- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
10 Kecelakaan Pesawat yang Mengubah Sejarah Penerbangan


TS
wishnukudo
10 Kecelakaan Pesawat yang Mengubah Sejarah Penerbangan
Sebelumnya jangan lupa budayakan komen dan


lempar juga dunk







Quote:

Pesawat terbang jadi pilihan traveler untuk berpergian. Efisiensi waktu, kenyamanan, dan keamanan jadi alasan utamanya. Namun di balik itu, rupanya ada 10 kecelakaan pesawat yang mengubah sejarah penerbangan. Mungkin, Anda belum tahu...
Traveler yang naik pesawat sepertinya sudah paham dengan cara-cara keselamatan saat terbang. Tapi puluhan tahun lalu, kecelakaan-kecelakaan pesawat yang fatal menjadi acuan suatu maskapai agar membuat pesawat lebih aman hari ini.
Dilansir News Australia, Rabu (12/2/2014) berikut 10 kecelakaan pesawat yang mengubah sejarah penerbangan seperti dihimpun oleh situs travel Flyertalk.com:
Quote:
1. Tabrakan Trans World Airlines (TWA) & United Airlines tahun 1956

Ini adalah kecelakaan yang mengerikan. Tahun 1956, pesawat Trans World Airlines (TWA) dan United Airlines tabrakan di udara di atas kawasan Grand Canyon. Kecelakaan itu menewaskan 128 penumpang.
Kecelakaan tersebut membawa perubahan besar pada sistem lalu lintas udara AS. Dua tahun kemudian, dibentuklah Federal Aviation Administration (FAA) sebuah lembaga regulator penerbangan yang bertanggung jawab sebagai pengatur dan pengawas penerbangan sipil di AS. Akhirnya, semua negara punya lembaga semacam ini.

Ini adalah kecelakaan yang mengerikan. Tahun 1956, pesawat Trans World Airlines (TWA) dan United Airlines tabrakan di udara di atas kawasan Grand Canyon. Kecelakaan itu menewaskan 128 penumpang.
Kecelakaan tersebut membawa perubahan besar pada sistem lalu lintas udara AS. Dua tahun kemudian, dibentuklah Federal Aviation Administration (FAA) sebuah lembaga regulator penerbangan yang bertanggung jawab sebagai pengatur dan pengawas penerbangan sipil di AS. Akhirnya, semua negara punya lembaga semacam ini.
Quote:
2. Pesawat United DC-8 gagal mendarat tahun 1978

Pilot bukanlah 'dewa' yang bebas mengambil keputusan saat terbang atau mendarat. Pernyataan tersebut berkaca pada insiden pesawat United DC-8 yang gagal mendarat dan kehabisan bahan bakar di Portland, AS. Tak ayal, 10 penumpang tewas.
Insiden itu akhirnya mengubah prosedur pelatihan kokpit dan menekankan kerja sama tim serta komunikasi. Pilot tak bisa sembarangan ambil keputusan seenaknya.

Pilot bukanlah 'dewa' yang bebas mengambil keputusan saat terbang atau mendarat. Pernyataan tersebut berkaca pada insiden pesawat United DC-8 yang gagal mendarat dan kehabisan bahan bakar di Portland, AS. Tak ayal, 10 penumpang tewas.
Insiden itu akhirnya mengubah prosedur pelatihan kokpit dan menekankan kerja sama tim serta komunikasi. Pilot tak bisa sembarangan ambil keputusan seenaknya.
Quote:
3. Kebakaran di toilet pesawat Air Canada tahun 1983

Pesawat Air Canada melakukan penerbangan dari Dallas menuju Toronto di tahun 1983. Nahas, saat itu terjadi kebakaran akibat api yang muncul dari dalam toilet dan asap tebal memenuhi kabin. Pilot akhirnya melakukan pendaratan darurat di Cincinnati dan 23 penumpang tewas!
Setelah peristiwa tersebut, banyak pesawat yang memasang detektor asap dan pemadam kebakaran otomatis di dalam toilet.

Pesawat Air Canada melakukan penerbangan dari Dallas menuju Toronto di tahun 1983. Nahas, saat itu terjadi kebakaran akibat api yang muncul dari dalam toilet dan asap tebal memenuhi kabin. Pilot akhirnya melakukan pendaratan darurat di Cincinnati dan 23 penumpang tewas!
Setelah peristiwa tersebut, banyak pesawat yang memasang detektor asap dan pemadam kebakaran otomatis di dalam toilet.
Quote:
4. Kecelakaan pesawat Delta akibat badai tahun 1985

Maskapai Delta Airlines punya catatan kelam di tahun 1985. Pesawat Delta saat itu terbang ke Dallas dalam cuaca yang sangat buruk, badai dahsyat dan angin kencang. Pilot pun akhirnya memaksa melakukan pendaratan darurat. Tapi tragis, 137 penumpang tewas dalam penerbangan tersebut!
Peristiwa ini membuka mata dunia tentang pesawat yang terbang di tengah cuaca buruk atau badai. Setelah 7 tahun penelitian, NASA (National Aeronautics and Space Administration) dan FAA (Federal Aviation Administration) menciptakan peralatan canggih berupa radar detektor badai di dalam pesawat.

Maskapai Delta Airlines punya catatan kelam di tahun 1985. Pesawat Delta saat itu terbang ke Dallas dalam cuaca yang sangat buruk, badai dahsyat dan angin kencang. Pilot pun akhirnya memaksa melakukan pendaratan darurat. Tapi tragis, 137 penumpang tewas dalam penerbangan tersebut!
Peristiwa ini membuka mata dunia tentang pesawat yang terbang di tengah cuaca buruk atau badai. Setelah 7 tahun penelitian, NASA (National Aeronautics and Space Administration) dan FAA (Federal Aviation Administration) menciptakan peralatan canggih berupa radar detektor badai di dalam pesawat.
Quote:
5. Pesawat pribadi tabrakan dengan pesawat komersil tahun 1986

Piper aircraft merupakan pesawat pribadi yang bisa dimiliki tiap orang. Awalnya, pesawat ini tidak terhubung kontrol lalu lintas udara dan perangkat elektronik untuk saluran posisi dan ketinggian yang tersambung ke menara penerbangan terdekat.
Itu semua berubah saat kecelakaan di tahun 1986. Piper aircraft mengalami tabrakan di udara dengan Aeromexico DC-9 di Los Angeles. 72 Penumpang pun dinyatakan tewas. Akhirnya, pesawat pribadi pun harus terhubung dengan lalu lintas wisata.

Piper aircraft merupakan pesawat pribadi yang bisa dimiliki tiap orang. Awalnya, pesawat ini tidak terhubung kontrol lalu lintas udara dan perangkat elektronik untuk saluran posisi dan ketinggian yang tersambung ke menara penerbangan terdekat.
Itu semua berubah saat kecelakaan di tahun 1986. Piper aircraft mengalami tabrakan di udara dengan Aeromexico DC-9 di Los Angeles. 72 Penumpang pun dinyatakan tewas. Akhirnya, pesawat pribadi pun harus terhubung dengan lalu lintas wisata.
Quote:
6. Pesawat Aloha Airlines meledak tahun 1988

Pesawat Aloha Airlines mengalami kecelakaan di tahun 1988, saat penerbangan dari Hilo ke Honolulu. Ketika terbang, pesawat tersebut meledak di udara!
65 Penumpang mengalami cedera dalam kecelakaan itu. Lalu, FAA (Federal Aviation Administration) langsung mengambil tindakan kepada tiap maskapai, agar lebih meningkatkan pemeriksaan dan pemeliharaan pesawat.

Pesawat Aloha Airlines mengalami kecelakaan di tahun 1988, saat penerbangan dari Hilo ke Honolulu. Ketika terbang, pesawat tersebut meledak di udara!
65 Penumpang mengalami cedera dalam kecelakaan itu. Lalu, FAA (Federal Aviation Administration) langsung mengambil tindakan kepada tiap maskapai, agar lebih meningkatkan pemeriksaan dan pemeliharaan pesawat.
Quote:
7. Pesawat USAir jatuh di perbukitan tahun 1994

Ini adalah salah satu kecelakaan pesawat yang paling tragis di AS. Pesawat USAir dijadwalkan terbang dari Pittsburgh ke West Palm Beach di Florida. Namun nahas, pesawat gagal mendarat dan malah jatuh ke perbukitan di sekitar bandara. 131 Penumpang tewas!
Diperkirakan, pilot mengalami gangguan saat pesawat hendak tiba di landasan pacu bandara. Hal itu disebabkan pada mesin penggerak ekor (rudder), sehingga ekor pesawat bergerak ke arah yang berlawanan saat dikendalikan pilot. Atas kecelakaan ini, pemerintah AS mengajak Aviation Disaster Family Assistance Act untuk memberikan layanan keselamatan pada penumpang.

Ini adalah salah satu kecelakaan pesawat yang paling tragis di AS. Pesawat USAir dijadwalkan terbang dari Pittsburgh ke West Palm Beach di Florida. Namun nahas, pesawat gagal mendarat dan malah jatuh ke perbukitan di sekitar bandara. 131 Penumpang tewas!
Diperkirakan, pilot mengalami gangguan saat pesawat hendak tiba di landasan pacu bandara. Hal itu disebabkan pada mesin penggerak ekor (rudder), sehingga ekor pesawat bergerak ke arah yang berlawanan saat dikendalikan pilot. Atas kecelakaan ini, pemerintah AS mengajak Aviation Disaster Family Assistance Act untuk memberikan layanan keselamatan pada penumpang.
Quote:
8. Pesawat ValuJet kebakaran di kargo tahun 1996

Pesawat ValuJet jatuh di Everglades, Florida setelah kebakaran dari generator oksigen dalam kargo di tahun 1996. 110 Penumpang dinyatakan tewas atas insiden mengenaskan ini. Setelah inseden, semua pesawat komersil diwajibkan memasang detektor asap dan pemadam kebarakan otomatis dalam kargo.

Pesawat ValuJet jatuh di Everglades, Florida setelah kebakaran dari generator oksigen dalam kargo di tahun 1996. 110 Penumpang dinyatakan tewas atas insiden mengenaskan ini. Setelah inseden, semua pesawat komersil diwajibkan memasang detektor asap dan pemadam kebarakan otomatis dalam kargo.
Quote:
9. Pesawat Trans World Airlines (TWA) meledak tahun 1996

Mungkin, ini adalah kecelakaan pesawat paling tragis. Tahun 1996, Pesawat Trans World Airlines (TWA) terbang ke Paris dari New York. Nahas, pesawat tersebut meledak di udara dan 230 penumpang tewas!
Dari hasil penyelidikan menyimpulkan, ledakan tersebut diakibatkan oleh asap di tangki bahan bakar, karena hubungan pendek arus listrik. Sejak kecelakaan ini, FAA mengimbau maskapai agar pemakaian efisien listrik dan mengurangi kemungkinan terjadi arus pendek atau percikan listrik di dalam pesawat.

Mungkin, ini adalah kecelakaan pesawat paling tragis. Tahun 1996, Pesawat Trans World Airlines (TWA) terbang ke Paris dari New York. Nahas, pesawat tersebut meledak di udara dan 230 penumpang tewas!
Dari hasil penyelidikan menyimpulkan, ledakan tersebut diakibatkan oleh asap di tangki bahan bakar, karena hubungan pendek arus listrik. Sejak kecelakaan ini, FAA mengimbau maskapai agar pemakaian efisien listrik dan mengurangi kemungkinan terjadi arus pendek atau percikan listrik di dalam pesawat.
Quote:
10. Pesawat Swissair terbakar tahun 1998

Pesawat Swissair mengalami kecelakaan hebat tahun 1998. Saat itu, pilot mencium bau asap di kokpit dan tak lama api menyebar ke dalam pesawat. Akibatnya, pesawat jatuh ke Samudera Atlantik di lepas pantai sebelah timur Kanada. Pesawat hancur berkeping-keping dan 229 Penumpang tewas!
Jenis pesawat Swissair ini adalah McDonnell Douglas MD-11. Setelah 4 tahun penyelidikan, disimpulkan kecelakaan disebabkan oleh kabel listrik dari sistem hiburan di pesawat yang mengalami korsleting dan terbakar. Lalu api menyebar hingga ke sistem kontrol pesawat. Atas peristiwa ini, 700 pesawat jenis McDonnell Douglas MD-11 ditambahkan bahan tahan api pada badan pesawatnya.

Pesawat Swissair mengalami kecelakaan hebat tahun 1998. Saat itu, pilot mencium bau asap di kokpit dan tak lama api menyebar ke dalam pesawat. Akibatnya, pesawat jatuh ke Samudera Atlantik di lepas pantai sebelah timur Kanada. Pesawat hancur berkeping-keping dan 229 Penumpang tewas!
Jenis pesawat Swissair ini adalah McDonnell Douglas MD-11. Setelah 4 tahun penyelidikan, disimpulkan kecelakaan disebabkan oleh kabel listrik dari sistem hiburan di pesawat yang mengalami korsleting dan terbakar. Lalu api menyebar hingga ke sistem kontrol pesawat. Atas peristiwa ini, 700 pesawat jenis McDonnell Douglas MD-11 ditambahkan bahan tahan api pada badan pesawatnya.
Quote:
Air Crash Investigation

sumber:dimaridandimari
Mampir juga di Thread lain ane:
Quote:
{HT} Apakah Agan Memakai Keyboard Selain QWERTY??
10 Kecelakaan Pesawat yang Mengubah Sejarah Penerbangan
Dahsyat!!! Gubernur Kaltara Bawa Tunai Rp 200 Juta Untuk Bantu Korban Kebakaran
Apa Yang Agan Pikirkan Setelah Melihat Gambar Ini?
Keunikan Lilin Malam
5 Kesalahpahaman Soal Nyamuk dan Penyakit yang Perlu Diketahui
Sebelas Pesepakbola Eropa Terbaik 2012/2013
Woww!!! Konsumsi Rokok Indonesia Masuk Kondisi Darurat
10 Kecelakaan Pesawat yang Mengubah Sejarah Penerbangan
Dahsyat!!! Gubernur Kaltara Bawa Tunai Rp 200 Juta Untuk Bantu Korban Kebakaran
Apa Yang Agan Pikirkan Setelah Melihat Gambar Ini?
Keunikan Lilin Malam
5 Kesalahpahaman Soal Nyamuk dan Penyakit yang Perlu Diketahui
Sebelas Pesepakbola Eropa Terbaik 2012/2013
Woww!!! Konsumsi Rokok Indonesia Masuk Kondisi Darurat
Quote:
Beberapa masukan dari gan:
Thx gan
Quote:
Original Posted By hasheqpt►mau saran, agan bisa tambahin video air crash investigation gan, banyak pelajaran yg bisa diambil disana 

Quote:
Original Posted By Janriko►
yg tahun 1983 Canada Air pernah ditayangin di acara AirCrash Investigation di National Geographic gan. Jadi ceritanya setelah ada korslet di toilet, asap mengepul pekat di dalem pesawat gan, tp belum ada kebakar. Penumpang pada panik lalu pilot akhirnya mendarat darurat di bandara (ane lupa lagi bandara mana hehe
)
naah 'inti' bencananya tu setelah mendarat darurat, ketika pintu pesawat terbuka banyak yg gatau kemana pintu keluar karena asap yg sangat pekat. dan belum semua penumpang keluar, DUAARR! Meledaklah pesawat tsb karena banyak oksigen yg masuk ke dalam pesawat dr pintu pesawat yg terbuka (inget, oksigen adalah slh satu bahan bakar api utk menyala).
kedua pilot selamat meski hrs terjun dr kabin setinggi sekitar 2-3m dr tanah, namun pas pramugari menghitung penumpang yg sudah diluar, hanya kurang lebih SETENGAH yg ada diluar, yg lain tewas didalam pesawatnya krn gabisa keluar dari pesawat dan kobaran api
setelah kejadian tsb Federasi penerbangan mengahruskan setiap produsen pesawat bukan hanya memasang detektor asap, tapi juga menambahkan fitur keselamatan ini gan

yg dikasih panah merah tu sebenarnya lampu yg akan menyala ketika adda masalah yg membuat penumpang harus segera keluar dari pesawat, n garis itu mengarah ke pintu2 pesawat. jadi kalo ada kasus asap tebal di pesawat, penumpang gakan nyasar di dalem pesawat dan bisa segera keluar
taro pejwan biar pada tau, terutama masalah lampu lantai karena ini bersangkutan dgn keselamatan penerbangan hehehe
yg tahun 1983 Canada Air pernah ditayangin di acara AirCrash Investigation di National Geographic gan. Jadi ceritanya setelah ada korslet di toilet, asap mengepul pekat di dalem pesawat gan, tp belum ada kebakar. Penumpang pada panik lalu pilot akhirnya mendarat darurat di bandara (ane lupa lagi bandara mana hehe

naah 'inti' bencananya tu setelah mendarat darurat, ketika pintu pesawat terbuka banyak yg gatau kemana pintu keluar karena asap yg sangat pekat. dan belum semua penumpang keluar, DUAARR! Meledaklah pesawat tsb karena banyak oksigen yg masuk ke dalam pesawat dr pintu pesawat yg terbuka (inget, oksigen adalah slh satu bahan bakar api utk menyala).
kedua pilot selamat meski hrs terjun dr kabin setinggi sekitar 2-3m dr tanah, namun pas pramugari menghitung penumpang yg sudah diluar, hanya kurang lebih SETENGAH yg ada diluar, yg lain tewas didalam pesawatnya krn gabisa keluar dari pesawat dan kobaran api
setelah kejadian tsb Federasi penerbangan mengahruskan setiap produsen pesawat bukan hanya memasang detektor asap, tapi juga menambahkan fitur keselamatan ini gan

yg dikasih panah merah tu sebenarnya lampu yg akan menyala ketika adda masalah yg membuat penumpang harus segera keluar dari pesawat, n garis itu mengarah ke pintu2 pesawat. jadi kalo ada kasus asap tebal di pesawat, penumpang gakan nyasar di dalem pesawat dan bisa segera keluar
taro pejwan biar pada tau, terutama masalah lampu lantai karena ini bersangkutan dgn keselamatan penerbangan hehehe

Thx gan
Diubah oleh wishnukudo 29-04-2014 03:56
0
11.4K
Kutip
57
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan