7K
42K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
LuminusAvatar border
Luminus
#5472
Bottleneck?
ok, gw coba nulis lagi soal bottleneck, klo ada yg mo nambahin monggo, klo ada yang mau sanggah juga silakan, open discussion kok.

definisi bottleneck di dunia PC: kondisi dimana ada salah 1 atau lebih part PC yang menghambat/mengurangi kemampuan part PC lain nya.

part PC apa yang dimaksud? CPU, GPU, RAM, Storage (HDD), Software (OS, Games, Aplikasi).

apakah monitor termasuk part yang bisa bikin bottleneck? secara umum sih jawaban nya tidak.

penting ga sih mikirin bottleneck? menurut gw sih ngga, kenapa? karna bottleneck itu akan selalu ada, dan ga bisa dihilangkan, yang bisa dilakukan cuma "memperkecil" penurunan performance yang ada.

contoh nih i9 9900K vs i9 10900K:

Spoiler for gbr1:


Spoiler for gbr2:


coba liat:
i9 9900K stock di 1080p dapet 267/181
i9 10900K stock di 1080p dapet 275/186

bisa diliat kan, ada peningkatan fps? klo mau pake definisi bottleneck, ya artinya 9900K itu juga bikin 2080Ti nya bottleneck sebesar 3%, yah kan cuma 3%, bener cuma 3% tapi tetep aja boleh disebut bottleneck kok.

klo di 1440p gimana?
yah kurang lebih mirip kok perbedaan performance nya, selisih 3%.

disini gw mo buktiin klo hardware "sultan" sekalipun ngga lepas dari yang namanya bottleneck, jadi ga usah terlalu pusingin soal bottleneck, yang penting beli hardware nya di range harga yang sepadan lah.

bisa jadi itu gara2 game nya kan? bisa aja.

ada ga cara "ngurangin" bottleneck CPU klo CPU nya terlalu "cupu"? ada di OC aja CPU nya.
klo GPU nya terlalu CUPU? ya sama OC aja GPU nya.
klo 2 2 nya CUPU? ya ganti aja semua nya klo gitu klo emang uda ngerasa ga nyaman buat dipake maen.

ok ini baru CPU sama GPU nya doang, gimana sama RAM? jelas besar RAM dan clockspeed RAM berpengaruh juga kok sama GAME nya. kenapa?

Windows dan Linux itu punya VIRTUAL MEMORY ato biasa disebut Paging file di windows dan Swap klo di Linux, guna nya apa? dari namanya harusnya sih uda jelas, itu virtual RAM, dimana klo Physical RAM nya PENUH, maka data di Physical RAM akan di "copy" ke virtual memory yang ada di DISK, nah proses COPY nya ini butuh WAKTU dong, apalagi klo pake HDD yang write nya paling kenceng cuma 160 MB. kebayang kan klo mau ngosongin 1.6 GB aja butuh 10 detik, artinya si APLIKASI yang butuh RAM tadi harus nunggu selama 10 detik dulu.

kebayang ga impact nya klo di game? klo sampe hrs nunggu 1 detik aja, itu frame dijamin DROP.

klo Physical dan Virtual Memory ini penuh apa yang terjadi? ya kluar error Out Of Memory,

ok sekarang clockspeed RAM apa pengaruh nya sama GAME? clockspeed itu cukup berpengaruh sama FPS, masa sih? ok kebetulan untuk ini si lucky_noob uda nyobain, monggo di tonton aja sendiri hasil test dia (klo mau sanggah, monggo sangga si lucky_noob):



ok sekarang sama Storage, masa sih bisa bikin bottleneck? oh tentu, gampang kok nyobain nya, apalagi yang masih pake HDD, mo coba? misal game nya ada D deh, nyalain aja game nya, terus alt-tab dan copy film yang ukuran nya gede banget ke drive yang sama (ato minimal ke DISK yang sama, mau beda drive ga masalah), terus lanjutin maen deh, coba kerasa ngga itu fps nya ngedrop? ok cukup harusnya ya buat membuktikan klo STORAGE aja bisa bikin bottleneck.

software nya gimana? ini harusnya sih uda pada sadar, karena cukup banyak yg suka nulis kan "game nya aja ngga optimal", nah ini bener kok, semakin optimal game nya, fps yang didapat bakal makin bagus (kecuali memang dari sisi hardware nya ngga mendukung).

thats why kenapa bottleneck itu ngga segampang cuma antara CPU dan GPU only, faktor lain juga tetep ada.

tips dari gw klo mo build PC gimana?
1. CPU minimal 4c/4t, ini udah bener2 MINIMAL, 2c/4t aja menurut gw uda ga rekomended sih klo mo buat maen game yang rada berat, 4c/4t aja uda cukup "berat" saat ini. klo ada duid lebih, belilah proc yang bisa di OC, kenapa? mayan buat nyambung "napas" di kemudian hari (makanya gw lebih recommended beli Ryzen untuk saat ini, potensi OC nya ok banget dibanding si intel).
2. RAM minimal 8 GB. (klo bisa 12 GB an in total, dual channel nya tetep bisa jalan kok selama jumlah keping RAM nya genap).
3. baru deh GPU nya nih, cari yang sesuai budget, dan ekspektasi fps dan settingan yang di-inginkan, paling gampang ya liat aja CPU agan kategori nya apa? low, mid apa high? ya samain aja sama seri GPU nya antara low, mid ato high juga, paling mentok naek 1 tingkat, misal cpu low ya mentok pake gpu kelas mid lah, kangan pake yang high, karena daripada cpu low + gpu high, mending up jadi cpu mid + gpu mid.
4. SSD perlu ga? klo SSD HANYA buat dipake buat OS, menurut gw sih optional yah. pake 2 HDD, 1 buat windows + 1 buat game juga menurut gw uda cukup menolong kok buat ngurangin beban I/O ke disk yang sama.

oh iya 1 lagi monitor, ini bikin bottleneck ga? ngga sih sebenernya... emang monitor 60 Hz bisa bikin GPU ngga bisa ngehasilin fps sampe 100 fps+++ (vsync off ya)? ngga kan, ya udah artinya ga bikin bottleneck.

tapi resolusi display bisa "membantu" mengurangi "gap" antara GPU yang terlalu overkill sama CPU yang kurang kuat.

yang mau baca lengkap review CPU nya bisa buka ini

ato klo males baca tapi mo dengerin penjelasan lucky_noob soal bottleneck juga boleh, gw pernah nonton, ngga beda jauh kok sama yang gw jelasin diatas.



Happy Gaming dah... emoticon-Peluk

tambahan: kenapa sih nanya part A sama part B bottleneck ga itu sebenernya "ga guna"? karena sampe sejauh ini blom pernah ada reviewer yang mau memasangkan GPU A dengan macam2 konfigurasi CPU, alhasil cuma modal "nebak2" doang jadi nya itu bottleneck apa ngga.

Diubah oleh Luminus 18-07-2020 04:34
shigeaanya
1caxz
Howel
Howel dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tutup