CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Batam /
[COC.Regional.Batam] Plus Minus Batam dengan Keistimewaanya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeeab459a972e1e9e540223/cocregionalbatam-plus-minus-batam-dengan-keistimewaanya

[COC.Regional.Batam] Plus Minus Batam dengan Keistimewaanya

[COC.Regional.Batam] Plus Minus Batam dengan Keistimewaanya

Batam mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia. Hal ini membuat Batam menjadi kota terkenal dan populer. Keistimewaan itu meliputi hal sebagai berikut:

1. Free Trade Zone

[COC.Regional.Batam] Plus Minus Batam dengan Keistimewaanya


Sebagai wilayah bebas pajak membuat Batam menjadi surgaanya para pecinta belanja. Sebab hanya di sini gan, kita bisa mendapatkan barang-barang beremerek dengan harga miring.

Namun meskipun demikian, tetap harus hati-hati ya gansis, sebab barang-barang di sini juga tidak lepas dari produk cina. Biasakan untuk meneliti terlebih dahulu saat membeli sesuatu agar tidak tertipu barang palsu.

2. Dualisme Pemerintahan

Berbeda dengan daerah lain di Indonesia, Batam memiliki dua lembaga pemerintahan. Yaitu pemerintahan kota yang mengatur dan mengurus soal administrasi kependudukan. Sementara Dewan Kawasan Pengusahaan Batam yang mengatur tentang kebijakan lahan.

Dengan adanya tugas spesifik masing-masing seharusnya semuanya bisa berjalan maksimal ya gansis. Namun pada praktenya hal ini justru membuat kebijakan tumpang tindih. Seperti halnya memiliki dua kepala, terbayang bukan?

3. Status Hak Tanah dan Hak Guna

Jadi kebanyakan tanah di Batam itu tidak mempunya hak milik tetapi hanya mempunyai hak guna saja.

Namun untuk saat ini sepertinya peraturan ini mulai berubah, jadi sudah banyak tanah di Batam yang menjadi hak milik juga.

Nah itu tadi beberapa keistimewaan Batam yang tidak ditemukan di daerah lain.

Bagaimana menurut gansis? Seperti apa Batam di mata agan, sista?

Dulu saya pikir Batam adalah bagian dari Singapura, di saat banyak warga negara Indonesia menjadi TKI, justru tetangga saya memilih merantau di Batam. Ternyata Batam mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja untuk mencari peruntungan. Karena hal ini nih yang kemudian muncul istilah plesetan dari Batam 'Bila Anda Tiba Anda Menyesal' atau 'Bila Anda Tabah Anda Menang.'

Namun sayang dirancang sebagai wilayah khusus ekonomi, Batam kalah kompetitif dengan Singapura.

Awal pembangunannya Batam direncanakan sebagai wilayah khusus ekonomi untuk menyaingi negara tetangga. Namun hal ini tidak berkembang dengan baik. Pengelolaan kawasan tumpang tindih menjadi salah satu alasan, karena adanya dualisme pemerintahan.

Kegagalan sebagai kota bisnis menjadikan pembangunan tak terkendali dan arsitektur berantakan.

[COC.Regional.Batam] Plus Minus Batam dengan Keistimewaanya


Di langsir dari batam pos.co.id_Pada tahun 2017 tercatat ada sekitar 217 Hektar pemukiman kumuh tersebar di kota batam.

Hal ini masuk akal ya gansis?

Tidak semua orang mampu untuk membeli tempat tinggal yang mewah dan elit. Karena ketidakmampuan ini kemudian lahir pengusaha-pengusaha membangun pemukiman terjangkau akibatnya pemukiman kumuh pun tersebar.

Seiring berkembangnya Batam sebagai kota Metropolitan, Berkembang pula berbagai masalah sosial seperti kriminal dan prostitusi. Jika ingin melihat fenomena ini, cobalah jalan-jalan saat malam hari. Demi keamanan jangan coba-coba sendirian menelusuri suasana malam ya gansis. Gamabaran ini akan terlihat jelas.

Batam tidak hanya menarik bagi para pencari kerja, tetapi juga menarik para mantan pekerja seks untuk merubah nasib, hingga kemudian lahirlah istilah Istri Akhir Pekan Pria Singapura. Di mana warga Singapura sebagai wisatawan tertinggi di setiap akhir pekan, ternyata mereka memiliki tujuan lain yaitu mengunjungi istri-istri simpanan di Batam.

[COC.Regional.Batam] Plus Minus Batam dengan Keistimewaanya


Namun Batam dengan segala serba serbi plus minusnya, tetap saja Batam memiliki destinasi wisata yang luar biasa. Baik wisata alam, kuliner, terlebih lagi wisata belanjanya.

Ada satu hal lagi yang menarik ada di Batam, tetapi tidak banyak yang tahu soal ini. Yaitu adanya Studio animasi kelas internasional berada di Batam.

[COC.Regional.Batam] Plus Minus Batam dengan Keistimewaanya


Tepatnya di JL. Hang Lekiu 02 berdiri sebuah bangunan bertuliskan Infinite Studios. Yup gedung ini adalah tempat pembuatan film animasi. Penggemar animasi pasti tahu donk film 'Joker Game (2015) Dead Mine, Journy dll, di sinilah tempat pembuatannya.

Untuk agan sista yang ingin belajar atau sekedar melihat-lihat boleh berkunjung ke sini. Sebab Infinite Studios ini dibuka juga untuk umum, tentu ada S dan K yang berlaku.

Nah, gimana gan, sis sudah ada gambaran tentang Batam? Semoga cukup memberi bayangan ya gan sis.

Sampai jumpa di thread yang lain.

Opri
Sumber
gambar sampul 1, 2, 3

[COC.Regional.Batam] Plus Minus Batam dengan Keistimewaanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syafira87 dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh husnamutia
Halaman 1 dari 3
page one
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerita33 dan 9 lainnya memberi reputasi
ngobrol santai yuu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerita33 dan 9 lainnya memberi reputasi
Waah udah buat ajah nih, keren Sis, udah pernah ke Batam belum?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerita33 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
batam hadir bos ku emoticon-Toast emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerita33 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Bila Anda Terlena Anda Menyesal (karena memang tempat hiburan di Batam tidak tanggung, dan jika perantau terlena dengan hal itu, ya siap2 aja uang yg dicari bakal habis sia2)
Bila Anda Tabah Anda Menang (jika perantau bisa menghadapi godaan dari tempat hiburan di Batam, maka perantau bisa menabung dengan cepat)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
apa bedanya ama DIY & Aceh min emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
pingin ke Sanah ngunjungi teman, tapi entah kapan terlaksana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Batam memang keren dari segi infrastruktur. Banyak godaan juga terutama sama produk2 elektroniknya yg katanya murah-murah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah informatif banget gan, ane aja baru tau. kirain batam tempat belanja barang branded tapi murah aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
baru tau kalau di batam ada pemukiman kumuhnya kak wehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mantab di sana ya, tapi kudu hati-hati juga belanja produknya. Salah-salah malah kebeli produk China.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pengen tau asli di sana gimana ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dari yang pernah didengar sih, batam itu emang unik, dunia malam dan hiburan banyak betaburan, juga barang-barang elektronik dengan harga murah serta pariwisata yang mengundang decak kagum.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
baru tahu kalau Batam bebas pajak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerita33 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Good gambarannya lengkap, realitis. Pemukiman kumuhnya mirip Jakarta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerita33 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
udah semacam miniaturnya singapur keknya, ya. wah seru tuh tinggal di sana.😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerita33 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
menarik juga ni sist. palagi soal produk2 yg dari batam, katanya murah2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerita33 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gambaran Batam begini rupanya, bisa ini panduannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerita33 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waah banyak sekali pengalaman baru tentang batam. Baru tahu juga tentang istri simpanan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Percaya sih, Batam emang udah mirip negara dalam negara. Dia jadi destinasi banyak orang yang mencari gadget murah. Di sana juga udah terkenal dengan black market product nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cerita33 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di