Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Replika Bunker Hitler yang Kontroversial di Berlin Story Museum

Via news.artnet.com



Berlin Story Museum yang terletak di Berlin, Jerman, membangun replika bunker persembunyian Hitler yang bernama Führerbunker. Replika bunker Hitler ini dipamerkan dalam pameran bertajuk 'Hitler - How Could it Happen?' pada Mei 2017 lalu.
Spoiler for Model Bunker:

Seperti judul pameran tersebut, replika bunker ini tak hanya memamerkan ruangan-ruangan dalam Führerbunker, tetapi juga menunjukkan alasan dari banyaknya penduduk Jerman pada masa itu akhirnya menjadi 'Nazi'. Walaupun beberapa orang mengkritik museum tersebut akibat mengangkat tema dari figur yang mereka anggap 'mengerikan', sang kurator mengatakan bahwa sangat penting bagi orang-orang untuk memahami alasan-alasan para penduduk Jerman itu menjadi pengikut Hitler.

Pengunjung juga dibawa mengikuti kisah sang diktator mulai dari masa kecilnya di Austria, karirnya dalam bidang seni yang tak sukses, masa-masa saat menjadi prajurit pada PD II, dan hingga kematiannya dengan cara bunuh diri pada 30 April, 1945.
Spoiler for Model Bunker, dilihat lebih dekat:

Intinya, museum tersebut ingin mengeksplorasi pertanyaan: apa yang mengubah Hitler hingga menjadi salah satu figur yang dibenci dalam sejarah dan bagaimana para penduduk Jerman yang biasa-biasa saja itu diubah menjadi 'pembunuh'.

Sementara itu, bunker yang asli telah hampir seluruhnya dirubuhkan setelah perang. Sekarang tempat yang bernilai sejarah tersebut bahkan berada tepat di bawah sebuah lahan parkir biasa dengan sebuah plakat yang berdiri untuk menandai keberadaannya. Beberapa koridornya pun bahkan masih tetap utuh di bawah tanah.
Spoiler for Papan penanda keberadaan Führerbunker:

Hitler tinggal di sana selama 4 bulan, jauh di bawah gedung kantor pusat pemerintahannya dulu. Benteng tersebut terdiri dari 18 ruangan dan memiliki atap beton setinggi 9,8 kaki dan air serta pasokan listriknya sendiri. Ruang utama Hitler, tempat ia seringkali menghibur banyak tamu selama masa tinggalnya, dihiasi dengan lukisan cat minyak, jam kakeknya dan sofa dengan motif bunga.
Spoiler for Replika ruangan utama yang disebut-sebut sebagai tempat bunuh diri Hitler dan Eva Braun:

Di ruangan ini Hitler dan istrinya, Eva Braun, disebut-sebut, mengakhiri hidup mereka. Ruangan ini juga lah yang akhirnya dibangun replikanya oleh museum. Pengunjung museum wajib dipandu oleh seorang pemandu terlatih untuk melihat ruangan yang dilindungi oleh dinding kaca, serta dilengkapi kamera dan terlarang untuk difoto (kecuali untuk kepentingan tertentu) ini.

"Di ruangan ini lah kejahatan-kejahatan itu berakhir," kata kurator museum. "Di sini lah tempat segalanya berakhir, dan karena itu lah kami ingin menunjukkannya."

Pameran tersebut, yang juga menampilkan lukisan-lukisan Hitler dan video-video yang mendokumentasikan hubungannya dengan Eva, telah menarik sekitar 20.000 pengunjung dalam 2 bulan pertama.
Spoiler for Gedung tempat replika bunker Hitler dibangun:

Sang kurator menambahkan, "Mereka, orang-orang 'biasa' itu, bersedia mengikuti apa pun yang Hitler katakan. Tentu, karena ia berjanji untuk membuat Jerman berjaya kembali."

Orang-orang harus melihatnya dari sudut pandang sejarahnya dan mengapa itu terjadi, katanya, sehingga kita dapat menghindari struktur kekuasaan serupa terwujud di masa sekarang dan masa depan.

Seperti pentingnya belajar sejarah, tujuan utamanya adalah supaya kita tidak 'jatuh ke lubang yang sama'.


Baca juga:


Diubah oleh andrianusho 30-11-2017 07:53
0
13.2K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan