tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Aqua Splash of Fruit, Kegagalan Produk Aqua Di Pasaran
Kita tentunya sudah tak asing lagi dengan brand aqua, brand yang satu ini terkenal dengan produk air mineralnya. Sepak terjang aqua untuk bisa terkenal memang tak mudah, namun berkat perjuangan kerasnya aqua bisa besar seperti sekarang ini dengan produk air mineralnya hingga merek kompetitor pun disebut sebagai merek aqua. Berkat kesuksesannya di dunia produk air mineral aqua melebarkan sayapnya membuat produk minuman berperisa untuk menambah pengaruhnya dan berinovasi dengan produk baru.

Credit : aswinmaschool.files.wordpress.com

Nama besar bukanlah sebuah jaminan, Aqua sendiri sebagai brand yang terkenal pernah gagal dalam memasarkan produknya. Aqua Splash of Fruit adalah produk yang dibuat aqua yang gagal di pasaran. Padahal produk tersebut merupakan sebuah inovasi produk minuman dimana minuman itu memiliki rasa buah yang berbeda dengan air mineral biasa. Selain itu produk minuman ini tak bisa sembarang disimpan dan bagusnya disimpan di lemari pendingin atau kulkas.

Tahun 2004, Aqua merilis Aqua Splash of Fruit yang merupakan minuman berperisa buah ke pasaran dengan dua rasa yang ditawarkan yaitu Strawberry dan Orange Manggo dalam kemasan 330ml. Produk ini sendiri mengambil intisari dari buah dan hasil dari intisari buah tersebut produk minuman menjadi memiliki rasa namun tidak memiliki warna. Awal kemunculannya iklannya muncul di layar kaca televisi dan membuat sebagian orang penasaran dengan produknya, namun setelah sekian lama produk ini perlahan hilang di pasaran.

Banyak faktor membuat produk ini hilang dari pasaran, mulai dari produknya itu sendiri yang rasanya dianggap biasa-biasa saja dan kurang disukai oleh masyarakat. Saat produk ini dipasaran, warna air yang terlihat bening ini dianggap tak ada bedanya dengan air mineral aqua yang bedanya cuma ditambahkan perisa buah saja. Belum lagi dari segi kemasannya tak jauh berbeda dengan produk air mineral Aqua membuat minat masyarakat kurang pada produk tersebut dan merasa tidak ada manfaat lain selain air mineral yang ditambahkan perisa buah saja. Belum lagi dari faktor strategi marketingnya membuat produk ini gagal bertahan di pasaran.

Kegagalan Aqua Splash of Fruit ini direspon oleh pihak Aqua dengan membuat produk baru yaitu Aqua Mizone. Dengan rasa yang berbeda dan kemasan yang berbeda Aqua Mizone dipasarkan sejak tahun 2005 dengan rasa orange lime yang kemudian disusul varian rasa lain yang dirilis setelahnya seperti lychee lemon dan apple guava. Bisa dibilang produk Aqua Mizone ini laris di pasaran dan mampu bertahan hingga kini. Produk Aqua mizone sendiri sempat merilis mizone fresh in yang mirip dengan aqua splash of fruit, namun sayangnya kini produknya tidak terlihat lagi di pasaran.

Credit : madpio.id

Dari kegagalan Aqua Splash of fruit kita bisa belajar bahwa brand besar bukan selalu jaminan bisa sukses. Banyak faktor suatu produk bisa sukses mulai dari produknya yang inovatif dan jelas manfaatnya hingga teknik strategi marketing guna meraih hati para konsumen untuk membeli produknya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin


Sumber :
Opini Pribadi dan diolah dari berbagai sumber (via internet)
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber gambar via google images
bejosegerwarasAvatar border
BlueGuy.BanciAvatar border
blueguy.co.idAvatar border
blueguy.co.id dan 46 lainnya memberi reputasi
43
29.3K
229
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan