Cara kerja yang santai dan beresiko
Jadi, siapa disini yang suka jengkel dengan kelakuan sopir truk di jalan ? Jalan lambat nggak lambat, cepat nggak cepat. Atau ambil lajur kanan tapi lambatnya ngalahin orang lari. Well, they have their reason. Mungkin mereka ambil lajur kanan karna lajur kiri banyak sepeda motor atau angkot atau PKL. Atau pas kebetulan aja truk ini sudah di lajur kiri dan sedang menyalip kendaraan depannya lewat lajur kanan. Dan truk gak kayak mobil pribadi yang joss kalo nyalip. Apalagi yang truk bawa muatan berat kayak semen, pupuk, pasir, atau biasa disebut dump truk (bukan damn truk ya gan). Belum container.
Muatan gitu sangat membebani mesin truk.Makanya jalannya ngotot. Mereka sendiri juga nggak pingin menjadi ‘pengganggu’ di jalan. Mereka hanya ingin lewat dan segera menyelesaikan tugasnya.
Belum lagi yang sopir truk gede – gede dengan tujuan ke luar kota. Mereka bisa memakan sehari bahkan seminggu untuk sampai di tujuan. Dan... Belum tentu juga ketika sampai di tujuan, muatan truk langsung dibongkar. Sapa tau antri dengan truk yang lain.
Lelah ? Ngantuk ? Lapar ? Susah ? Ya ! Memang kerjaannya dan sudah jadi resiko pekerjaan.
Eiittss....
Belum lagi resiko kalo ada apa – apa di jalan. Contohnya ban bocor, as patah, ketilang polisi, bahkan kecelakaan. Sudah capek di jalan, kena musibah pula. Bagi sopir truk yang dikejar setoran, hal – hal ini sangat merugikan bagi mereka. Kalo sopir yang ikut gajian pabrik sih mungkin masih di tanggung pabrik. Kalo yang sopir setoran ? (truknya punya orang lain, sopir yang menjalankannya).
Jadi jangan langsung ngomel yah terhadap sopir truk. Bisa jadi tivi anda yang di rumah itu dulunya diangkut truk tsb.
Teknik mengemudi tingkat tinggi
Hmm, sudah jelas kalo truk ini kendaraan gede. Butuh feeling dan pengalaman tingkat tinggi untuk mengemudikannya. Apalagi yang truk gede dan panjang itunya. Maksud saya bak-nya. Kalo lagi puter balik di jalan sempit jelas sopir mengambil haluan hampir seluruh jalan dan itupun masih butuh mundur supaya nyampek puterannya gitu.
Dan setau saya kalo di daerah saya kebanyakan truk nya masih taun produksi lama alias tahun produksi 2005 ke bawah.Belum power steering (berat banget muterin setir nya). Nggak jarang juga banyak mesinnya yg sudah batuk – batuk karena tua.
Untuk yang truk gede (wing box, tronton, truk gandeng, truk container) spionnya nggak menjangkau seluruh bodi truk, mereka nggak akan tau kalo ada sepeda motor di sebelah kursi penumpang (kan kursi truk gede tinggi banget). Alhamdulillah truk gede jaman now ada yang sudah dilengkapi kamera jadi lumayan membantu. Anda yang naik sepeda motor jangan sekali – kali berada di sebelah kursi truknya terutama kursi penumpang. Belum tentu sopirnya lihat anda. Kemudian pas jalan nanjak, ada truk yang keliatan berat banget naiknya. Secepatnya menghindar, jangan sampai di belakangnya.
Sopir juga nggak bisa memprediksi kekuatan mesin apakah bisa membawa beban muatan sampai ke puncak. Banyak toh kasus truk yang nggak kuat nanjak lalu mundur menghantam belakangnya ? Bahasa jawanya “kunduran trek”.
Kalo truk gandeng, jangan sekali – kali anda berada di sela – sela antara kepala dan bak gandengannya. Walaupun macet sekalipun. Sepinter – pinternya anda menganalisis jarak, jangan !
Apapun bisa terjadi. Dan anda juga harus memahami kira – kira truk ini produksi taun lama atau taun baru – baru ini. Inget ya truk produksi taun lama rawan penyakitan, jadi jangan keburu ngomel dulu di jalan ! Jangan menyetir di sebelahnya ban truk yang gede ! Wahh anda mungkin belum tau kalo ban truk tiba – tiba meletus suaranya kayak bom.
Satu lagi...
Lihat sopirnya juga gan ! Kebanyakan sopir truk gede yang saya temui sudah berumur. Malah ada yang sampe tua banget masih semangat kerja. Anda klakson belum tentu beliau dengar. Anda lewat pun juga belum tentu bagus penglihatannya. Tapi nggak tau juga kalo depannya ada cewek. Hahaha.
Dan hati - hati juga sopir truk yang muatannya over !
Bayaran kadang nggak sesuai, bisa kurang dan bisa lebih !
Sopir truk dengan menanggung seluruh resiko tsb, terkadang uang yang diterima nggak sesuai dengan keringat yang diperas. Kalo lebih nggak masalah sih, kalo kurang ? Wah nggak masalah toh mereka juga masih ikut pabrik. Sepi atau rame kiriman pabrik, sopir juga tetap dibayar penuh. Perawatan kendaraan juga semuanya pabrik yang tanggung. Iya kalo ikut pabrik ? Ehh, tapi dari yang banyak saya denger dari cerita – cerita, sopir pabrik pun juga ada yang nakal lho ! (Kapan – kapan saya jelaskan kenakalannya ya).
Lalu gimana dengan sopir truk setoran ? Sopir luar kota ? Sopir yang tidak terikat perusahaan atau expedisi apapun ?
Layaknya seorang pedagang, sopir truk juga jualan jasa muat – bongkar barang. Yahhh, kadang rame muatan kadang sepi juga.Terkadang bisa sampe lebih – lebih juga tuh apalagi yang luar kota. Misalnya berangkat dari Jakarta bawa muatan rokok, dibawa ke Bali. Pas sudah bongkar di Bali, sopir nggak akan langsung pulang ke Jakarta. Melainkan mencari muatan lain untuk dibawa pulang ke Jakarta. Kalo di surabaya sih saya tau di daerah Medaeng, Waru. Banyak sopir truk dengan plat luar kota yang ‘menunggu’ mencari muatan balik sekalian pulang ke rumahnya. Kalo orang jawa bilang ‘truk balen’.
Denger – denger keuntungannya bisa 2-3x lipat ! Jadi sopir luar kota jarang sekali pulang ke rumah. Mereka sibuk mencari nafkah.
Walaupun bisa lebih, bayaran mereka juga bisa kurang. Mesin otomotif truk itu butuh perawatan yang mahal. Bahkan servis di bengkel bisa ngabisin 10 jutaan bahkan bisa sampe 20 juta tergantung parahnya juga sih. Belum kalo ganti ban yang dah gundul. Ban truk sendiri sebijinya bisa hampir 4 juta. Bisa anda hitung truk gede itu ada berapa bannya.
Jadi kalo sampe truk sudah masuk bengkel, sopir pasti bakalan pusing – pusing mikirin truk pencari nafkahnya.
Yahh seperti itu nggak enaknya...
[CENTER]Demikian tulisan sederhana dari saya. Saya berharap anda bisa lebih mengerti sopir truk. Berkat beliau anda bisa punya tivi, kulkas, res kuker, kompor gas, mejik jer, ac, sepeda motor, atau mobil ! Jadi lebih memaklumi lah kalo ada sopir truk lewat di jalan.
Percayalah mereka cuma ingin lewat !