AchbarFarizqyAvatar border
TS
AchbarFarizqy
Lama Dalam Membalas Chat Pada Bisnis Online? Ini Hal Yang Dapat Terjadi


Kamu berjualan online di marketplace? Hindari kesalahan yang bisa dilakukan oleh para pebisnis yaitu slow response dalam membalas chat. Lama membalas pesan yang ditanyakan pelanggan adalah salah satu yang paling berbahaya.

Membalas pesan dengan cepat adalah aspek yang dinilai paling penting oleh pelanggan. Para calon pelanggan kamu akan semakin menghargai respon yang cepat, oleh karena itu gunakan aplikasi marketplace omnichannel “Genie Chat” untuk kamu membalas semua pesan marketplace.

Kenapa lama membalas pesan bisa begitu berbahaya untuk kelangsungan bisnis online kamu? Hal yang akan terjadi kalau bisnismu tidak sigap dalam membalas pesan pelanggan adalah:

1. Calon Pelanggan dapat Memilih Pergi

Apa yang akan dilakukan oleh calon pelanggan kamu apabila pesan mereka tidak dibalas dengan cepat? Menunggu? Kami rasa tidak mungkin, karena mereka bisa saja mencoba mencari produk lain yang serupa di dalam marketplace. Calon pelanggan zaman sekarang tidak akan mau menunggu lama-lama.

Dan mereka akan melakukan pembelian produk di toko marketplace lain, itu kalau kebetulan mereka cepat dalam membalas chat. Kalau sudah begitu, solusinya adalah Genie Chat, aplikasi marketplace omnichannel yang bisa terintegrasi dengan toko marketplace kamu ke dalam satu aplikasi saja.

2. Reputasi Toko Menjadi Jelek

Mungkin kamu pernah mendapatkan pelanggan yang puas berbelanja di toko kamu tapi mereka tidak memberikan rating, tetapi pelanggan yang tidak puas akan memberikan rating yang buruk.

Bayangkan efek yang dapat dihasilkan oleh seorang pelanggan yang memiliki banyak followers. Apabila dia marah dan menyebut nama brand kamu, yang mendengar bukan hanya 1 atau 2 orang, tapi banyak! Memperbaiki nama baik toko itu akan menghabiskan waktu dan tenaga yang luar biasa banyak lho.

3. Pesanan Menurun

Mendapatkan proses pesanan adalah kunci perkembangan bisnis. Pesanan yang meningkat dengan stabil adalah pertanda sebuah bisnis sedang berada di jalan yang benar.

Manajemen pesanan yang meningkat akan membuat profit kamu juga bertambah, dan itu sangat penting untuk perkembangan bisnis kamu. Tapi, itu akan terkikis apabila kamu slow response. Bagaimana tidak? Slow response membuat toko kamu sulit mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Tanpa pelanggan, baik yang baru maupun yang lama, tidak akan ada bisnis yang bisa bertahan lama.

4. Tidak Mendapatkan Pelanggan yang Loyal

Calon pelanggan akan menjadi pelanggan yang setia kalau dia merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh sebuah bisnis. Tapi bagaimana mungkin pelanggan merasa puas kalau pesannya saja tidak terbalas?

Pelanggan yang loyal sangat berharga untuk bisnis. Mereka yang akan melakukan pembelian ulang secara terus menerus. Pelanggan yang loyal bisa lebih berharga dari 10 pelanggan baru, karena mereka bisa saja membantu memasarkan bisnis kamu atau mengajak kerabat mereka untuk membeli di toko kamu. Dan intinya, tidak akan ada pelanggan yang loyal, pelanggan yang puas, tanpa balasan yang cepat.

Solusinya dari semua hal yang akan terjadi di atas adalah dengan menggunakan aplikasi marketplace omnichannel. Menggunakan aplikasi “Genie Chat” bisa menyatukan semua pesan yang masuk ke dalam marketplace. Ini akan mempercepat proses kamu membalas chat.

Selain itu, aplikasi marketplace omnichannel juga bisa membantumu dalam manajemen pesanan dan proses pesanan dari marketplace ke dalam satu tempat. Serta, kamu juga bisa melihat secara real time perubahan stok setiap kali ada penjualan.


Diubah oleh echoutt 17-11-2020 08:39
0
3.1K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan