CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9bca8068cc95621d7506c0/ri-kecam-pernyataan-presiden-prancis-hina-islam-lukai-2-miliar-muslim-dunia

RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia

Jakarta -

Pemerintah RI mengecam pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang menghina Islam. Pernyataan Macron itu dianggap melukai perasaan 2 miliar muslim di seluruh dunia.

"Indonesia mengecam pernyataan Presiden Perancis yang menghina agama Islam. Pernyataan tersebut telah melukai perasaan lebih dari 2 Milyar orang muslim di seluruh dunia dan telah memecah persatuan antar umat beragama di dunia," demikian pernyataan RI, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI, Jumat (30/10/2020).
Baca juga:
Soal Kebebasan Berekspresi, HNW Minta Macron Ikuti Pengadilan HAM Eropa

Dipaparkan, hak kebebasan berekspresi seharusnya tidak mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama. Pemerintah RI mengajak seluruh negara untuk menomorsatukan persatuan dan toleransi antarumat beragama.

"Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar dan berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mengajak seluruh negara untuk mendorong persatuan dan toleransi antar umat beragama, terutama di tengah situasi pandemi saat ini," sambung pernyataan pemerintah RI.

Kemlu telah memanggil Dubes Prancis. Pemanggilan terhadap Dubes Prancis untuk RI Olivier Chambard dilakukan pada Selasa (27/10) sore. Namun, Olivier belum memberikan respons terhadap kecaman Indonesia.

"Pertama, Kemlu telah memanggil Duta Besar Prancis pada hari ini. Kedua, dalam pertemuan tersebut Kemlu menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam," kata Juru Bicar (Jubir) Kemlu Teuku Faizasyah kepada wartawan, Selasa (27/10).
Baca juga:
MUI Sulsel Kecam Pernyataan Presiden Macron tapi Minta Umat Tahan Diri

Menag RI juga mengecam Presiden Perancis yang melukai umat Islam. Simak pernyataan Menag Fachrul di halaman berikutnya.

Meteri Agama Fachrul Razi mendukung sikap Kemlu yang memanggil Duta Besar Perancis. Fachrul menekankan setiap umat beragama harus menghormati simbol-simbol agama yang dianggap suci oleh pemeluk agama lain.

"Pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron melukai perasaan umat muslim karena mengaitkan agama Islam dengan tindakan terorisme," ujar Fachrul dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10).

"Kebebasan berpendapat atau berekspresi tidak boleh dilakukan melampaui batas atau kebablasan sehingga mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama apa pun," tuturnya.
Baca juga:
Menag: Penyataan Presiden Macron Lukai Perasaan Umat Islam

Fachrul mengimbau agar umat Islam di Indonesia tidak terpancing melakukan tindakan anarkis. Dia menuturkan Islam tidak membenarkan tindakan main hakim sendiri.

Untuk diketahui, sejumlah negara Islam mengecam Prancis dan Presiden Emmanuel Macron setelah otoritas Prancis menegaskan hak mereka untuk mempublikasikan karikatur Nabi Muhammad. Sikap tersebut tetap disampaikan meskipun mereka mengetahui akan menyinggung umat Muslim.

Persoalan itu kembali muncul setelah seorang guru di Prancis tewas dipenggal karena menunjukkan karikatur Nabi Muhammad di kelasnya saat membahas soal kebebasan berbicara dan berekspresi.
Baca juga:
Ayatollah Khamenei soal Pernyataan Presiden Prancis Macron: Tindakan Bodoh

Komentar kontroversial Macron saat memimpin penghormatan untuk guru Prancis tersebut, menuai kecaman dan seruan boikot produk Prancis. Dalam pidatonya, Macron bersumpah bahwa Prancis 'tidak akan menghentikan kartun (karikatur, red)' dan menyebut sang guru dibunuh 'karena Islamis menginginkan masa depan kita'. Macron juga menyatakan perang terhadap 'separatisme Islam', yang diyakininya telah mengambil alih sejumlah komunitas muslim di Prancis.

 RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia


https://news.detik.com/berita/d-5234...588.1602477371

Perancis memang harus belajar soal sikap terhadap penghinaan agama dari RI.

Klo nggak percaya, tanya sama Abdul Somad, Yahya Waloni dkk.

Juga jangan lupa tanya AHOK.

Bravo RI!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh silents.
Halaman 1 dari 6
@jaguarxj220

kepites

emoticon-Ngakak
kafir gak bisa terima kenyataan kalo penuh kitabnya penuh revisi


katanya berasal dari Tuhan kok direvisi sama makhluk? lancang banget makhluk berani beraninya nge revisi


emoticon-Ngakak
Mas Joko mendadak KadRun emoticon-Wkwkwk
tidak ada yang peduli terhadap yang dipancung di gereja kemarin emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
indradika dan aloha.duarr memberi reputasi
wwuwss
Diubah oleh IkanTenggiri05
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Untuk menjadi "Musuh Universal" itu butuh proses!

Seperti china sudah
Usa sudah juga ikutan
Rusia sudah mendukung "Armenia" saat ini
Perancis dengan uni eropa sudah mulai juga, lucu nya berantem dengan Perancis, yang jadi sasaran bunuh dan penggal melebar ke umat katolik (vatikan) yang sedang beribadah di Gereja Notredam di Nice perancis!

Tinggal UK saja belum

Kalau kelima negara pemilik veto di dewan keamanan PBB, sudah mencapai kesamaan sudut pandang!

Belum negara lain lain, seperti Ribut di India, Ribut di Philipina, Ribut di Thailand Selatan, dst

Jadi tenang saja ada yang Maha Kuasa diatas!
profile-picture
diovresz memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Buat apa ikutan2 kecam gak ada faedahnya buat nih negara emoticon-Ngacir2
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
RI jangan ikut ikutan lah. Aku takut di Rudal belom nikah belum punya anak.
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan buncitbubar memberi reputasi
 RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia
Baru kek gitu aja dah baperan merasa dihina

Bijimane lg semisal pandangan ngumat Kristen masa kini nyang tadinya KW 12 entuh di-upgrade balik ke ORI ato minimal KW 1?emoticon-Matabelo

Dari zaman jebod, pandangan sejati Kekristenan adalah '"TIDAK ADA keselamatan di luar Kekristenan". emoticon-Cool

Bhs saklaknya yalah umat agama selain Kristen adalah sesat kerna mengikut nabi palsu dan menyembah setan. Kalo org Kristen zaman jebod ditanya fasti jawabnya Mungamad entuh charlatan (nabi falsu) dan Owloh itu setan.emoticon-Takut

Sejak zaman Renaissance hingga zaman now fengaruh faham Ngaknostik wa Ngatheis ferlahan2 namun konstan terus meresap ke dlm Kekristenan. emoticon-Ultah

Walhasil jadilah ngumat Kristen KW 12 nyang kyk skrng enih. Boleh dites tanyaken lah siapa Mungamad wa Owloh entuh kpd ngumat Kristen zaman now. emoticon-Om Telolet Om!

profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan snoopze memberi reputasi
Dan gw liat di fb mulai banyak seruan buat boikot produk prancis. kyk sanggup beli aja. produk prancis itu mahal2 tong. jauh lebih mahal dari produk yahudi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan Madthink memberi reputasi
Omwi mana nehemoticon-Traveller
Cuma di kaskus doank yg rakyat minoritasnya selaluuuu merasa didiskriminasiii, dasar buzzerp kang adu dombaa
Please jangan cuman klaim sepihak. Ga mikir perasaan umat agama lain apa?

Entar kalo dibalik bagaimana?
 RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Madthink dan 2 lainnya memberi reputasi
Lah lah lah TS masih baper ama somad ternyata..

emoticon-Wakaka

Emang somad bakar n robek kitab elu kaya di perancis atau bagian eropa lain nya yg bakar n robek AlQuran??

Hah?

TS Diem diem memendam dendam ama somad..

Ternyata user user pendiem LEBIH PENDENDAM...

emoticon-Wakaka

MIRISSSS GUA
Diubah oleh ...noisszcat...
Ada job demo gak nih
"Prancis tidak akan menghentikan kartun"
menghinanya di mana sih?
2 milyar sama kutu jembut

emoticon-Wakaka
Bener sih, harusnya jangan nyenggol dulu kalo gak mau disenggol
emoticon-Bingung
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di