green.martianAvatar border
TS
green.martian
Formasi Sepakbola yang Pertama Kali Digunakan (Lo Gak Bakal Nyangka)
Maap kalo repost ya, kasih tau aja ntar ane edit. Jangan langsung main bata emoticon-Hammer (S). Ini ane ketik sendiri soalnya, bukan copy-paste punya orang.

emoticon-2 Jempol

Saat ini sedang ngetrend digunakan formasi 4-3-3 dan segala macam variasinya, bahkan formasi “aneh” 4-6-0 udah mulai dikembangkan dengan False-Nine nya. Sebelum itu sangat populer formasi 4-4-2. Sebelumnya lagi ada 3-5-2 dengan liberonya yang terkenal. Tapi tahukah agan formasi yang pertama kali digunakan dalam sepakbola?

Partai internasional pertama digelar di Skotlandia yang mempertemukan Skotlandia sebagai tuan rumah dan Inggris sebagai tamu, pada tahun 1872. Ditonton sebanyak 4000 orang, inilah formasi yang mereka gunakan.
Spoiler for Formasi:

Analisa pertandingan (ala majalah sport, haha).

Inggris mengandalkan skill dribling pemainnya. Seorang bek bertugas “menyapu” bola kedepan apabila ada bola yang lepas ke pertahanan. Seorang midfield bertugas meneruskan bola ke depan, ke kiri atau kanan, playmaker kalo istilah sekarang. Tujuh forward akan mendrible bola terus sampai ketemu pemain lawan dan gak bisa kemana-mana baru dioper ke forward lain. Begitu seterusnya sampai depan gawang.

Skotlandia bermain lebih “modern” dengan mengandalkan passing antar pemain. Itulah mengapa formasinya berpasangan. Dua bek akan saling mengoper ke tengah, dua midfield saling mengoper sebelum dioper ke depan, dimana bola kembali diperebutkan untuk mencetak gol.

Jangan bayangkan sepakbola indah dan cantik yang terjadi, melainkan seperti anak-anak kecil yang bermain bola di jalan. Team work sangat minimal, hanya skill individu yang diandalkan. Saling rebutan bola seperti ilustrasi berikut ini yang menggambarkan keadaan saat itu.
Spoiler for Rebutan:

Kedua formasi tersebut sangat “primitif” berorientasi menyerang sebanyak mungkin. Meninggalkan seorang atau dua orang bek yang bertugas membuang bola ke depan untuk diperebutkan. Ternyata yang terjadi sebaliknya, partai ini berakhir dengan skor kacamata 0-0. Ironis bukan?

Beberapa bulan sebelum partai ini, sebenarnya partai Final FA Cup yang pertama digelar antara Wanderers dan Royal Engineers menggunakan formasi serupa, yaitu 1-1-8 (Wanderers) dan 2-1-7 (Royal Engineers). Pertandingan ini dimenangkan Wanderers dengan skor 1-0. Udah pake 8 striker masih aja seret gol, gimana sih? emoticon-Ngakak (S)

Kalo diperhatikan, semakin modern sepakbola, pemain2nya semakin mundur ke pertahanan. Buktinya sekarang makin banyak yang menggunakan formasi 4 bek, tambah satu atau dua DM. Bisa jadi seratus tahun lagi, formasi yang digunakan adalah 8-1-1 (kebalikannya). Disebabkan lebih banyak muncul pemain2 "alien", yang harus dikawal banyak bek. emoticon-Ngakak (S)

Ane share nih, kalo formasi 2-2-6 diterapkan musim 12/13, line upnya kira2 seperti ini: emoticon-Matabelo
Spoiler for :

Kalo ada yg mau share formasi 1-1-8 atau 2-1-7 atau 2-2-6 dipersilakan. emoticon-Ngakak (S)

Sumber: Wikipedia

Quote:


emoticon-Toast

Jangan lupa Rate-5 biar nongol di Hot Thread. Cendol atau abu-abu sangat ane hargain. Yang doyan ngejunk sama ngiklan di thread orang, ane doain biar cepet dapet hidayah dan kembali ke jalan yang benar, biar gak rusuh nih Kaskus.
Diubah oleh green.martian 11-10-2013 18:11
0
70.1K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan