KASKUS

Sejarah dan Teknik Airbrush [Jiwa Seni Masuk]

Quote:

Jangan lupa di komen dan


Quote:
Sejarah AirBrush


Pernahkah kalian melihat kendaraan yang dipenuhi dengan gambar di bagian bodynya? pasti pernahkan. Teknik yang digunakan untuk menggambar di media seperti bis dan kendaraan lainya itu dinamakan teknik lukis airbrush. yaitu teknik melukis dimana air dimana cat disemprotkan ke media lukis dengan menggunakan bantuan tekanan angin.
Dalam sejarah seni lukis modern, teknik airbrush mulai dikenal pada akhir abad 19, tepatnya pada tahun 1879. Adalah Abner Peeler, seorang penemu yang berjasa menemukan alat lukis dengan tekanan angin yang dinamakan Paint distributor. Iapun mematenkan penemuanya itu. Setelah itu, ia menjual patennya kepada Lyberty Walkup dari perusahaan Walkup brothers pada bulan Agustus 1883.



Lyberty Walkup kemudian memperkenalkan Paint Distributor di sebuah pameran fotografi yang diadakan di Indianapolis, dan tak disangka, alat lukis generasi baru itu terjual 63 unit. Dikarenakan makin tertariknya para seniman pada teknik lukis dengan tekanan udara dengan media Paint Distributor, Liberty Walkup pun kemudian mendirikan Airbrush Manufacturing Company di Rockford, Illinois yaitu sebuah perusahaan yang khusus memproduksi paint Distributor, semenjak itulah kemudian masyarakat menamai teknik lukis dengan tekanan angin ini dengan sebutan Airbrush.



Airbrush menjadi makin populer setelah Charles L. Burdick, seorang seniman Amerika yang tinggal di Chicago yang pada tahun 1893 berhasil memodifikasi paint Distributor menjadi alat yang lebih simple dan mengubah bentuknya menjadi seperti pena, Sehingga memudahkan untuk melukis. Ia pun kemudian mendirikan Fountain Brush Company. Dan kemudian segera mematenkan temuanya, yaitu paint Distributor dengan needle control system, atau sistem pengeluaran cat melalui jarum. Itulah yang kemudian mengawali era seni lukis dengan air brush di masa modern ini.
Quote:sumber

Gimana sudah mengerti kan tentang AirBrush? Apa kurang mengerti tentang AirBrush karena otaknya kurang sampe? #justKiding

sekarang ane jelasin Tekniknya gan biar ada yang mau coba bisa baca disini

Tehnik Airbrush
Quote:Mengenal Teknik pengecatan.
CAT pada roda dua merupakan hal terpenting dalam penyelarasan estetika. Bayangkan bila kuda besi tak dilapisi cat. Pastinya tunggangan Bikes akan terlihat kurang cantik. Tapi ada pula satu aliran modifikasi bernama Rat road yang tak terlalu mementingkan cat sebagai alat mempercantik roda duanya.
Nah, bila Bikes bosan dengan model cat yang itu-itu saja, OTOBIKES mengunjungi Franky Morri sang modifikator Yasashii Garage, yang akan menjelaskan teknik pengecatan yang sedang marak pada saat ini. Berikut adalah bahasannya.

Quote:Cosmic.
Teori pengecatan ini dipopulerkan di Australia sekitar 1960. Langkah pengecatannya memang sangat rumit. Dimodel ini mengunakan banyak warna dengan jenis cat candy toon yang dipenuhi garis tipis sehingga menjadikan gambar seperti nyata. Adapun motif dalam pengecatan cosmic diantarnya, motif kabel yang berantakan, sisik ikan, dan kaca patri zaman dulu yang full colour.

Quote:Moeral.
Ciri khas moeral terletak pada penegasan bentuk grafis dan ornamennya. Pengecatan dalam moeral biasanya lebih terlihat abstrak yang dipenuhi garis tipis untuk mempercantiknya. Dalam proses pengerjaannya, jenis ini tak serumit kepunyaan cosmic.

Quote:Paint strip.
Awalnya, teknik pengecatan ini dipopulerkan di Negeri Belanda oleh Non Duth dialiran modifikasi Rat fink. Teknik paint strip punya nilai seni yang tinggi. Karena saat pengerjaannya tak seperti pengecatan yang lain. Melainkan dengan menggunakan kuas yang langsung digoreskan pada media yang akan dilukis. Biasanya pada teknik ini hanya akan terlihat garis tipis yang menambah motif.

Quote:Airbrush.
Teknik pengecatan airbrush terbagi menjadi dua yaitu, realis dan grafis. Pada teknik airbrush realis biasanya berupa gambar yang real. Sedangkan, pada teknik grafis mempunyai ciri khas garis-garis beraturan dengan penuh warna.
Semoga tips mengenal teknik pengecatan diatas dapat membantu Bikes dalam memilih pewarnaan pada kuda besi kesayangan.

sumber

gimana gan sudah mengerti tentang AirBrush bukan?

Spoiler for Hasil AirBrush:


ada tambahan nih dari para kaskuser
Quote:Quote:Original Posted By zulstreet
sekedar nambah'n aj

menggunakan alat air brush



Quote:Original Posted By zulstreet
menggunakan pylox





UPDATE
Spoiler for pic:


Spoiler for menerima:

Spoiler for menolak:


Quote:Thread ini disponsori oleh

Silahkan Klik dan kunjungi markas kami




Quote:kunjungi juga thread ane lainnya gan
A – Z Makhluk-makhluk Fantasy
Sejarah dan Teknik Airbrush [Jiwa Seni Masuk]
Makhluk - Makhluk Mitologi Dari Indonesia
7 Seni Tarian Indonesia yang Mendunia
Pulau Alcatraz (Pulau Penjara)
Sejarah dan Cara Membuat Es Cendol
3 Hal Bodoh Sering Dilakukan
no pertamax
Nambah pengetahuan gan...
Mampir ya....
Quote:Speaker
Scanner
Modem Huawei
CPU gaming-Desain
Desain CAD
perdana 3 AON

Keren Gan...ane kebetulan suka gambar
widih keren banget FU nya di modif gitu di kasih air beras ga pake tajin aja sekalian
Quote:Original Posted By pangkatkopral
Keren Gan...ane kebetulan suka gambar


ok thx juga gan
ane biasa nulis pake air brush gan
biar greget
Quote:Original Posted By mhemhet004
widih keren banget FU nya di modif gitu di kasih air beras ga pake tajin aja sekalian


kalo pake air beras beda judul lagi gan
kebetulan ane suka gambar gan
Quote:Original Posted By .o.o
ane biasa nulis pake air brush gan
biar greget


wedew dah ahli banget nih berarti y?
Quote:Original Posted By julrinus
kebetulan ane suka gambar gan


gambar apa gan?
Kok sepi y?
oh ini sejarahnya gan
Quote:Original Posted By Qion
Kok sepi y?


Ane ramein deh
ohh gitu ya gan, nais share
Quote:Original Posted By brams.mommy


Ane ramein deh


thx sundulnya gan
Quote:Original Posted By kidutrizki
ohh gitu ya gan, nais share


sama-sama gan
up up
up dikit dah
up di pagi hari