kahellAvatar border
TS
kahell
Di Inggris bisa kaya gini . Indonesia kapan ? [Pict + Video]
Kota Milton Keyness di Inggris Siapkan Angkutan Umum 'Driverless' di Tahun 2015


Status Indonesia sebagai negara berkembang tampaknya masih akan awet untuk jangka waktu yang lama. Sementara pemerintah ibukota Jakarta masih sibuk dalam melanjutkan rencana pembangunan MRT, salah satu kota di Inggris telah mulai bersiap-siap untuk meluncurkan armada mobil angkutan umum tanpa pengemudi (driverless cars) di tahun 2015.

Kota Milton Keynes di Inggris bakal menghadirkan 20 unit armada driverless cars di tahun 2015. Masing-masing armada akan mampu mengangkut 2 orang penumpang dan akan melaju secepat 19km/jam saja di sebuah jalur khusus yang telah disiapkan.

Di tahun 2017, jumlah armada akan meningkat menjadi 100 unit dan besar biaya proyek untuk pengadaan kendaraan ini mencapai 1,5 juta poundsterling (sekitar Rp 27 miliar). Masing-masing kendaraan telah dilengkapi dengan sebuah sensor khusus untuk menghindari tabrakan, jadi akan tetap aman untuk digunakan ketika berbagi dengan jalur untuk para pejalan kaki



Pihak pemerintah Inggris memang masih belum mengumumkan spesifikasi resmi untuk kendaraan ini, namun sebuah video mock-up yang beredar memperlihatkan bahwa para penumpang akan bisa memesan tempat lewat sebuah aplikasi khusus di smartphone. Pod-pod tersebut akan dilengkapi dengan sebuah layar khusus yang menyediakan akses untuk layanan internet, musik dan segala bentuk hiburan lain.



Rute pertama dari armada ini adalah jalur sepanjang stasiun kereta api dan pusat perbelanjaan di Milton Keynes yang bisa ditempuh dengan 20 menit berjalan kaki. Tarif untuk sekali jalan adalah sebesar 2 poundsterling, namun bisa jadi berubah tergantung pada hasil studi di tahun depan.

Armada driverless ini bukanlah yang pertama di Inggris, mengingat bandara Heathrow sebelumnya telah menggunakan sistem taxi driverless dimana masing-masing pod mampu menampung hingga 4 orang penumpang yang melaju di jalur yang telah disiapkan. Awal tahun ini, Robot Car UK juga telah melakukan ujicoba untuk sebuah mobil tanpa pengemudi konvensional (mirip seperti milik Google) di jalanan Oxfordshire.

Spoiler for Video Angkotnya :


Keren ya gan emoticon-Matabelo
Spoiler for Komentar TS :

Gimana tanggapan agan2 sekalian ? kapan negara kita bisa bikin begituan ya ? emoticon-Matabelo emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Komeng agan2 semua :


Quote:



Spoiler for Terakhir:


Thread ane yang lain
Diubah oleh kahell 06-02-2014 12:47
0
26.9K
366
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan