dr.sukmanaAvatar border
TS
dr.sukmana
PT KAI: Kalau Nggak Setuju Tiket Commuter Line Naik, Jangan Naik KRL
Jakarta Direktur Pemasaran PT KAI Sulistyo Limbo menyarankan penumpang commuter line yang menolak kenaikan tarif agar tidak naik kereta. Sebab ada harga ada rupa.

"Kita akan perbaiki terus (AC dan jadwal kereta). Boleh kalau dia bayarnya lebih, ini KRL Mania-nya minta fasilitas. Nah dia bayarnya berapa, ada uang ada harga. Kalau nggak setuju jangan naik kereta. Karena kita masih butuh perbaikan," ujar Sulistyo.

Sulistyo mengatakan itu kepada wartawan di sela-sela Seminar Peningkatan Sistem Persinyalan Perkeretaapian di Jabodetabek di Gedung LIPI, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (5/7/2012).

Menurut Sulistyo, dengan kenaikan tiket Commuter Line Rp 2.000 bulan Oktober nanti, memudahkan pihaknya meningkatkan kebersihan, petugas keamanan dan petugas pendukung lainnnya. Jika tiket tidak naik, dia meminta pemerintah untuk mensubdisi tiket Commuter Line.

"Karena kita memang butuh kenaikan itu. Kalau untuk ekonomi nggak boleh naik, kan itu ditentukan oleh pemerintah. Saran saya disubsidi pemerintah agar Commuter Line bisa lebih murah," ucap dia.

Sulistyo meminta KRL Mania -- komunitas pelanggan KRL -- membandingkan jumlah kereta yang beroperasi saat ini dengan 3 tahun lalu.

"KRL itu rugi. Pokoknya kita mampunya seperti itu. Tapi kalau nggak cocok, jangan dipaksain naik KRL. Diserahkan semuanya ke penumpang. Kita tahu sendiri ada kenaikan, kalau nggak cocok jangan naik," tuturnya.

Berikut tarif KRL Commuter Line yang akan diberlakukan mulai 1 Oktober 2012:

- Rp 9.000,- untuk Relasi Bogor-Jakarta/Jatinegara
- RP 8.000,- untuk Relasi Depok-Bogor
- Rp 8.000,- untuk Relasi Depok-Jakarta/Jatinegara
- Rp 8.500,- untuk Relasi Bekasi-Jakarta/Stasiun Transit
- Rp 8.000,- untuk Relasi Parung Panjang/Serpong-Tanah

Abang/Stasiun Transit
- Rp 7.500,- untuk Relasi Tangerang-Duri/Stasiun Transit

(nik/nrl)

[URL="http://news.detik..com/read/2012/07/05/123713/1958282/10/pt-kai-kalau-nggak-setuju-tiketS E N S O Rmuter-line-naik-jangan-naik-krl?n990102mainnews"]Sumber[/URL]

--------------------------------
Mungkin sebaiknya perbaiki dulu baru naek... itu lebih bijak kayanya.. emoticon-I Love Indonesia (S)
--------------------------------

Update (berita serupa):

VIVAnews - PT Kereta Api menyatakan keputusan menaikkan tarif tiket Commuter Line sebesar Rp2.000 dilakukan untuk meningkatkan pelayanan KRL. Direktur Komersial PT Kereta Api, Sulistyo Wimbo Hardjito, meyakinkan kenaikan tiket dipilih untuk mendukung keandalan sarana dan prasarana perkeretaapian.

"Kalau harus naik itu karena biaya operasi juga naik," kata Wimbo kepada VIVAnews, Jumat 6 Juli 2012. Selain itu, Commuter Line tidak mendapat subsidi dari pemerintah.

Penumpang tidak perlu khawatir dengan kenaikan ini. Penumpang yang keberatan atau merasa kemahalan dapat memilih naik KRL kelas ekonomi yang tarifnya jauh lebih murah. "Kami menyediakan pilihan, kan ada kereta ekonomi. Silakan disesuaikan," ucapnya.

Wimbo menyarankan agar penumpang dapat memilih transportasi sesuai kondisi dan kebutuhan. Dia mencontohkan penumpang yang memilih moda pesawat karena ingin cepat, dan tentunya ada biaya lebih yang harus dikeluarkan.

Begitu juga untuk penumpang KRL. Jika kereta penuh, pilihlah kereta berikutnya. Penumpang yang ingin mendapatkan fasilitas lebih seperti pendingin maka dapat menaiki Commter Line. "Jadi jangan naik dengan terpaksa," ujarnya.

Rencananya PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) akan menaikkan tarif semua perjalanan pada Oktober mendatang.

Berikut daftar tarif baru yang akan diberlakukan itu:

- Rp9.000 untuk relasi Bogor-Jakarta/Jatinegara
- Rp8.000 untuk relasi Depok-Bogor
- Rp8.000 untuk relasi Depok-Jakarta/Jatinegara
- Rp8.500 untuk relasi Bekasi-Jakarta/Stasiun Transit
- Rp8.000 untuk relasi Parung Panjang/Serpong-Tanah Abang/Stasiun Transit
- Rp7.500 untuk relasi Tangerang-Duri/Stasiun Transit

(umi)

Sumber

Spoiler for Komen:
0
10K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan