CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
CODE ATMA: Game Idle RPG Khas Nusantara Persembahan Agate
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef54a108d9b17490846b50f/code-atma-game-idle-rpg-khas-nusantara-persembahan-agate

CODE ATMA: Game Idle RPG Khas Nusantara Persembahan Agate

CODE ATMA: Game Idle RPG Khas Nusantara Persembahan Agate

Hari ini Agate resmi meluncurkan salah satu gamemereka yang telah dikembangkan selama hampir 2 tahun dan telah melewati masa beta testing-nya. Mari kita perkenalkan, CODE ATMA, an idle-RPG horror visual novel mobile game.


CODE ATMA sendiri merupakan game idle-RPG hero collector (atau dalam hal ini disebut dengan ghost collector) yang memusatkan gameplay-nya pada para ATMA yang bisa dikumpulkan oleh para seeker (sebutan untuk player).

Dengan ini, kamu sudah bisa merasakan tema horor khas Nusantara yang melekat di game idle RPG ini.

CODE ATMA berlatarkan sebuah universe dimana setiap orang memiliki guardian angel yang tak kasat mata. Namun, seiring berkembangnya zaman, sebuah aplikasi berhasil dikembangkan sehingga setiap penggunanya dapat melihat para ATMA yang mengikuti mereka.

Menurut Agate selaku pengembang, para ATMA itu memilih orang yang memiliki kisah hidup/takdir yang mirip dengan mereka.

Nah, setelah mengetahui fakta banyaknya orang yang memiliki ATMA ini, tentu akan ada sekelompok manusia yang menggunakan ATMA untuk memenuhi keinginan mereka yang rakus dan berpotensi untuk menghancurkan dunia.

Bagaimanakah nasib dunia ini nantinya? Tentu saja jawaban tersebut hanya bisa didapat dengan memainkan game ini!

Kisah di balik pengembangan gim CODE ATMA

Menurut penuturan para developersaat livestream soft-launching game ini, CODE ATMA didesain untuk para pemain yang memiliki kesibukan di kegiatan sehari-harinya, namun membutuhkan mini game  sebagai selingan yang hanya dimainkan sesekali untuk mengecek progres dari gim.

Kalimat tersebut tentu ditujukan untuk para pemain yang berumur 25-35 tahun (usia produktif), mengingat konten dari gim ini sendiri mengandung unsur-unsur mistis dan klenik yang kurang baik jika dikonsumsi pemain di bawah umur.

Mengusung tema horor bersupernatural di era modern, Agate turut berpesan kepada para pemain untuk “bermain dengan tanggung jawab” agar para seeker(para pemain) tidak membuat kejadian dalam game ini sebagai cerminan dunia nyata apalagi sampai mencobanya.


CODE ATMA: Game Idle RPG Khas Nusantara Persembahan Agate

Berbicara soal gameplay, CODE ATMA mengusung konsep gacha dalam perjalanan kamu mengumpulkan karakter-karakter folklore atau urban legend sebagai unit yang akan bertempur di garis depan.

Unit tersebut juga akan memiliki wujud evolusi yang bisa kamu temukan setelah kamu berhasil mengembangkan para ATMA tersebut. Sambil mengumpulkan dan mengembangkan unit tersebut, kamu juga bisa turut menikmati sajian cerita ala visual novel.

Sebagai trivia, pada Chapter 0 (Prologue), ada scene meja pecah dimana kejadian meja pecah tersebut benaran terjadi di kantor Agate loh!

Sepatah dua kata dari penulis

Umumnya, ketika mendengar genre gacha, akan ada sebuah persepsi yang langsung terbentuk dengan sendirinya, yaitu P2W atau pay to win. Hal ini tentunya cukup untuk membuat turn off para pemain gratisan untuk menginvestasikan dirinya lebih lanjut dalam gim.

Akan tetapi, di sini Agate akan mematahkan pandangan tersebut. Saat soft launching tadi (25 Juni 2020), Agate mengungkapkan bahwa saat ini salah satu top player mereka justru merupakan seorang pemain free to play!

Spesifikasi minimum CODE ATMA

Menyontek dari Google Play, berikut adalah spesifikasi minimum untuk bermain.
- Minimum RAM: 2.5 GB
- OS Android: 5.0
- Minimum Space: 500 MB

Penutup

Tujuan dari Agate untuk mengangkat folklore dan urban legend di Indonesia tidak lain adalah agar para pemain di luar masyarakat Indonesia bisa tertarik dengan tema ini dan terjadi “Click” sehingga mereka ke depannya bisa mengembangkan budaya ini dan menyebarluaskannya!

Bagaimana bisa? Ada penjelasan tersendiri dari sang CEO Agate. Beliau pernah bermain gasing tradisional sewaktu kecil, namun setelah mengenal gasing Jepang, beliau menjadi lebih suka terhadap gasing Jepang.

Kenapa? Karena gasing Jepang bisa keluar naga saat dimainkan. Nah, proses penerimaan budaya tersebut yang ingin ia hadirkan dalam memberikan pengalaman yang serupa dengan masa kecilnya.

Nah itu saja mengenai perkenalan CODE ATMA. Ayo segera instal, mainkan, dan dukung CODE ATMA! gxg signing out!



Sumber : Esportsnesia
profile-picture
jokoariyanto memberi reputasi
Semoga dapat bersaing dengan Mobile Legends dan Free Fire
Lihat 3 balasan
Oh agate.....yg suka...... emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Keren nih, semoga bisa dapat investor besar dan dikembangkan setara Mobile Legends
Lihat 1 balasan
wahhh perlu di dukung ni game game gini... ane otw download ahhh wkwke
Lihat 1 balasan
udah mainain
kesan pertama ya biasa aja sama kaya game gacha yang udah ada dari dulu
pas adegan tarung cuma nonton aja
yang main cuma ngeliatin gambar maju mundur

karakter sama monster jiplak Persona 4
ini bisa dibilang game RIP OFF dari Persona buat dimainin di HP Andorid

segede Agate bikinnya cuma mampu segini
isi gamenya juga banyak yang salah kaprah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di