Ngomongin Soal Undang-Undang Gangguan Alias HO Yuk Gan!
TS
easybiz
Ngomongin Soal Undang-Undang Gangguan Alias HO Yuk Gan!
Spoiler for no repost:
Quote:
Halo gan!
Perkenalkan kami Easybiz. Kami disini ingin membantu agan-agan yang berwirausaha atau baru mau berwirausaha untuk lebih paham soal legalitas bisnis. So pasti, bisnis agan bakal tambah lancar kalau agan melek hukum
Materi bahasan minggu ini adalah UUG (Undang-Undang Gangguan) alias HO (Hinder Ordonnantie).
Meski kesannya sepele, HO bisa jadi penentu sukses tidaknya bisnis agan lho. Kok bisa?
Penasaran???
Makanya Cekidot gan!
Quote:
Meski kesannya sepele nih gan, HO bisa jadi penentu sukses tidaknya bisnis agan lho.
Agan tentu ga pengen kan kalo bisnis yang udah berjalan, eh tiba-tiba diprotes sama warga yang tinggal di sekitar tempat usaha agan karena usaha agan ternyata ga punya HO.
Quote:
HO itu sendiri gan, adalah surat yang menyatakan kalo ga ada keberatan dan gangguan atas lokasi usaha yang agan jalankan. Sejatinya, HO yang ditetapkan melalui Undang-undang Gangguan (Hinder Ordonnantie Staatsblad Tahun 1926 Nomor 226) ini memang aturan warisan zaman kolonial Belanda yang masih diterapkan hingga detik ini. Namun meski begitu gan, HO inid iatur lho di Peraturan Menteri Dalam Negeri No 27 Tahun 2009.
Tujuan HO sendiri gan, buat melindungi masyarakat sekitar lokasi usaha agan atas berdirinya usaha agan yang bisa jadi menimbulkan kerugian atau gangguan ke masyarakat. Contohnya, agan usaha resto nih. Nah ternyata resto agan tuh laris banget, sampe antriannya sepanjang sekian meter. Nah antrian itu bisa jadi dianggap masyarakat sekitar sebagai sesuatu yang mengganggu gan.
Makanya ada baiknya kalo agan punya HO. Apalagi di beberapa daerah atau untuk beberapa jenis bidang usaha, si HO ini jadi dokumen persyaratan yang harus ada gan supaya izin usaha agan bisa diproses.
Contohnya nih gan, usaha travel kan butuh izin usaha yang namanya TDUPya. Nah untuk urus TDUP ini, instansi yang berwenang biasanya akan minta HO sebagai dokumen persyaratan supaya TDUP nya bisa diterbitin. Gitu gan.
Quote:
Nah bagaimana sih mengurus HO?
Gini gan, yang namanya HO itu bisa agan urus ke instansi yang berwenang. Misalnya kalo di Jakarta itu ada yang namanya PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Biasanya HO diurus ke PTSP berdasarkan tingkatnya gan. Misalnya kalau di Jakarta, dimana mengurus HO itu tergantung sama berapa luas lokasi usaha agan yang akan diuruskan HO nya. Bisa ke tingkat kelurahan, kecamatan, sampai dengan walikota gan!
Quote:
Nah, berapa sih urus HO?
Wah kalo itu, tergantung pada beberapa hal berikut gan. Cekidot!
Luas bangunan lokasi usaha agan.
Lokasi usaha aganpersisnya terletak dimana karena lokasi ini akan menentukan indeks lokasi dan indeks gangguan yang tentunya tarifnya beda-beda gan!
Meskipun tarifnya beda-beda, jangan sampe ya agan pake jalan pintas buat dapetin HO. Soalnya kalo emang akhirnya bisnis agan menimbulkan gangguan, agan ga bisa mengelak dari gugatan masyarakat sekitar.
Quote:
Untuk lebih jelas, agan-agan sekalian bisa baca artikel ini. ya gan.
Quote:
Sekian dan terima cendol.
Oke gan, sampe ketemu di thread Easybiz selanjutnya Jumat depan.